Berapa yang Harus Kamu Kasih Buat Angpau?

Wah, tau-tau udah tahun baru imlek aja nih. Tahun baru yang satu ini sangat identik dengan yang namanya berbagi angpau, yaitu tradisi ngasih amplop merah yang isinya duit. Nah, tahun lalu MBDC udah pernah ngasih tau kamu caranya minta angpau. Nah, tahun ini MBDC mau ngasih tau kamu caranya ngasih angpau. Eh tapi kalo ngasih mah tinggal kasih aja. Lebih tepatnya: berapa sih yang harus kamu kasih buat angpau? Ini guide dari MBDC.

Oh iya, menurut tradisi, yang biasanya ngasih angpau itu sebenernya adalah yang sudah berkeluarga. Nah, ngasihnya ke yang belum berkeluarga gitu. Jadi kalo kamu belum berkeluarga, mungkin kamu gak usah repot-repot mikirin harus ngasih berapa. Mendingan minta angpau aja.

OK, mari kita mulai. Jadi kamu harus ngasih berapa buat angpau?

Anak Kecil (Umur 1 - 10 Tahun)

Ah belum ngerti duit. Paling duitnya dipake buat apa sih? Beli permen gitu kan paling? Koleksi gambar Yosan? Sayang kalo dikasih duit banyak-banyak. Anak-anak di bawah umur 10 tahun itu rata-rata belum bisa memanfaatkan uang cash dengan baik. Jadi sebenernya ngasih angpau ke anak di bawah umur 10 tahun itu cuma buat formalitas aja. Biar mereka kayaknya agak seneng gitu.

Jadi harus ngasih berapa nih? Rp. 10.000 - Rp. 50.000 (max)

Remaja / ABG

Nah, ini dah mulai ngerti duit. Kalo kamu kasih cuma dikit, ntar pada ngomel. Trus kamu dibilang pelit. Padahal sih emang kamu kere. Tapi kan gak enak aja gitu dikatain pelit. Masa remaja/ABG ini adalah masa dimana anak-anak itu mulai suka pergi jalan-jalan sama temen-temennya. Jadi mereka mulai butuh duit gitu deh buat foya-foya dikit. Sok ngopi-ngopi gitu deh.

Jadi harus ngasih berapa nih? Antara 100 - 150 ribu lah.

Anak Kuliahan

Anak kuliahan sebenernya udah bisa dikategorikan dewasa lah ya. Secara usia udah legal dan pastinya juga udah ngerti fungsi duit. Cuma ya biasanya anak kuliahan ini butuh duit bukan buat hal-hal yang terlalu krusial lah. Masih buat main-main juga. Jadi biasanya kan paling mereka dapet duit bulanan, trus duitnya ya pas-pasan aja kan. Nah, boleh lah punya duit lebih dikit buat foya-foya.

Jadi harus ngasih berapa nih? 200 - 500ribu ok lah.

Yang Udah Kerja

Wah ini! Orang yang udah kerja itu kan biasanya udah gak dapet subsidi lagi dong dari orang tua. Sementara kebutuhannya semakin banyak. Iya dong. Kalo udah kerja kan berarti udah harus mikirin buat beli rumah, mobil, motor, iPhone 5, iPad, komputer, laptop, game console, TV LED minimal 32"...Wih banyak banget keperluannya.

Jadi harus ngasih berapa nih? Setidaknya 1 juta lah. Mayan buat DP motor.

Yang Belum Nikah (Tapi Lebih Tajir dari Kamu)

Kayak, tajir banget gitu. Punya perusahaan banyak. Rumah dimana-mana. Mobil mewah. Pokoknya lebih tajir banget dibanding kamu deh. Kalo kayak gini sih mending kamu yang minta angpau sama dia.

Jadi berapa yang harus kamu minta? Setidaknya 2 juta lah. Lumayan buat DP iPhone.

Gitu deh. Ada usulan lain harus ngasih angpau berapa? Silakan share di comments. Happy lunar new year!