Seri Pengetahuan Umum: Mitologi Indonesia - Semeru

Setelah Mitologi Nordik dan Yunani, mari kita kembali ke tanah air. Namun, membahas mitologi Indonesia sungguh sangatlah rumit, karena keberagaman bangsa ini membuat setiap daerah memiliki asal usul mengenai awal kehidupan, dewa dewi, petuah dan makhluk-mahkluk ajaibnya dan dongeng suci-nya sendiri. Beberapa ada yang mirip-mirip dengan mitologi Hindu dan Buddha, karena memang kedua agama itu adalah yang mendominasi di Indonesia kuno. Untuk seri kali ini kita pilihin mengenai asal usul Gunung Semeru. Kenapa? Ya random aja sih. Mari kita mulai!

Asal Muasal Jawa

Jadi yah, sebelum jadi ada peradaban, konon Jawa ini hanyalah sebuah pulau kosong yang terombang-ambing di lautan. Para dewa kemudian memutuskan untuk memakukan si pulau ini biar gak terombang-ambing gak jelas lagi. Caranya gimana? Yaitu dengan memindahkan Gunung Meru yang ada di India ke pulau tersebut. Adalah dewa Wisnu (dewa pemelihara alam semesta) yang berubah wujud menjadi kura-kura dan membawa gunung itu diatas punggungnya ke pulau Jawa, kemudian dewa Brahman (dewa pencipta alam semesta) berubah menjadi ular dan melilitkan tubuhnya di gunung tersebut untuk kemudian diletakan di pulau kosong tersebut. Setelah beberapa kali dipindahkan, karena gak seimbang, gunung Meru akhirnya diletakan di bagian barat daya. Sama dewa Shiwa (dewa penghancur alam semesta) pulau ini dinamakan Jawa karena ada banyak pohon Jawawut yang tumbuh di dalamnya.

Tempat tinggal para dewa

Dewa Yunani tinggal di Olympus, dewa Nordik di Asgard, nah kalo dewa Hindu-Jawa tinggalnya di puncak gunung Semeru yaitu Mahameru. Mungkin setelah capek memindahkan gunung Meru dari India, terus mereka males balik lagi, jadi memutuskan untuk tinggal di Semeru. Masyarakat Jawa kuno (dan beberapa masih sampai sekarang) percaya bahwa Semeru merupakan sarana penghubung antara bumi (tempat tinggal manusia) dan khayangan (tempat tinggal para dewa). Gunung ini sangat disucikan. Manusia datang ke Semeru untuk bersemedi dan percaya para dewa akan membisikan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai kehidupan. Karena merupakan tempat tinggal para dewa, di sekitar Semeru juga bermukim banyak mahkhluk gaib yang bertugas menjaga kesucian Semeru.

Ranu Kumbolo

Ada yang pernah naik ke Semeru gak? Kalo pernah pada sampai dong ya ke Ranu Kumbolo? Surga banget  ya tempatnya. Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau kuno di kaki gunung Semeru. Danau ini merupakan salah satu titik berangkat untuk mendaki gunung Semeru. Jelas aja bagaikan surga, soalnya konon danau ini merupakan tempat pemandian para dewa dewi khayangan. Huwih.

Naaah, segitu dulu cerita tentang Semeru yang merupakan Asgard-nya Hindu-Jawa. Nanti kapan-kapan kita ceritain lagi tentang yang lain-lain. Ada rikues tentang mitologi Indonesia? Atau ada yang mau cerita juga? Silakan share yaw.