Seri Pengetahuan Umum: Mitologi Nordik Part 3 - Ragnarok

Jadi sebelumnya kita udah dua kali membahas tentang Mitologi Nordik, dan dari awal MBDC udah janji untuk membahas tentang ragnarok ini. Jadi marilah kita lanjutkan. Ragnarok itu dalam bahasa Eropa kuno artinya Takdir Para Dewa yang menceritakan tentang pertempuran dunia. Semacam kiamat, yang membakar habis Ygdrassil dan menghancurkan 8 dari 9 dunia dalam mitologi ini. Sebetulnya Ragnarok ini adalah perang puncak dari perseteruan para dewa dan para raksasa yang sudah berlangsung lama. Tapi yah, secara dewa ama raksasa yang perang, mau gak mau alam semesta jadi ikutan porak poranda. Para dewa dipimpin tak lain dan tak bukan adalah oleh Odin dan di ras raksasa atau Jotun ada Loki yang menjadi panglima perang. Pertempuran habis-habisan ini terjadi di VIGRID , sebuah padang luas yang terletak di Middle Earth.

Ramalan Ragnarok

Ada tiga hal yang menandai akan bangkitnya perang besar ini, yaitu

Lahirnya 3 Makhluk yang Akan Menghancurkan peradaban para dewa. 

Adalah Fenrir, serigala raksasa anak dari Loki dan Angrboa. Karena ketakutan dengan kelahiran dan tumbuh kembang Fenrir, para dewa pun mencari cara untuk mengikatnya. Karena Fenrir ini sangat sakti dan perkasa, agak susah untuk mencari tali pengikat yang bisa membelenggu serigala ini. Sampai akhirnya para kurcaci (dark elves) membuat tali perak yang disebut Gleipnir. Fenrir berhasil diikat. Tapi nantinya ketika Ragnarok mulai, somehow, Fenrir berhasil melepaskan diri dan dialah yang bertarung melawan Odin dan berhasil membunuh dan memakan Odin. Fenrir kemudian dibunuh oleh Vidarr, anak Odin.

Kemudian ada Jormungandr, si ular raksasa sodara seayah seibu dengan Fenrir. Doi juga bernasib sama dibuang oleh para dewa ke samudera, karena para dewa merasa takut dan terancam dengan keberadaannya, saking raksasanya si Jormungandr ini, dia bisa membelit Middle Earth dengan tubuhnya. Musuh bebuyutan si Thor. Akhirnya ketika Ragnarok, si Jorm berhasil melepaskan diri dari kurungan bawah lautnya dan memporak-porandakan dunia, Thor akhirnya berhasil membunuhnya dengan diketok palu saktinya Mjolnir.

Berikutnya adalah Hel. Di artikel sebelumnya kita udah ceritain si Hel ini, dia juga anaknya Loki dan Angrboa. Hel dibuang ke Nifhelm dan menjadi penguasa para makhluk yang mati tidak terhormat. Hel memiliki seekor anjing bermata empat bernama Garm yang bertugas menjaga gerbang istananya. Nantinya setelah Ragnarok menghancurkan 8 dunia, hanya Nifhelm yang masih bertahan.

Kematian Balder

Di artikel mitologi nordik part 1 udah pernah disebut nih si Balder. Dewa anak utama dari Odin dan Frigga, Balder ini semacam putera mahkota lah, kesayangan semesta. Ketika dia dan ibunya mulai bermimpi tentang kematiannya, Frigga meminta semesta berjanji untuk tidak melukai Balder. Semesta setuju kecuali Mistleto. Yah secara si Mistleto ini tanaman yang tidak berbahaya, Frigga ga peduli. Hal ini dimanfaatkan Loki, dia membuat panah dari Mistleto dan mengelabui Hod, saudara Balder yang buta dan membidikan panah itu ke arah Balder. Mati deh.

Musim Dingin berturut-turut tanpa jeda dan kemerosotan moral.

Serius, bahkan tanda-tanda kiamat di cerita kuno pun menyebutkan soal kemerosotan moral, ketika manusia sudah tidak bisa bertindak adil satu sama lain, berseteru dengan saudara sendiri dan mulai merusak alam. Tapi mungkin juga tanda-tanda kiamat di agama-agama samawi yang sekarang ini terinspirasi dari sana sih. Mungkin aja.

Ragnarok dimulai

Sasangkala ditiup dan genderang perang ditabuh. Diawali dengan kegelapan total karena Bulan dan Matahari berhasil ditangkap dan dimakan oleh Skoll dan Haiti yang emang kerjaannya ngejar-ngejar bulan dan matahari. Kemudian gempa bumi sangat besar, menyebabkan Loki dan Fenrir terlepas dari belenggunya, oh si uler Jorm juga, Hel gak mau kalah dan melepaskan Garm anjing nerakanya untuk naik ke dunia memporak-porandakan umat. Para Jotun langsung bangkit menyambut sekutu mereka, para monster dan mahkluk neraka, dipimpin Loki dan Hel yang ingin membalas dendam pada para dewa. Asgard juga siap sedia. Bersama para elf, kurcaci, manusia dan para Einherjar berkumpul di Valhalla, untuk berderap menuju Vigrid. Perang besar pun terjadi. Memusnahkan sebagian besar dari kedua belah pihak. Odin, Thor, Loki, semua nama yang disebut diatas dan sebelum-sebelumnya tewas semua. Akhir dari sebuah era.

Nah, sekian sesi dongeng dari kami. Kapan-kapan kita ceritain yang lain lagi. Ada pertanyaan anak-anak?

Other Post