Travel MBDC: Hanoi – Random Things

Setelah tahu serba-serbi tentang segala persiapan, akomodasi & transportasi, tempat-tempat makan yang asik sampai tempat-tempat jalan-jalan yang menarik di Hanoi, sekarang giliran MBDC ngebahas hal-hal random yang ada di Hanoi.

Kalau ngebahas soal hal-hal random, Hanoi emang gudangnya banget sih. Malahan, menurut MBDC, salah satu hal yang bikin jalan-jalan di Hanoi itu asik adalah karena kamu bakal selalu menemukan hal-hal yang lumayan surreal atau absurd. Misalnya kayak gini:

Toko Absurd VietnamTempat ini sebenernya jualan kerajinan tangan.

Selain dari produk-produk lost in translation kayak di atas, kalau kamu ke Hanoi kamu juga bakal ketemu banyak hal-hal yang menarik lainnya seperti:

Persaingan Hanoi vs HCMC

Buat yang gak tau, Hanoi dan Ho Chi Minh City (HCMC) alias Saigon itu gak sama loh. Kedua kota ini justru terpisah jarak yang lumayan jauh, 3 hari 2 malem kalo naik bis antar kota antar propinsi. Nah, kalau kamu di Hanoi, jangan coba-coba bilang kalau kamu lebih suka HCMC. Soalnya antara kedua kota ini ada semacam saing-saingan gitu deh. Hampir mirip sama saing-saingan antar Jakarta dan Bandung. Bedanya, saing-saingan Hanoi vs HCMC ini juga dipengaruhi oleh latar belakang sejarah, karena dulu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan itu berseteru dan berakhir dengan kekalahan Vietnam Selatan.

Saing-saingan kedua kota ini lumayan kentara. Biasanya orang HCMC akan bilang kalo kotanya lebih kece karena terbilang lebih modern, nightlife-nya lebih oke dan orang-orangnya lebih happy-go-lucky. Sementara orang-orang Hanoi akan keukeuh bilang kalo kotanya lebih cantik, lebih berbudaya, dan lebih charming. Intinya, kalo diskusi masalah beginian bisa panjang dan bisa jadi sensitif, jadi mending kamu hindari aja bahas-membahas soal mana yang lebih kece, Hanoi atau HCMC. Kecuali kalau kamu orangnya memang tertarik ngebahas perbedaan budaya dan sejarah antar keduanya, karena emang bisa jadi seru banget juga sih.

Orang-orangnya Gemar Berolahraga

Sepanjang pengamatan MBDC di Hanoi, MBDC sungguh jarang sekali melihat orang-orang Hanoi yang kelebihan berat badan. Rata-rata orangnya tipis-tipis banget! Apalagi cewek-ceweknya. Padahal kalau dipikir-pikir makanan-makanan di sana lumayan berlemak karena cukup erat dengan babi-babian.

Tapi kemudian MBDC menemukan jawabannya. Orang-orang Hanoi sangat suka berolahraga! Dari jam 5 subuh juga udah terdengar suara musik yang mengiringi ibu-ibu dan mbak-mbak pada ajojingan. Trus, kalau kamu niat bangun pagi dan jalan-jalan ke sekitar danau atau taman-taman yang banyak bertebaran di Hanoi, kamu akan melihat pemandangan seperti ini:

Atau seperti ini:

Atau bahkan seperti ini:

MBDC bahkan pernah menyaksikan sendiri gerombolan nenek-nenek yang lagi sibuk aerobik dengan lagu Vengaboys, dan rombongan anak TK yang lagi senam dengan lagu 50 cent. Jadi ya lumayan absurd sih. Kayaknya sih mereka nggak ngerti arti liriknya.

Alkohol di Mana-mana

Bukan cuma di mana-mana sih sebenarnya, tapi kapan aja dan di mana aja. Serius. Jadi pernah gitu ya MBDC makan di sebuah restoran random di pinggir jalan, trus di setiap meja ada botol gitu. Setelah tanya-tanya ternyata itu complementary drink. Gratis. Complimentary drink-nya bukan air mineral, tapi vodka setempat. Whoa! Yang lebih absurd lagi pas lagi di restoran itu MBDC ngelihat banyak supir-supir taksi yang mampir buat istirahat makan siang, dan sambil makan mereka minum vodka itu bersloki-sloki. Habis itu, balik nyetir deh. Double whoa! Pernah juga MBDC lewat sebuah jalan yang lagi dikonstruksi gitu, trus kuli-kuli bangunannya pas istirahat rame-rame minum gelas kecil sambil bersulang. Habis minum-minum mereka balik kerja lagi megang alat-alat berat. Triple whoa!

Kenyataannya, alkohol memang bagian yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat di Vietnam, dan kayaknya mereka percaya kalau minum alkohol itu baik untuk kesehatan. Ucapan chúc sức khỏe yang selalu terdengar saat bersulang itu artinya “for your health”, dan di Hanoi banyak banget jenis-jenis alkohol yang disebut rượu thuốc alias “alkohol obat” yang biasanya berwujud kayak gini:

Alkohol

Isinya apaan aja? Ya suka-suka dia sih sesungguhnya. Mulai dari buah-buahan, reptil-reptilan, sampai fetus-fetusan. Katanya oke tuh buat ngobatin penyakit  mulai dari sakit pinggang sampai pencernaan yang kurang lancar.

Atraksi Motor

Gak perlu ke pasar malam kalo mau lihat atraksi motor. Di Hanoi, setiap hari setiap saat kamu bisa melihat pengendara motor melakukan aksi-aksi ajaib. Pokoknya, sepanjang pengamatan MBDC, kayaknya pengendara motor di Hanoi itu sakti-sakti dan bisa membawa apa saja dengan motornya. Mulai dari kulkas, pohon, sampe sapi hidup juga pernah MBDC lihat diangkut pake motor di Hanoi. Juara banget pokoknya.

Sapi DigotongIya bener, itu sapi hidup
FlamingoDan iya benar, itu flamingo

Hal-hal random yang bisa kamu temukan di Hanoi sebenarnya sungguh lebih banyak lagi. Kalau mau dibahas satu-satu artikelnya pasti panjang banget dan penulisnya terancam dijitak oleh editor. Jadi kita sudahi dulu sampai di sini. Kalau mau bertanya, silakan langsung aja lewat comment ya!