Tips Travelling Sendirian

Pernah kan pengen pergi ke suatu tempat atau pengen melakukan sesuatu tapi nggak ada temen? Temen aja nggak ada, apa lagi pacar. Nggak usah ditanya. Nah berangkat dari permasalahan ini, MBDC tergerak hatinya untuk memberikan tips-tips travelling sendirian khusus buat kamu!

1. Jangan Malas

Research itu penting! Cie elah. Eh tapi beneran lho! Research itu penting banget untuk dilakukan sebelum kamu pergi ke suatu tempat. Misalnya kamu pengen pergi ke Palembang dari Jogjakarta, kamu harus tahu bahwa nggak ada kereta yang bisa membawa kamu ke Palembang dari Jogjakarta. Ada opsi lain, misalnya naik bus, atau langsung terbang naik pesawat. Kalau kamu nggak melakukan research dulu, kamu nggak akan tau tuh informasi tentang kendaraan-kendaraan alternatif.

Research seperti ini juga memungkinkan kamu ntuk membuat budget plan sebelum berangkat. Jangan sampe kamu udah nyampe di Irian Jaya, baru tau kalo penginapan di Raja Ampat itu rada bikin dompet kurus

Jangan malas juga bisa diartikan ‘jangan malas untuk pergi sendiri’. Banyak traveller yang kalau nggak ada temen nggak jadi berangkat. “Ah males ah kalo sendiri”. Itu sama sekali bukan profil seorang petualang, kawan!

2. Jangan Takut

Jangan takut untuk travelling sendirian. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Travelling sendirian memang membutuhkan banyak keberanian di dalam dada. Terutama kalau kamu berencana untuk pergi ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Misalnya kamu selama ini dilarang naik bus sama mama karena di bus banyak penjual tahu (lah terus?), beranikan diri kamu untuk sekali-kali naik bus untuk mencapai daerah tujuan kamu.

Kalau kamu sudah melakukan langkah pertama (Jangan Malas), maka seharusnya kamu tidak perlu takut. Kan kamu udah tau musti naik apa, bayar berapa, gimana cara pulang dan sebagainya. Kalau udah punya rencana yang jelas dan masih takut juga, sebaiknya kamu di rumah aja pake piama terus mainan solitaire.

3. Jangan Malu

Muka kenceng adalah modal utama seorang petualang. Nggak perlu malu nanya sama orang kalau misalnya kamu nyasar. Dalam suatu kasus misalnya kamu memutuskan untuk mendaki gunung Bromo sendirian (niat banget), terus kamu nyasar gitu waktu mau turun dari Bromo sedangkan matahari sudah mulai tenggelam. Jangan malu untuk numpang nginep di rumah warga setempat, mereka pasti sering kok didatengin orang-orang nyasar kayak kamu. Kalau mereka bersedia menampung kamu sampai pagi, jangan lupa ucapkan terimakasih, syukur syukur kalo kamu lagi ada duit ata makanan lebih, bisa dikasih ke yang punya rumah setelah kamu dipersilahkan menginap di sana.

Lagian ngapain juga kamu malu kalau kamu travelling sendirian? Orang juga nggak ada yang kenal sama kamu. Ya kan?

Nah 3 pantangan tadi harus kamu pahami betul-betul sebelum kamu memutuskan untuk travelling sendirian. Jadi gimana? Mau kemana nih kamu liburan ini?