Seri Pengetahuan Umum: Hentai

Balik lagi di seri pengetahuan umum! Setelah Pistol, F1, mitologi Nordik dan Yunani, kali ini kita akan membahas mengenai karya seni kesayangan kita semua, yaitu Komik, dan lebih spesifik lagi Hentai. Kenapa kita mau membahas tentang Hentai? Ya kenapa gak? Nah, kalau sudah ngomongin soal komik hentai apa yang paling bagus tentu akan sulit karena sangat subjektif. Tapi, paling tidak kita bisa coba ngintip semarak dunia komik hentai dari sudut pengarangnya. Jadi yah, ada mari kita bagi aja menjadi:

Pengarang Lawas 

Buat mereka yang udah nekunin hentai dari jaman internet baru nongol (dulu salah satu situsnya ezmanga.com) atau yang lewat vcd nonton hentai versi anime pasti tau judul-judul hentai lawas, salah satunya adalah karya dari Toshio Maeda - pengarang “La Blue Girl” dan “Urotsukidōji”. Ini kalo di dunia perhentaian semacam udah sekelas Osamu Tezuka atau Fujiko Fujio lah di dunia permangaan. Dia ini salah satu pionir yang bikin tenar hentai. Dan, kalau dilihat karyanya bakal keliatan banget kalo dia emang komikus hentai jaman lawas, feelingnya sama kaya kalo kita baca komiknya Tatang S.

Pengarang Doujinshi

Lalu, ada juga komik hentai yang sifatnya Doujinshi. Ini hampir sama deh kaya istilah 'indie'; bedanya adalah mereka bersifat indie karena biasanya ngambil tokoh kartun ataupun non-kartun yang sudah dikenal dalam karya mereka - kaya Tarzan X gitu. Ada yang tau, Kuroinu Juu? Nah, dia adalah salah satu master doujinshi yang terkenal dengan komik hentai Sailor Moon-nya. Kalo kamu pernah baca hentai Sailor Moon yang judul-judul komiknya "Green Day", "Red Hot Chilli Peppers", "Black Sabbath", "Goo Goo Dolls" atau "Another One Bites The Dust", NAH! Si bapak ini pengarangnya. Dia juga salah satu pengarang hentai yang cukup setia memakai tema S&M di berbagai komiknya.

Pengarang Jaman Sekarang

Kalo untuk jaman sekarang-sekarang ini, salah satu komikus hentaius yang terkenal diantaranya ada Kisaragi Gunma, Shiwasu No Okina, Yamatogawa dan masih banyak lagi. Untuk trend sekarang ini lagi lebih cenderung mengarah ke gambar-gambar yang lebih realistis seperti yang diusung Kisaragi Gunma. Coba aja kamu baca “Love Selection”, “Giri-Giri Sisters” dan “Mai Favourite”, pasti paham deh, kenapa banyak yang suka sama gaya menggambarnya.

Pengarang Ekstrim

Tapi yah namanya juga dunia hentai itu sangat luas dan para penikmatnya sangat beragam. Dengan imajinasi yang tak terbatas, hentai yang menceritakan apapun pasti ada, mulai dari yang bertemakan cerita "standar" sampai yang cukup bikin kamu senyum-senyum girang, geleng-geleng dan bahkan sampai yang WTF????? . Hahahahaa. Coba aja baca karya-karyanya John K. Pe-Ta yang “Monzetsu”, itu bener-bener yang ... euh, baca sendiri aja deh ya. Eh tapi yang boleh baca cuma kamu yang udah cukup umur lho. Kalo kamu belum cukup umur ntar dimarahin sama Jumar lagi.

Yap segitu dulu. Kapan-kapan kita bahas lagi mengenai sistematika publikasi, kajian gender sampai pengaruh latar belakang budaya terhadap masing-masing genre dan teknik penggambaran. Nah lo. Eh iya, komen dong, favorit hentai kamu yang mana? Dan kenapa?

Other Post