4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Kalau Kamu Digodain Di Jalan

Digodain tuh maksudnya yang dipanggil-panggil tanpa tujuan gitu loh. Biasanya sih tersangka tukang godainnya adalah para gromang. Kadang gak cuma dipanggil-panggil, bentuk keisengan para gromang tersebut bisa bermacam-macam. Mulai dari siulan mesum, tepuk tangan sok hore, sampai yang bikin pantun jorok atau nyanyi lagu yang liriknya ganggu banget dan ditujukan langsung buat gangguin kamu.

Berdasarkan pengamatan MBDC, para korban keisengan para gromang biasanya bereaksi dengan cara berusaha cuek gitu atau mencoba menghindari jalan yang dihuni para gromang. Menurut MBDC, cara ini kurang tepat karena tidak akan membuat gromang itu jera. Tapi jangan kuatir, MBDC punya cara-cara alternatif yang bisa kamu lakukan kalau kamu digodain gromang.

Foto

Pas kamu disuit-suitin, dipanggil-panggil atau entah apa lah itu yang sungguh mengganggu kamu, segera datangi tersangka kemudian foto dia/mereka dengan menggunakan HP atau kamera saku kamu. Mereka bakalan kaget dan bertanya-tanya. Sambil berlalu dengan santai kamu bilang pada mereka bahwa foto yang kamu ambil itu adalah barbuk untuk pacar kamu yang ternyata adalah teman satu perguruan sileknya Iko Uwais dan sempat jadi rekan tandingnya Chris John. Dijamin bikin syok para gromang.

Jawab Dengan Suara Ngebass

Ini juga dijamin bakal bikin kaget para gromang yang sedang asik ngegodain kamu. Skenarionya kira-kira begini:

Gromang: “Ssssttt… sssttt… Neng, neng mau kemana, Neng?”

Kamu: (dengan suara ngebass namun kenes) “Lohh… kok situ tau nama sini sekarang udah ganti dari Nanang jadi Neneng?”

Kalau kamu butuh referensi suara dan gerak-gerik yang oke, silakan lihat video Rita di bawah ini ketika dia ngobrol dengan Slamet.

Berikan Respon Tak Terduga

Intinya adalah, kamu harus bisa bikin orang yang ngegodain kamu itu jera dengan cara membuat dia kaget (sukur-sukur malu). Seperti yang sudah MBDC sebutkan di atas, hal ini nggak akan tercapai kalau kamu cuma pasrah dan diem-diem aja pas digodain. Berikan respon yang sensasional dan kalau bisa membuat dia trauma. Misalnya:

#1

Gromang: “Cewek… cewek… prikitiiiiwww…”

Kamu: *menggonggong dengan sekuat tenaga*

#2

Gromang: “woi woi woi woi… cemberut aja nih mbak?”

Kamu: *mengepalkan tinju ke udara* ALLAHU AKBAR! ASTAGHFIRULLAH ROBBAL BAROYAAAA ASTAGHFIRULLAH MINAL KHOTOYA *sambil berlalu*

Respon-responnya tentu saja tak terbatas, bisa kamu customize atau buat sendiri sesuai dengan tingkat kreativitas kamu.

Berikan Questionnaire

Jadi ya, menurut MBDC, meskipun nggak melibatkan colek-mencolek, panggilan-panggilan mesum itu termasuk pelecehan. Jadi memang sewajarnya kalau kamu melakukan sesuatu untuk berusaha membuat orang-orang yang godain kamu itu jera dan gak godain kamu, juga orang-orang lain lagi. Tapi ya, kadang mereka gak sadar aja gitu kalau yang mereka lakukan itu termasuk pelecehan. Jadi ketika mereka godain kamu di jalan, coba kamu datangi langsung dan kasih mereka questionnaire kayak gini:

Kuesioner pelecehan

Questionnaire itu dalam bahasa Inggris sih, tapi pembaca MBDC yang kece nan pintar pasti bisa ngerti lah. Terjemahin aja tuh buat para gromang, trus kamu kasihin ke mereka pas mereka godain kamu. Mudah-mudahan sih bisa mereka mikir ke depannya!

Trik-trik di atas semuanya udah pernah dicoba oleh penulis dan cukup sakses. Nah, di antara para pembaca ada yang punya trik sukses lainnya? Bagi-bagi di komentar ya! Atau jangan-jangan justru kamu termasuk yang suka ngegodain di jalan? Punya alasan sendiri kenapa kamu ngelakuin hal itu? Let us know!