Memperkenalkan: Sistem Rating Juru Martani

Jadi kemarin tiba-tiba MBDC mendapatkan sebuah tamparan besar. Buat kamu yang belum dengar, rupa-rupanya ada seseorang yang menyebut MBDC mengancam generasi muda! Oh tidak! Apa-apaan ini?! Apakah MBDC sudah sedemikian terlena dengan kesuksesan yang luar biasa sampai-sampai kita melupakan aspek keselamatan generasi muda?! Setelah baca judulnya dan menangis sebentar (sekitar 1 menit - red), MBDC memberanikan diri membaca tulisan tersebut. Rupanya, poin tulisan tersebut ada di paragraf berikut:

Menurut pendapat saya, situs ini lebih banyak menyediakan informasi yang ‘aman’ dibaca oleh kalangan intelektual yakni orang orang yang sudah dewasa dalam menggunakan pemikirannya. Saya khawatir, bila situs ini akan menjadi populer dikalangan remaja dan generasi muda dan secara tidak disadari, mengajak para remaja dan generasi muda untuk ‘melompat’ pagar.

Biarpun kayaknya MBDC emang udah telanjur populer dan MBDC gak pernah ngajak generasi mudah untuk 'melompat' pagar (kita lebih prefer ngetok atau ngebel sih. Lompat pager kayak maling - red), namun menurut MBDC quote di atas sungguh bijak. Perasaan MBDC sedikit bertentangan sih, antara bangga (karena katanya tulisan kita aman dibaca kalangan intelektual) tapi MBDC pun malu sama diri MBDC sendiri. MBDC pun langsung mencari, siapakah gerangan penulisnya. Rupanya nama penulisnya adalah Juru Martani. Apa??! Apakah ini adalah Kyai Juru Martani yang merupakan Patih pertama Kesultanan Mataram? Rupanya bukan. Mungkin Juru Martani yang ini sama bijaknya, tapi ini bukan Kyai Juru Martani.

Nah, karena tulisan bijak tersebut, sebagai tanda terima kasih atas kebijakan yang tidak terhingga ini, maka mulai hari ini MBDC akan memperkenalkan:

Sistem Rating Juru Martani!

Jadi mulai sekarang, kalo MBDC ngepost hal-hal yang "bisa menjurus  pada kasus pelecehan terhadap institusi tertentu dan propaganda yang mendukung aksi pornografi" serta apapun yang sekiranya becandaannya bisa "‘menjebak’ siapapun yang masih belum cukup mampu menelaah substansi dari sebuah informasi" maka MBDC akan memberikan stempel:

Jadi setiap kali kamu melihat stempel ini, berarti kamu harus berhati-hati. Kamu yang sekiranya masih terlalu muda atau tidak termasuk dalam kalangan intelektual, disarankan oleh Juru Martani untuk tidak membaca artikel tersebut. Itu menurut mas Juru Martani lho ya. Kalo menurut MBDC sih kamu semua udah pinter untuk tau mana yang bener dan mana yang salah. Tapi itu kan menurut MBDC. Kalo menurut Mas Juru Martani sih kamu semua masih harus diarahkan. Nah, karena MBDC percaya akan kebijakan beliau yang tidak terbatas ini, maka mulai hari ini nantikan kehadiran stempel brilian ini di artikel-artikel yang bersangkutan! Yuk ah!