Hal-hal yang Sebaiknya Dilakukan Saat LDR

Hubungan jarak jauh memang menyebalkan. Karena gak bisa kontak fisik. Sebenarnya kita gak terlalu menganjurkan sih untuk terlibat dalam hubungan jarak jauh kayak gini, karena potensi dramanya lebih besar dibandingkan kalau tinggal dalam satu kota yang sama. Nah, kalo kemarennya MBDC udah ngomongin soal Hal-hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat LDR, nah sekarang MBDC mau ngomongin hal-hal yang sebaiknya dilakukan!

Komunikasi

AH KLISE! Lah emang iya. Jangankan jarak jauh, jarak deket aja kalau gak ngobrol juga buat apa? Eh kecuali kamu ama dia emang berada dalam hubungan yang masih mengeksplor fisik masing-masing sih. Tapi yah penting banget nih. Sering-sering ngobrol lah tentang kegiatan sehari-hari, yang enteng-enteng aja. Gak usah yang berat-berat penuh argumen, ntar malah berantem. Kalo deket sih berantem bisa diselesaikan dengan ciuman dan pelukan, nah kalo jauh kan agak susah.

Melek Teknologi

Harusnya sih masalah komunikasi udah gak perlu ada ya, karena teknologi yang ada sekarang mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Lebih gampang sih kalau kamu sama si doi pake provider telpon yang sama jadi lebih banyak paket murah buat telponan. Tapi gimana dong kalo kalian terpisah benua? Aduh hari gini, internet tuh udah bikin dunia jadi datar sih. Jadi jangan kayak orang susah, kenalan sama yang namanya video call dan kawan-kawannya.

Ketemuan

Yaa usahain laah. Kalau cuma beda kota, beda pulau, tapi masih dalam negara kesatuan yang sama, paling gak 2-3 bulan sekali saling mengunjungi. Gak punya duit? Nabung.

Flirting

Ok ini mungkin bakalan dihajar sama para pasangan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesetiaan. Tapi, come on, lirik-lirikan yang tidak berbahaya itu sehat sih buat jiwa. Buat geli-geli diperut aja, supaya kamu bisa lebih santai menjalani hubungan jarak jauh kamu. Tapi kamu harus tau batas kamu ya, jangan selingkuh beneran. Gak asik itu namanya. Kalau emang udah gak kuat LDR ya cabut aja.

Percaya

Ini akar dari segala macam pertengkaran dan penghancur hubungan jarak jauh. Tapi sebenernya gak usah terpisah jarak juga kalau kamu anaknya gak percayaan sama pacar kamu, bakalan susah sih. Kalau dia bilang, dia lagi sibuk kerja/kuliah/ngerjain tugas, ya udah percaya aja. Gak usah sampe stalking nanya ke temen-temennya, buka-bukain sosial media dia dan sebagainya. Ribet dan buang-buang waktu serta energi.

Get a LIFE!

Jangan mantengin last seen on whatsapp terus laah, nelpon dia tiap 15 menit untuk tau pergerakan dia. Santai aja. Keluar main sama teman-teman kamu, melakukan hal-hal yang mungkin belum pernah kamu lakukan sendirian atau harus kamu kompromikan ketika ada dia di sebelah kamu. Gitu.

Gimana? Pada setuju gak? Atau ada ide lain?