Oleh-oleh yang Bikin Bingung Harus Gimana

Punya kenalan, teman atau keluarga yang kerap bepergian ke luar negri? Kalau iya, (semoga) pernah dong kamu dikasih oleh-oleh setelah mereka kembali ke tanah air? Nah sayangnya kadang ada oleh-oleh yang setelah dikasih ke kamu, kamu malah jadi bingung mesti ngapain dan bilang apa dengan oleh-oleh kamu itu.

Ini dia list oleh-oleh yang bikin kamu mikir “terus aku musti gimana”:

1. Kaos Bertuliskan Nama Kota/Negara 

Katakanlah orang yang ngasih kamu oleh-oleh ini baru aja balik dari Perancis. Kamu udah ngarep banget nih dikasih oleh-oleh pacar baru langsung dari Perancis. Setelah bungkusannya di buka, ternyata kamu dapet baju (biasanya ukurannya juga rada kekecilan ato kegedean) bertuliskan PARIS.

Berhubung orang-orang juga tau kamu belum pernah ke Perancis, ini baju nggak mungkin kan kamu pake? Ujung-ujungnya cuma jadi baju tidur. Kalaupun kamu udah pernah ke Perancis, kamu akan dikira pamer ke orang-orang. Terus ini baju musti diapain?

2. Jaket Universitas

Masih berhubungan dengan pakaian, tapi kasusnya sedikit berbeda. Misal orang yang ngasih kamu oleh-oleh ini baru aja balik dari Amerika, terus kamu udah ngarep banget dikasih ayam KFC langsung dari Kentucky. Setelah dibuka, ternyata kamu dapet jaket bertuliskan Harvard University gede banget.

Keren sih emang, tapi semua orang kan tau kamu kuliah di Universitas Deket Rumah. Mau pake jaket itu buat ngampus, ntar dikira nggak cinta almamater. Mau dipake buat mejeng, ngga ada potongan lulusan Harvard. Terus ini jaket musti diapain?

3. Makanan (Tapi Cuma Dikit)

Ini adalah keadaan yang jauh lebih dilematis. Misalnya temen kamu baru aja pulang abis jalan-jalan dari Belanda, terus kamu beruntung menjadi salah satu orang yang diberi oleh-oleh. Bungkusnya kecil, kamu udah ngarep banget nih isinya cincin kawin. Eh setelah dibuka, ternyata kamu dioleh-olehin keju seuprit.

Kenapa dilematis? Karena salah satu fungsi oleh-oleh adalah sebagai ‘pengingat’ bahwa teman kamu pernah pergi ke suatu tempat dan ketika dia di sana, dia inget kamu. Uuwwh. Nah terus ini keju musti digimanain? Kalo dimakan, entar suatu hari bakal lupa dong? Kalo ga dimakan juga cuma bakal busuk. Tapi kalo dimakan...cuma seuprit juga. Niat gak sih sebenernya ngasih oleh-oleh??!

4. Foto-foto

Nah yang ini keterlaluan sih. Setelah teman kamu pulang dari tour keliling Italia, kamu diundang kerumahnya karena ada ‘oleh-oleh’ katanya. Setelah kamu sampai ke rumah dia, kamu dibombardir dengan foto-foto temen kamu sepanjang liburan. Ada yang di depan Menara Pisa lah, di depan Koleseum lah, ada juga yang foto di depan stadion klub sepak bola Italia.

Kamu cuma duduk di sana dengan pasrah, sedikit ngiri dan bertanya-tanya dalam hati: “Ini terus aku mesti gimana?”. Tatap dalam-dalam mata teman kamu dan lontarkanlah pertanyaan itu.

Kalau oleh-oleh yang paling ‘terus aku musti gimana’ yang pernah kamu dapet apa nih? Share yuk di comment box!