MBDC Travel: Hanoi - Makanan

Kemaren-kemaren kan MBDC udah kasih tau ke kamu apa-apa aja yang mesti kamu persiapkan kalau kamu mau ke Hanoi, plus segala seluk beluk transportasi dan akomodasi di sana. Kali ini MBDC bakal ngebahas makanan-makanan yang ada di Hanoi. Supaya nanti kalau kamu kesana kamu bisa bertualang kuliner sambil berteriak-teriak penuh kekaguman bagaikan Yoichi si anak cita rasa.

Buat kamu yang gak tau Yoichi anak cita rasa, pokoknya itu kartun yang dulu ada di Indosiar gitu deh. Koki kecil yang kalau nyobain makanan enak mulutnya bercahaya dan badannya terlempar berputar-putar sampai langit ke tujuh.

Di Hanoi banyak banget tuh makanan yang bisa bikin kamu keenakan menggila kayak Yoichi. Pokoknya kota ini cocok banget buat kamu yang gemar berkelana rasa dan berwisata kuliner. Tapi, ada tapinya loh. Buat kamu yang gak makan babi, kamu harus jeli soalnya hampir semua makanan di Hanoi itu ada babinya.

Jadi, mari kita bahas beberapa tempat makan yang ada di Hanoi !

Pho Ly Quoc Su

Meskipun di kota-kota besar di Indonesia udah banyak restoran-restoran yang menyediakan menu berbagai macam Pho, tapi belum sah banget sih kalau belum nyobain Pho asli di Vietnam. Rasanya beda, beneran. MBDC dulu waktu belum pernah ke Hanoi gak suka sama yang namanya Pho, baru suka pas nyobain aslinya di Vietnam.

Jadi Pho itu semacam noodle soup gitu lah, rata-rata sih dimakan dengan potongan-potongan daging sapi, tapi ada juga yang pake ayam atau jeroan. Kalau di Hanoi sih tempat makan Pho yang terkenal itu di Pho Ly Quoc Su. Alamatnya di 10 Ly Quoc Su deket Hoan Kiem.

Pho 10

Namun, di Hanoi tu Pho ibarat bakso malang banget deh, di tiap sudut ada. Dan kadang tu tempat-tempat yang nggak terkenal justru rasanya lebih enak, untung-untungan aja nemuinnya. Yang satu ini pas MBDC lagi iseng aja nemu waktu lagi jalan-jalan deket danau Tay Ho, di jalan Yen Hoa. Restorannya juga gak ada namanya, tapi Pho-nya sih enak banget.

Pho CakweMakannya pake cakwe

Pho ini harganya murah meriah banget. Paling mahal sekitar 30.000 VND, 15 ribu rupiah aja saudara-saudara.

Cha Ca La Vong

Cha Ca La Vong juga restoran yang cukup terkenal di Hanoi. Pernah masuk New York Times segala. Andalannya adalah Cha Ca, ikan yang dimasak dengan bumbu khusus dan dimakan dengan bihun dan fish sauce.

Cha ca

Biasanya Cha Ca ini disajikan bareng Mam Tom. Semacam sambel cocol berwarna keunguan gitu deh, tapi MBDC sih gak makan soalnya bau si sambel cocol ini lebih menyeramkan dari bau kaos kaki. Katanya dibikin dari udang busuk. MBDC sih percaya gak percaya aja.

Cha Ca La Vong ini alamatnya di 14 Cha Ca, masih di district Hoan Kiem juga. Jadi kalau kamu nginep di Old Quarter ke sini ya gak jauh-jauh amat. Harganya ga nyampe 200.000 VND bisa buat makan 3-4 orang.

Xoi di Nguyen Huu Huan Street

Nguyen Huu Huan Street ini letaknya juga nggak jauh dari Hoan Kiem lake. Di jalan ini banyak restoran-restoran yang menjual Xoi, alias nasi ketan khas Hanoi.

Restoran Xoi

Nasi ketan ini toppingnya bermacam-macam, kamu pilih aja sendiri. Kalo bingung mau milih apaan dan gak ngerti bahasanya juga, pilih aja Xoi Thap Cam, yaitu nasi ketan campur. Saking campurnya nasi ketannya sampe gak kelihatan ketutupan sama lauk.

Xoi Tham Cam

Xoi Tham Cam ini harganya 45.000 VND. Bikin kenyang sejagad. Itu satu mangkok beratnya ada kali 2 kilo.

Bun Cha di deket Stasiun Kereta Hanoi

Bun Cha adalah makanan khas Vietnam Utara, dan 10 dari 10 turis yang mengunjungi Hanoi pasti bilang kalo Bun Cha adalah makanan favorit mereka selama di Hanoi. Dahsyat banget memang reputasi si Bun Cha ini.

Bun Cha

Pada dasarnya, Bun Cha adalah pork belly yang di-grill, kemudian dimakan pake kuah asam manis, bihun dan spring rolls. Harganya pun murah meriah, cuma sekitar 45.000 – 60.000 VND. Seperti halnya Pho, banyak banget restoran pinggir jalan yang menjual Bun Cha. Tapi, favorit MBDC adalah restoran Bun Cha pinggir jalan yang letaknya gak jauh dari stasiun kereta (Ga Ha Noi). Restoran Bun Cha ini juga gak ada namanya, ancer-ancernya pokoknya tempatnya pas banget di samping KFC. Alamat KFC-nya 209 Duong Le Duan. Tapi kamu jangan ke KFC-nya, langsung aja melipir ke tempat Bun Cha.

Ly Van Phuc (Chicken Street)

Ly Van Phuc ini nama jalan, tapi sering juga disebut Chicken Street soalnya emang sepanjang jalan ini isinya orang jualan ayam bakar BBQ doang. Biasanya aktivitas dimulai malam hari dari jam 6 sore sampai bubaran. Segala macam manusia tumpah ruah di sini sambil mengunyah ayam bakar.

Ly Van Phuc

Jalan Ly Phan Vuc ini lokasinya gak jauh dari jalan Nguyen Thai Hoc, deket sama Temple of Literature. Kalau kebetulan kamu lagi main ke Temple of Literature, malem-malemnya sekalian mampir aja ke Chicken Street.

New Day Restaurant

Buat kamu yang pengen ngerasain jenis-jenis masakan Vietnam yang lain tapi pengen gampangnya aja, kamu bisa dateng ke New Day Restaurant. Mereka menyediakan masakan “rumahan”. Ibarat kata, kalau di Indonesia mah setipe ama Sederhana, begitu. Lokasinya di 72 Ma May, masih di district Hoan Kiem juga.

New Day Resto

Jangan tertipu sama penampilannya yang agak-agak lusuh. Masakan-masakan di New Day ini enak banget dan mereka udah sering direview di media-media internasional. Tapi, makan di restoran ini ada triknya. Biasanya turis-turis kalau berkunjung ke restoran ini langsung nyelonong masuk ke pintu utama. Mereka kemudian akan disodorin menu khas turis gitu. Menunya pake bahasa Inggris dan pilihannya terbatas karena disesuaikan sama “lidah turis”. Saran MBDC, kamu masuknya dari pintu sebelah kiri (kelihatan kan tuh di fotonya, ada pintu kecil), nah di sini kamu bisa langsung nunjuk-nunjuk aja masakan yang kamu mau.

Makanan New DayKayak di Restoran Padang!

Terus nanti pas di meja makan, turis-turis itu biasanya bakal ngiri sama menu kamu yang tampak berlimpah dan sungguh enak, gak kayak set menu mereka. Hihihi…

Makan kenyang di New Day restaurant, pake 3-4 lauk plus minum biasanya sekitar 200.000 VND untuk berdua.

Kien Restaurant

Kien Restaurant ini letaknya di 143 Nghi Tam, di district Tay Ho. Ini salah satu restoran yang terbilang unik di Hanoi karena menyediakan masakan-masakan khas ethnic minorities di Vietnam, makanannya suku-suku yang tinggal di pegunungan di Vietnam gitu deh.

Ada apa aja? Banyak. Mulai dari kalajengking goreng, jangkrik panggang, sampai yang jadi favorit MBDC nih. Nasi ketan telor semut!

Nasi Ketan Telor Semut

Nasi ketan telor semut ini bisa dimakan rame-rame, harganya 120.000 VND atau sekitar 60 ribu per porsi. Meskipun kelihatannya absurd, tapi rasanya enak banget ! Yang putih-putih itu adalah telor semutnya, rasanya gurih gitu trus kalau kamu kunyah telornya meledak di dalam mulut. Hihihi…

Quoc Trieu

Telur semut? Apaan tuh! Aku bukan trenggiling! Aku mau sesuatu yang lebih gahar dan lebih bro! Begitu mungkin pikir kamu. Tenang, kamu juga menemukan masakan-masakan yang membuat kamu merasa macho di Hanoi. Salah satunya di restoran Quoc Trieu ini. Restoran ini letaknya di Le Mat, sekitar 20 menit dari pusat kota. Le Mat ini juga dikenal sebagai snake village karena di desa ini semua orang kerjaannya ya menangkar dan menjual ular.

Ular? Yak benar. Di restoran Quoc Trieu, santapan kamu nggak jauh-jauh dari makhluk yang satu ini.

Ular di botolUlarnya kakaak...

Serem sih. Tapi restorannya cakep kok. Ada tamannya gitu penuh bonsai dan ukiran kayu. Konon katanya restoran ini adalah restoran favoritnya Vladimir Putin kalau lagi berkunjung ke Hanoi.

restoran ularAwas ada ular di balik pohon!

Kalau kamu makan di sini, nanti kamu akan disuruh milih ular yang mau kamu santap. Ular itu lantas bakal dibelek di depan mata kamu, lalu dagingnya akan dijadikan santapan kamu. Bakalan jadi semacam 10 course gitu, mulai dari appetizer sampai dessert-nya.

hidangan ularSemua terbuat dari ular!

Kalau masih kurang gahar juga, kamu juga bisa minum darah ular lengkap dengan jantungnya yang masih berdegup. Serius. Katanya sih rasanya geli-geli lucu gitu di tenggorokan.

minum darah ularHmmm...enyaaak.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan-makanan yang bisa kamu temui di Hanoi. Tapi penulisnya, @risyiana, jadi kelaperan nih gara-gara nulis soal makanan dari tadi. Mending kamu tanya langsung aja deh kalau pengen tahu lebih banyak tentang makanan-makanan di Hanoi.

Minggu depan kita bakal ngebahas soal tempat-tempat menarik yang ada di Hanoi, bakalan lebih seru tentunya. Sampai bersua mingdep.