MBDC Travel: Hanoi – Tempat-tempat Menarik

 

MBDC masih bakal ngajak kamu jalan-jalan ke Hanoi. Kenapa? Ih biar seru aja dong. Jadi kan udah dibahas nih sebelum-sebelumnya soal persiapan jalan-jalan ke Hanoi, akomodasi berikut transportasi sampai tempat-tempat makan yang asik. Kali ini MBDC bakal ngasih tau kamu tempat-tempat menarik yang ada di Hanoi. Supaya kalau kamu suatu hari main-main ke Hanoi kamu nggak hilang arah tanpa tujuan. Kasihan loh kalau kamu kayak gitu.

Jadi, di mana aja sih tempat-tempat menarik yang layak dikunjungi di Hanoi?

Old Quarter

Kalau bahasa Vietnam-nya sih Phố Cổ alias kota tua, dan memang disebut kota tua karena dulu tu kota Hanoi memang sebatas daerah old quarter ini doang. Tapi, kota tua di Hanoi ini gak sama ama kota tua-nya Jakarta gitu. Bukan cuma bangunan-bangunannya aja yang keliatan klasik di sini, tapi juga suasananya yang perpaduan dari arsitektur Perancis dan Cina.

Jadi, ceritanya dulu tuh kota Hanoi ya memang sebatas Old Quarter ini aja. Terdiri dari 36 jalan yang masing-masing menjual barang-barang tertentu, misalnya jalan yang jualannya sepatu aja, sutra, mainan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Ke-36 jalan ini masih ada di Old Quarter, jadi lumayan lah buat cuci mata.

Old Quarter 01

Di Old Quarter kamu juga bisa main-main ke Hoan Kiem Lake, ngunjungin beberapa kuil, citadel, atau nonton pagelaran water puppet alias wayang air. Makanya cukup strategis kalau kamu stay di daerah Old Quarter ini, mau ngapa-ngapain deket. Asal betah sama keramaian aja.

Old Quarter 02

Old Quarter 03

Ho Chi Minh Mausoleum

Layak dikunjungi selain karena di sini ada muminya Uncle Ho Chi Minh, juga karena auranya komunis banget gitu. Ini menurut MBDC sih ya. Lapangannya teratur banget dan rapih abis-abisan, trus kalau kamu mau masuk ke mausoleum-nya juga ada aturannya. Gak boleh pake celana pendek apalagi rok mini, gak boleh berisik, gak boleh kacak pinggang, apalagi koprol-koprol tigersprong ke sana kemari. Pokoknya gak boleh malu-maluin kalau mau lihat Uncle Ho!

mauleseum

Le Nin Park

Ini juga salah satu tempat di Hanoi yang auranya komunis banget. Ya iyalah, dari namanya aja udah Taman Lenin. Di sini kamu bisa menemukan patung Oom Lenin yang berdiri dengan gagahnya.

Le Nin Park 01

Kenapa tempat ini menarik? Karena aura komunisnya penuh keceriaan gitu. Kamu bisa menemukan nenek-nenek yang lagi asik senam jantung sehat pake lagu Vengaboys, anak-anak muda yang latihan breakdance, atau mama-mama seksi yang ngajak anak-anaknya jalan-jalan.

Le Nin 02

Bahkan jalanan menuju Le Nin Park ini juga ceria banget, penuh lampu-lampu bersimbolkan palu arit yang berwarna-warni. Kalo malam-malam lewat sini lumayan surreal. Kayak di dunia Mario Bros versi komunis.

Ho Tay (West Lake)

Hanoi itu juga sering disebut-sebut sebagai “kota danau”, karena memang danau di kota ini ada banyak banget. MBDC gak sempet ngitungin jumlah pastinya sih, tapi pokoknya banyak banget. Kemana aja MBDC jalan, ada aja gitu nemu danau. Tapi danau favorit MBDC adalah Ho Tay alias west lake. Ho Tay ini adalah danau terluas di Hanoi.

Ho Tay 01

Tempat ini menyenangkan karena terbilang lebih tenang dibandingkan wilayah-wilayah lain di Hanoi. Kamu bisa naik motor atau sepeda ngelilingin danaunya (sekitar 17 km), ngunjungin pagoda yang cantik-cantik, atau mampir di banyak tempat-tempat buat duduk-duduk di pinggir danau.

Ho Tay 02

Kalo di Jakarta mah ngafe-ngafe di pinggir danau kamu kudu ngeluarin duit lumayan banyak, kalo di west lake ini santai berjam-jam pesen kopi atau bir cukup modal 20 ribuan rupiah aja.

Ho Tay 03

Santai murah meriah 20 ribuan aja

Ho Tay 04

Eh tapi kalau mau nge-wine sih mahalan dikit

Tapi ada tapinya juga sih. Buat kamu yang jalan-jalannya sendirian gak pake pasangan, West Lake ini lumayan bikin nelangsa soalnya kemana mata memandang rata-rata yang dilihat ya orang pacaran semua. Tuh makanya, cari pacar gih!

Bia Hoi

Gak lengkap kalo jalan-jalan ke Hanoi tanpa mengunjungi Bia Hoi. Soalnya, Bia Hoi ini memang khas Vietnam Utara aja. Pada dasarnya, Bia Hoi artinya fresh beer. Jadi semacam tavern gitu lah dimana mereka nge-brew bir sendiri dan disajikan fresh buat kamu. Birnya sih sebenernya biasa aja rasanya, tapi harganya murah banget. 2000 rupiah segelas, saudara-saudara! Kalo di Jakarta mah duit segitu cuma dapet es teh manis.

Jadi Bia Hoi ini tersebar di seluruh penjuru Hanoi, cara nemuinnya gampang. Cari aja tempat yang banyak bapak-bapak lagi duduk-duduk sambil tertawa-tawa girang dan bilang “chuc su khoe!” Sungguh menyenangkan sekali tempat ini kalau kamu mau berbaur dengan orang-orang setempat, atau sekedar mengamati kelakuan orang-orang yang lagi mabora!

Bapak-bapak tertawa riang di Bia Hoi

Bapak-bapak tertawa riang di Bia Hoi

Bia Hoi 2

Tapi tenang, biar kamu bukan bapak-bapak, kamu juga tetap bisa girang di bia hoi

Sebenarnya masih banyak lagi sih tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Hanoi, tapi tulisannya udah kepanjangan nih. Mendingan kamu nanya aja deh di comment, ntar dijawab. Atau, ada yang mau bagi-bagi pengalaman seputar Hanoi? Silakan loh! Sampai jumpa minggu depan!

Other Post