#TanyaJawabMBDC: Sebenernya Lebih Enak Kuliah Atau Sekolah?

Jumpa lagi di #TanyaJawabMBDC, tempatnya MBDC mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan absurd kamu yang pastinya gak akan mungkin bisa dijawab oleh kakak atau adik kamu. Nah, pertanyaan hari ini datang dari @nuralka:

Wah, kamu pastinya baru mau lulus sekolah trus mau kuliah ya? MBDC mengerti kegelisahan hati kamu. Baiklah, supaya kamu mendapat sedikit ketenangan jiwa, MBDC akan coba jelaskan ke kamu.

Pada dasarnya, baik kuliah maupun sekolah ini ada enak gak enaknya. Susah juga sih bilang lebih enak yang mana, karena masing-masing orang punya preferensi sendiri. Nah, supaya lebih jelas, MBDC akan coba jelaskan enak-gak enaknya dari kuliah dan sekolah deh.

Sekolah

Enaknya:

  1. Banyak temen, bisa kompakan satu kelas
  2. Apa-apa masih diurusin, gak pusing
  3. Kamu cuma perlu tau dateng ke sekolah, belajar, selesai.
  4. Gak usah mikirin abis lulus harus kerja

Gak Enaknya:

  1. Harus belajar pelajaran-pelajaran gak penting yang kurang praktis
  2. Kurang bebas, karena apa-apa diatur.
  3. Bosen, tiap hari sekolah jamnya sama.
  4. Cabut lebih sulit, apalagi kalo pihak sekolahnya perhatian.

Kuliah

Enaknya:

  1. Bebas, mau cabut juga gak ada yang ngurus.
  2. Jam kuliah bisa ngatur sendiri
  3. Kecengan lebih banyak, karena dari berbagai fakultas
  4. Gak pake seragam.

Gak Enaknya:

  1. Abis lulus harus langsung mikirin kerja. Karena kalo nggak...ntar diomongin orang.
  2. Tugas lebih banyak
  3. Semua harus ngurus sendiri
  4. Temen-temen kamu lebih nyebar, susah buat kompak, karena seringkali jadwal kalian gak sama.

Ya gitu deh. Intinya semua ada enak gak enaknya. Sekolah itu lebih enak karena pada dasarnya kamu belum terlalu perlu mikirin macem-macem, tinggal jalanin aja. Gak enaknya ya semuanya masih diatur. Kalo kuliah itu gak enak karena kamu udah harus mikirin macem-macem, tapi kamu lebih bebas. Gitu deh. Tapi emang kamu bisa milih? Bukannya mau gak mau dua-duanya dijalanin ya? Enak gak enak mah dibuat enak aja.

BTW, MBDC liat ternyata nama kamu Nurhasanah ya? Kamu yang nyuarain Doraemon?