Seri Pengetahuan Umum: Mitologi Yunani Part 3 - Heroes

Karena kamu udah baca cerita MBDC tentang Mitologi Yunani, yang ngebahas asal mula cerita dan dewa-dewa yang paling terkenal, MBDC yakin kamu pasti sekarang makin penasaran dan tertarik dengan cerita mitologi Yunani ini.

Nah sekarang MBDC mau ngelanjutin pembahasan Mitologi Yunani. Selain cerita tentang dewa-dewa, Mitologi Yunani ini juga banyak cerita-cerita tentang pahlawan-pahlawan yang patut kita teladani. Yuklah kita mulai.

Perseus

Perseus ini adalah manusia setengah dewa. Bapaknya adalah Zeus, tapi ibunya manusia. Perseus ini terkenal sebagai pahlawan yang mengalahkan Medusa. Kalo medusa udah pada tau dong ya, cewe yang rambutnya ular dan orang yang ngeliat matanya bakal jadi batu.

Perseus sendiri menghadapi Medusa, gak tanpa bekingan. Dia dipinjemin pedang dari Zeus, helm yang bisa bikin orang jadi kasat mata dari Hades, sendal bersayap buat terbang dari Hermes, dan perisai cermin dari Athena. Nah menggunakan senjata-senjata tersebut Perseus bisa mengendap-ngendap dan memenggal kepala Medusa.

Oh terus Perseus juga punya Pegasus. Kuda yang bisa terbang itu lho.

Theseus

Theseus ini asal usulnya kurang jelas. Soalnya bapaknya ada 2, yaitu Poseidon dan bapak manusianya, Aegus dan ibunya manusia. Ibunya itu menurut mitos dalam malam yang sama dibuahi oleh suaminya dan Poseidon. Tapi karena Theseus ini punya kemampuan super kayak manusia setengah dewa lainnya, kayaknya jelas lah ya siapa bapak kandungnya.

Kalo soal petualangan, Theseus terkenal sebagai pahlawan yang membasmi Minotaur (makhluk yang badannya manusia tapi kepalanya banteng) di labirin.

Heracles

Atau yang lebih beken dengan nama Hercules (Bukan, bukan penyanyi yang suka mainan barbel itu) ini adalah pahlawan Mitologi Yunani yang mungkin paling terkenal. Dia juga merupakan hasil dari "ekstrakulikuler" Zeus dengan ibunya yang seorang manusia biasa.

Heracles ini sebenernya terkenal dengan petualangannya yang disebut dengan "The Labors of Heracles", yaitu kisah-kisah kepahlawanannya dia melawan berbagai macam monster-monster mistis. Tapi yang paling terkenal adalah waktu dia ngelawan Hydra, monster berkepala uler yang kalo kepalanya dipotong bakal tumbuh lagi jadi 2 kepala, dan Cerberus, anjing penjaga dunia bawah berkepala 3, peliharaannya Hades.

Jason

Si Ranger Merah.

Jason Red Ranger

Eh bukan. Jason itu manusia biasa, beda sama pahlawan-pahlawan yang udah kita bahas tadi. Dia adalah pemimpin dari The Argonauts, pasukan yang diutus untuk mencari The Golden Fleece. The Argonauts itu sendiri terdiri dari pahlawan-pahlawan yang punya cerita sendiri-sendiri, misalnya Heracles, dan Castor and Pollux, anak kembar tapi beda bapak; yang satu bapaknya manusia, yang satu bapaknya dewa.

Odysseus

Odysseus juga manusia biasa nih. Selain menjabat sebagai Raja dari Ithaca, Dia dikenal sebagai pahlawan mitologi Yunani yang paling pinter, menurut orang-orang Yunani, atau yang paling licik, menurut orang-orang Troy. Odysseus ini yang mencetuskan strategi Trojan Horse, yang pada akhirnya menghancurkan kerajaan Troy.

Selain itu, setelah selesai Trojan War, Odysseus pun punya petualangan sendiri yang biasa disebut dengan The Odyssey, yaitu perjalanan pulangnya dia dari Troy ke Ithaca yang memakan waktu selama 10 tahun. Banyak mampir sama nyasarnya gitu dia.

Bellerophon

Bellerophon juga asal muasalnya kurang jelas dan terkenal. Menurut mitos yang paling umum sih dia manusia biasa, dan dia hidup sebelom jamannya Heracles. Jasanya dia adalah membasmi Chimera, monster berkepala singa, berbadan kambing, dan ekornya adalah ular. Terus bisa ngeluarin api juga. Komplit.

Achilles

Achilles, pahlawan Trojan war. Dia manusia biasa, tapi punya kekuatan kayak dewa. Waktu dia kecil, sama ibunya dia dicelupin di Sungai Styx, sungai jalan masuk ke Hades (Dunia Bawah). Jadilah dia punya kekuatan seperti dewa. Tapi karena pas dicelupin itu ibunya megang dia di ankle-nya, maka ankle-nya tetep kayak manusia, dan jadilah itu kelemahannya dia.

Hal yang menarik tentang Achilles lagi, sebenernya dia bisa jadi manusia setengah dewa juga. Menurut mitos, dulu Zeus dan Poseidon sama-sama naksir ama ibunya Achilles. Tapi ada ramalan yang bilang kalo nanti anak yang dilahirkan oleh si ibu itu bakalan lebih hebat dari bapaknya. Mendengar ramalan itu, Zeus sama Poseidon langsung mundur deh, takut kalah sama anak.

Asal muasal udah. Dewa-dewa udah. Tokoh-tokoh terkenal juga udah. Terus apalagi? Masih banyak sih yang bisa diceritain. Nantilah, satu bagian lagi ya, biar genep gitu jadi 4 artikel.

Other Post