Seri Makhluk Legenda: Naga - Part 1

MBDC bikin seri baru lagi nih. Yang satu ini adalah pecahan seri pengetahuan umum yang tentang mitologi dunia. Nah kali ini MBDC pengen membahas mengenai makhluk-makhluk legendaris yang ada dalam setiap peradaban. Kita mulai dari Naga ya. Kenapa? Karena dia yang paling tenar aja. Nah jadi, Naga ini cukup populer lah. Dia banyak tersebut di sejarah-sejarah kuno, misalnya aja:

Naga Eropa

Di Eropa, ada banyak naga yang diceritakan. Ada Fafnir, Lindworms dalam mitologi nordik. Terus ada juga red dragon dan white dragon dalam mitologi celtik yang merupakan simbol peperangan antara britons dan saxon. Di mitologi slavic juga ada, paling banyak malah. Di Bulgaria, Rusia dan sekitarnya ini, banyak cerita yang mengisahkan naga selama berabad-abad menguasai manusia sampai akhirnya dibantai oleh seorang bocah. Seru deh ceritanya, ntar kapan-kapan kita ceritain. Naga dalam mitologi Eropa memang banyak disebutkan sebagai makhluk yang sangat. Mereka tinggal di gua-gua dan atau menjaga kastil-kastil yang berisi harta berharga. Karena itu banyak sekali bertebaran kisah-kisah tentang dragon-slayer dalam mitologi ini. Kalau bentuknya sih nyaris sama, ular raksasa yang berkaki, bertaring, dan bersayap. Campuran antara ular, serigala dan euh kelelawar? Soalnya sayapnya kan gak kayak sayap burung. Mereka juga mengeluarkan api dan taring mereka sangatlah berbisa, ada juga yang menyebutkan naga bisa melumpuhkan kalau kita menatap langsung ke matanya. Kayak Medusa gitu lah.

Naga Persia

Dalam kitab Zarathustra (agama kuno di Persia) ada disebutkan juga nih sosok makhluk yang mewakili segala hal jahat. Disebutnya Dahag atau Azi Dahaka yang berarti ular raksasa atau naga. Nah cuman nih, di beberapa literatur ada yang bilang kalo Azi Dahaka ini adalah seorang raja yang lalim. Tapi di literatur lainnya yang lebih kuno lagi, disebutkan bahwa Dahag adalah ular raksasa tapi kecerdasan dan sifatnya sangat manusia sekali, kayak misalnya dia bisa memerintah kerajaan, punya banyak selir, berperang dan sebagainya. Entahlah. Tapi pokoknya sosok ular naga ada disebutkan dalam peradaban persia. Gitu. Mungkin kayak si Jafar dalam cerita Aladin kali ya? Dia bisa berubah jadi naga gitu.

Naga Yahudi

Di peradaban dan kebudayaan Yahudi juga disebutkan nih tentang sosok ular raksasa yang diciptakan Tuhan dan bersemayam di dalam lautan. Disebutnya Nachash. Fungsinya ngapain tuh naga di dalam laut sih kita belum ngulik lagi, hahaha. Mungkin untuk dibangkitkan pas kiamat. Naga juga disebut-sebut dalam konstelasi bintang kuno Yahudi, sebagai penunjuk arah kutub.

Nah sekian dulu part 1 tentang naga barat. Berikutnya akan kita ceritain tentang naga-naga timur. Sebelumnya ada yang mau nambahin dulu? Silakan tambahin di comments.