5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan Kalau Kamu Sedang Lapar

Beberapa waktu yang lalu MBDC sempat membahas tentang persamaan antara sedih dan lapar. Lapar memang sebuah kondisi yang sangat tidak mengenakkan, jauh lebih tidak mengenakkan dari kondisi jomblo menahun sekalipun. Setidaknya jomblo menahun nggak akan bikin kamu mati, sementara lapar menahun? Ah. Runyam sekali.

Selain erat kaitannya dengan perasaan sedih, lapar membuat kita sukar melakukan hal-hal tertentu. Kalau dipaksakan, konon akibatnya jadi nggak baik gitu. Hal-hal apa aja sih? Nih, 5 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan kalau kamu sedang lapar.

Berbelanja

Pernah denger istilah “lapar mata” dong? Istilah itu sungguh berdasar, lho. Saat lapar, tubuh kamu memproduksi hormon tertentu yang bikin kamu “lapar mata”, barang-barang yang ada di depan kamu jadi kelihatan lebih menarik dan bawaannya pengen kamu borong aja semuanya.

Lapar juga mempengaruhi apa yang kamu beli. Konon, orang yang lagi lapar akan cenderung membeli makanan-makanan yang kadar gulanya lebih tinggi atau yang lemaknya lebih banyak, ya pokoknya cemilan-cemilan junk food gitu deh. Semacam, tadinya niat ke supermarket beli semangka, tiba-tiba pulangnya malah bawa ciki-cikian sepuluh bungkus, donat dua kotak, kulit ayam goreng kiloan tiga plastik. Horeee!

Belajar

Belajar di saat lapar itu nggak maksimal, soalnya lapar bikin kamu susah konsentrasi, sukar mengingat, dan bawaannya jadi pengen menunda melulu. Penelitian juga membuktikan kalau anak-anak yang belajar di saat lapar itu biasanya pontennya kurang tuh kalau dibandingkan sama anak-anak yang belajar pas kenyang.

Hal ini jadi bikin MBDC mikir. Mie instan yang adalah penemuan maha dahsyat itu jangan-jangan konsep awalnya dulu diciptakan oleh jeritan lapar seorang mahasiswa miskin yang kelaparan dan harus belajar karena besok ujian. Masuk akal banget sih nih kalau menurut MBDC.

Memutuskan Sesuatu

Jangan pernah membuat keputusan-keputusan penting di saat perut kamu sedang dalam keadaan lapar! Soalnya, perut yang lapar mempengaruhi kemampuan problem-solving kamu dan bikin kamu sulit berpikir rasional.

Jadi, pastikan perut kamu terisi sebelum mengambil keputusan-keputusan penting yang mempengaruhi hidup kamu. Kayak kalau misalnya kamu mau tanda tangan proyek yang nilainya milyaran rupiah, ya jangan pas lagi lapar dong. Minimal kamu ke warteg dulu lah gitu biar agak kenyang dikit.

Mengoperasikan Alat-alat Berat

Ini karena lapar juga sangat mempengaruhi koordinasi fisik kamu. Di saat kamu lapar kan bawaannya lemes melulu tuh, nah ini bikin kamu gampang melakukan kesalahan-kesalahan yang berhubungan dengan koordinasi fisik. Mulai dari yang gampang jatoh, gak sengaja menyenggol tombol-tombol penting, atau bahkan pingsan mendadak.

Makanya kalau lagi lapar kamu usahakan jangan mengoperasikan alat-alat berat. Jangan dulu bawa bulldozer atau nyupir tronton kalau kamu lagi lapar.

Pacaran

Jadi MBDC pernah gitu suatu hari naik bis antar kota antar propinsi, terus supir bisnya nyetir lagu dangdut yang judulnya Gubug Derita.

Begini liriknya:

Pagi makan sore tiada
Takkan luntur cintaku padamu
Baju satu kering dibadan
Takkan pudar sayangku padamu

Bohong itu. Jangan percaya. Rasa lapar membuat tubuh kamu memproduksi hormon pemicu stress seperti adrenalin, dan ini bikin kamu gampang kehilangan kesabaran dan bawaannya ngomel-ngomel melulu. Gak asik banget kan kalau kamu pacaran trus bawaannya ngomel-ngomel terus, yang ada ntar kamu diputusin. Kasian.

Nah, makanya. Kalau bisa sih kamu jangan berlapar-lapar, begitu. Makan gih. Kayak Kate Upton :

Ada lagi hal yang menurut kamu sebaiknya jangan dilakukan kalo lagi laper? Boleh loh dishare di comments.