Benda-benda yang Diharapkan Akan Diciptakan Tahun 2013

Waktu taun 2012 kemaren, banyak banget kemajuan teknologi yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan menjadi lebih baik. Tapi sayangnya, selama satu tahun kemaren, MBDC entah gak ngeliat, ato emang gak ada kemajuan teknologi yang sangat canggih dan revolusioner, mengubah cara hidup manusia. Misalnya jaman dulu kan banyak banget, seperti penciptaan lampu pijar, telepon, terus makin kesini misalnya komputer personal, mp3 player, smartphone, dan terakhir yang bisa dibilang mengubah cara hidup manusia adalah komputer tablet.

Nah taun 2013 nanti, MBDC punya harapan kemajuan teknologi makin canggih, dan ada teknologi revolusioner yang mampu mengubah kehidupan manusia secara drastis. Inilah beberapa benda yang MBDC harapkan bisa kita nikmati sebelom tahun 2013 berakhir. 

1. Mobil Terbang

Kemacetan dimana-mana makin bertambah. Gak cuma di Jakarta aja, tapi hampir di semua kota-kota besar di dunia. Pemerintah-pemerintah masing-masing negara mencoba mengatasi masalah kemacetan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengembangkan sistem transportasi massal yang nyaman, cepat dan efisien. Atau menggalakkan transportasi alternatif yang lebih sehat dan ramah lingkungan, sepeda misalnya.

Tapi menurut MBDC, itu semua gak menyelesaikan masalah. Macet itu terjadi karena jumlah jalan yang tersedia gak mencukupi untuk kendaraan yang ada. Gimana kalo, kendaraan sehari-hari gak lagi membutuhkan jalan. Kendaraan yang bisa jalan di ruang yang sangat luas dan membentang di bumi ini; udara.

Yak. Kalo misalnya mobil terbang diciptakan, diproduksi dan dijual secara komersial, MBDC yakin kemacetan di dunia akan hilang, karena mobil-mobil gak lagi butuh jalan raya. Terbang aja. Dan pasti efisiensi juga akan meningkat, karena lama perjalanan akan menurun secara signifikan.

2. Warp Drive

Baru-baru ini, MBDC baca artikel tentang ditemuinnya sebuah planet di galaksi yang jaraknya secara relatif gak jauh dari galaksi kita, Bima Sakti, dan planet tersebut punya karakteristik yang mirip banget sama Bumi kita. Jadi ada kemungkinan ada kehidupan di planet itu, atau ada potensi untuk para manusia hidup disana.

Tapi masalahnya, sedeket-deketnya galaksi tetangga, tetep aja jauh dan kalo pake teknologi transportasi luar angkasa yang ada sekarang, tetep aja jauh dan lama perjalanannya bisa puluhan tahun. Nah makanya, dibutuhkan teknologi Warp Drive, yang memungkinkan sebuah kendaraan berpindah lewat hyperspace gitu, kayak di Star Wars, Star Trek, Lost in Space dan film-film fiksi ilmiah lainnya. Kalo kita bisa transportasi lewat hyperspace, jangankan galaksi sebelah, eksplorasi luar angkasa ke ujung-ujung alam semesta bukan hal yang gak mungkin lagi, dan siapa tau pada akhirnya kita bisa membuktikan kalo kita gak sendiri di alam semesta.

Nah, taun 2012 kemaren NASA baru aja nutup program Space Shuttle-nya, dan SpaceX juga lagi getol-getolnya bikin percobaan pesawat luar angkasa. Siapa tau taun 2013 ini mereka punya kejutan buat kita.

3. Telepon Hologram 3D

Dulu orang kalo berhubungan jarak jauh, surat-suratan, dari pake burung merpati, sampe kantor pos, sekarang bisa email. Telepon juga. Dulu awalnya kalo gak salah pake telegram dulu. Terus baru muncul telepon. Terus sekarang ada telepon seluler, dan bahkan bisa video call juga. Video call juga udah banyak kan, banyak website-website yang menyediakan jasa itu. Dan itu teknologi yang udah lumayan lama.

Sekarang saatnya teknologi komunikasi diarahkan ke kelancaran komunikasinya, jangan melulu perang hardware dan perang software antara produsen smartphone. Saatnya telepon hologram diciptakan, sehingga kamu gak cuma ngeliat orang yang kamu ajak ngomong dalam layar doang, tapi ada hologram 3D-nya di depan kamu (dan segenap pembaca MBDC yang lagi LDR sama pacarnya pun langsung meng-amin-kan diciptakannya Telepon Hologram 3D)

4. Implan Kamera

Ada yang pernah nonton serial Black Mirror gak? Di salah satu episode-nya, diceritain sebuah masa depan dimana semua manusia punya implan di otaknya, yang memungkinkan mereka untuk merekam semua kejadian yang dilihat dan didengar. Canggihnya lagi, dengan implan itu kita bisa nge-rewind kejadian-kejadian yang udah kita alamin untuk ditonton lagi, lewat mata kita sendiri, atau bisa dihubungin ke layar secara wireless.

Jadi misalnya, kamu lagi mau pergi, tapi kamu lupa semalem pas pulang naro kunci mobil dimana. Kamu bisa nge-rewind kejadian semalem dengan detail di kepala kamu atau di layar, jadi kamu bisa menelusuri kamu semalem ngapain aja, dan dimana kamu naro kunci mobil itu. Dan kalo udah bertahun-tahun make, kamu pun bisa ngulang kejadian yang terjadi di masa lalu, misalnya pertama kali kamu ketemu sama gebetan kamu. Dan hal-hal seperti belajar, menghapal gitu-gitu jadi lebih mudah. Terusnya lagi, kalo kamu lagi travel, gak perlu lagi motret sana sini buat mengabadikan momen, karena semua udah terekam di kepala kamu.

Kalo misalnya beneran ada, asik banget ya kayaknya.

Ini beberapa teknologi yang MBDC harapkan bisa jadi kenyataan di taun 2013. Yah namanya juga harapan kan, siapa tau ada yang beneran jadi. Kalo gak, masih ada taun 2014 lah. Gak ada ramalan kiamat kan taun 2013 ini.

Kalo kamu, ada gak teknologi yang kamu pengenin supaya ada di taun 2013 ini? Share yah di comment.