Trik Mengatasi Tegang di Situasi yang Tidak Mendukung

Pada suatu hari, kamu lagi disuruh presentasi di depan orang-orang banyak. Malam sebelumnya, kamu udah siap. Segala bahan dan kepercaaan diri sudah kamu siapkan dengan matang dan sempurna. Kamu yakin bahwa hari ini kamu akan berhasil mengesankan audiens. Dunia serasa ada di genggaman tangan kamu.

Tiba-tiba, 2 menit sebelum waktu presentasi kamu, entah kenapa pikiran kamu melayang ke sebuah fantasi dewasa, dimana para pemerannya tidak mengenakan sehelai benang pun. Dan kamu pun "tegang" yang membuat kamu susah bergerak tanpa menarik perhatian. Nah lho. 2 menit lagi kamu harus tampil di depan orang banyak nih. Gimana dong?!

Nah makanya, kali ini MBDC mau ngasi-ngasi trik, siapa tau kamu ngalamin kejadian kayak gitu. Ini nih.

1. Alihkan Perhatian

Kamu kan tegang karena kepala kamu yang diatas dan yang dibawah memikirkan sesuatu yang bikin semangat. Nah supaya bisa rileks lagi, coba kamu alihkan perhatian kamu ke hal-hal yang gak membuat semangat. Misalnya nenek-nenek lagi ngangkat jemuran. Eh yang lain deh, siapa tau ada pembaca MBDC yang doyan nenek-nenek. Oh misalnya skor bola kemaren deh. Eh jangan juga, nanti kamu malah ngebayangin pemain-pemainnya, lagi keringetan-keringetan gitu buka baju lagi. Pasti pembaca MBDC juga ada yang sukanya begituan.

Yang jelas-jelas bikin otak bekerja lagi aja deh, misalnya cara memecahkan persamaan kuadrat, atau gimana teori demand dan supply bisa diaplikasikan ke dunia percintaan. Kalo kamu orangnya cepet fokus, harusnya teknik ini ampuh buat menurunkan ketegangan kamu.

 2. Jepit dan Atur Napas

Kalo cara pertama gak ampuh dan kamu masih tegang, coba area yang tegang itu kamu jepit pake paha kamu, kayak orang lagi nahan pipis. Sambil melakukan itu, atur napas kamu, supaya rileks. Kamu kan jadi tegang soalnya darah kamu memusat di sebuah titik (Hampir aja salah ketik -red), nah biar gak tegang, darah yang terpusat di titik (eits!) tersebut harus disirkulasikan ke tempat lain. Caranya dengan pengaturan pernapasan tersebut. Harusnya sih, darahnya bakal gak memusat di titik (ha!) itu lagi, dan kamu bisa lebih rileks.

3. Pake yang Dingin-dingin

Ini MBDC belom pernah buktiin sendiri sih, soalnya otak MBDC gak kotor-kotor banget jadi metode 1 dan 2 biasanya ampuh untuk mengatasi ketegangan.

Tapi kalo di film-film, biasanya jagoannya kalo lagi tegang suka mendinginkan bagian yang tegang itu biar rileks. Buat mendinginkannya, kamu bisa pake botol ato kaleng minuman yang dingin dan ditaro aja di titik (haits!) yang tegang itu. Harusnya sih gak lama, udah rileks lagi, kalo menurut film yang MBDC tonton.

Tapi MBDC, dapetin minumannya gimana? Kan lagi tegang gitu, mau jalan susah! Aduh anak muda, hidup itu gak usah dibuat susah. Kamu bisa titip (jreng!) sama temen kamu atau orang yang ada disekitar situ kan? Sungguh, tolong menolong adalah salah satu hal terindah dalam kehidupan.

4. Hajar

Maksudnya pukul aja itu kamu sampe gak tegang lagi. Gak deng. Jadi ini kalo udah desperate. Daripada tegang ditahan-tahan, lebih baik apa yang kamu tahan-tahan dikeluarin ajalah. Gak sehat kan kalo ditahan-tahan. Kalo misalnya keadaan memungkinkan, ato deket kamu ada WC, langsung aja hajar!

Lho MBDC, tadi kan katanya 2 menit lagi musti naik panggung! Emang sempet? Ck. Gak usah sok perkasa deh lo. Kalo mau, bisa aja kan dalam waktu 30 detik urusan beres. Apalagi kalo udah tegang banget gitu. Kesenggol dikit aja bisa langsung pecah kan semua. Kita semua disini berteman kok, gak usah malu-malu lah soal urusan kayak gini. Dan siapa tau kamu mengidap disfungsi ereksi. Itu bahaya lho buat masa depan kamu.

Tapi biasanya sih orang normal bisa nahan kalo kayak ginian. Kalo kamu cuma abis mikir jorok trus kamu ngerasa harus langsung 'dikeluarin' sih...mungkin kamu ada masalah kejiwaan. Mending kamu periksa ke psikiater.

Nah begitulah beberapa trik yang bisa MBDC bagikan ke kamu semua. Kalo temen-temen disini ada yang punya trik lain yang cukup ampuh, bisa lho dibagi-bagi ke yang lain.

Terakhir, MBDC mau berpesan, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Makanya jadi orang jangan mesum deh, jangan keseringan mikir yang aneh-aneh, repot kan kalo nanti diliatin orang.