Hal-Hal Yang Akan Terjadi Kalau Ada Meteor Jatuh di Jakarta

Udah pada denger dong kalo beberapa hari yang lalu ada meteor yang jatoh di Rusia? Lumayan heboh tuh kemarennya. Nah, hari ini kita berandai-andai aja, seandainya meteor yang kemarin itu jatuhnya di Jakarta dan bukannya di Ural, kira-kira apa yang akan terjadi ya? Menurut MBDC sih ini dia hal-hal yang akan terjadi kalo ada meteor jatuh di Jakarta.

Heboh

Yaeyalah meteor gitu yang jatoh. Meteor Garden aja sempet bikin heboh apalagi meteor beneran (iya tau garing, bodo amat). Mengingat kita jarang jadi sorotan dunia, dengan kehadiran meteor di ibukota bisa dipastikan Indonesia akan go international dalam hitungan menit, dan akun twitter @GNFI akan memberitakan kejadian ini sebagai berita baik karena, meteor telah memilih Indonesia sebagai tempat pelandasan. Meh.

Rebutan

Siapa yang kira-kira bakalan punya hak untuk mengeksplor dan meneliti meteorit tersebut? BATAN? LAPAN? BMKG? LIPI? Belum lagi lembaga-lembaga non pemerintah, universitas dan lain-lain. Tapi yang pasti sih, kalau jatohnya di sini, kemungkinan para lembaga pemerintah gak akan punya sarana dan prasarana yang memadai untuk meneliti. Kemungkinan loh ya. Palingan diserahkan ke negara lain, soalnya kayaknya kita juga belum hukum maupun punya undang undang antariksa yang membahas mengenai siapa yang berhak meneliti kalau ada benda luar angkasa jatuh di wilayah kita.  Kayaknya sih gitu. Tapi kita bisa aja salah, namanya juga manusia.   

SBY Prihatin

Iyalah! Apalagi yang bisa dilakukan beliau selain prihatin? Oh mungkin dia bakalan membentuk komisi khusus untuk meneliti meteorit tersebut sih, yang mana akan overlapping kerjaannya sama para lembaga dan badan yang udah kita sebutin duluan diatas.

Jokowi Sibuk

Nah mungkin doi nih yang bakalan jadi yang paling sibuk ngurusin hal ini. Mulai dari evakuasi korban, pemulihan infrastruktur, sampe mungkin mencari alternatif teknologi untuk menanggulangi hal ini dengan cepat.

Lagu Ebiet G Ade Di Tipi

Namanya juga meteor jatoh ditengah kota, pasti akan ada korban jiwa yang lumayan banyak. Dan kalau ada korban jiwa yang banyak karena peristiwa alam, bencana alam dong ya namanya, dan kalau bencana alam berarti saatnya lagu Berita Kepada Kawan diputar di tipi-tipi swasta plus adegan-adegan evakuasi korban yang dibikin slow motion biar makin pilu. Oh dan jangan lupakan pertanyaan-pertanyaan tolol dari wartawan lokal yang live report dari tempat kejadian ‘bagaimana perasaan ibu, setelah tertimpa meteor?’.

Sumbangan di lampu merah

Bahwa sesungguhnya kita adalah warga yang sangat tanggap bencana. Salah satunya adalah dengan sigap sedia kerdus (yang ditempelin foto korban bencana) dan jaket almamater (yang kadang gak jelas dari kampus mana, kayaknya sih bahkan bukan dari kampus), kemudian mondar mandir di lampu merah minta sumbangan untuk bencana alam kejatohan meteor. Entah iya entah gak duit itu akan sampai beneran ke para korban hanya Tuhan yang tahu.

Yaaa namanya juga berandai-andai kan. Nah, kalo menurut kamu, apa yang bakal terjadi kalo ada meteor jatuh di Jakarta? Silakan share pendapat kamu di comments!