Review Toilet: Dubai International Airport

Jadi waktu MBDC kemaren jalan-jalan ke Inggris, kan sempet transit di Dubai. Selama 4 jam. Dan pas itu di Indonesia kira-kira jam 2 pagi. Setelah puas keliling-keliling airport, MBDC pun bingung mau ngapain lagi karena masih ada 3 jam lagi sebelom flight-nya berlanjut. Tadinya mau tidur, tapi takut kebablasan terus ketinggalan pesawat.

Akhirnya buat ngisi waktu, MBDC nge-review toilet di Dubai International Airport!

Signage

Signage WC Dubai Airport

Papan penunjuk toilet di airport Dubai menggunakan light box yang cukup menarik perhatian. Selain menggunakan huruf latin dalam bahasa Inggris, signage-nya juga menggunakan yang sepertinya terlihat seperti bahasa arab, mungkin untuk warga lokal. Sungguh tanda penunjuk yang menarik dan berkelas.

WC

WC di toilet airport Dubai cukup nyaman. Ukurannya cukup besar buat duduk sambil boker dengan nikmat, dan juga buat bawaan kabin kamu. Di atas WC-nya pun disediakan sebuah kompartmen yang menurut MBDC cukup besar untuk menaruh koper ukuran sedang. Selain itu disediakan juga selang semprotan buat kamu cebok. Jadi bisa cebok bersih, gak kayak bule-bule yang cuma pake tisu doang.

Selanjutnya, sistem flush-nya juga pake sensor. Kamu cuma perlu melambaikan tangan kamu di depan sensornya, sehingga gak perlu menyentuh gagang flush yang sudah terkontaminasi sama tangan-tangan lain yang entah abis ngapain. Sungguh pas untuk para traveler, karena kan kita gak tau orang-orang yang boker disini datang dari negara mana dan mungkin bawa penyakit apaan.

Nah selanjutnya, MBDC tadinya mau foto-foto yang lainnya, kayak urinoir dan tempat cuci tangan. Tapi tenyata rame banget. Daripada dikira pervert foto-fotoin toilet dan malu-maluin nama Indonesia, MBDC mengurungkan niat dan keluar dari tempat tersebut, nunggu sepi. Tapi bukannya sepi malah makin rame. MBDC pun bertualang lagi di airport Dubai, dan menemukan toilet yang lebih elegan di lantai kedua. Ini kayaknya toilet buat lounge gitu sih, abis bentuknya beda banget sama yang tadi.

Oke. Lanjut.

Urinoir

Urinoir Dubai International Airport

Bentuknya sebenernya sama aja sama di toilet yang tadi, tapi settingannya lebih elegan. Urinoir di airport Dubai ini besar dan panjang. Mungkin karena orang arab itunya besar-besar dan panjang-panjang, jadi urinoir-juga musti begitu. Terus flush-nya juga pake sensor, jadi mudah-mudahan bersih.

Tempat Cuci Tangan

Tempat Cuci Tangan WC Dubai International Airport

Tempat cuci tangan di airport Dubai ini sangat elegan. Untuk ngeluarin airnya juga pake sensor. Tapi buat sabunnya sih enggak, musti dipencet manual. Tapi MBDC suka lighting-nya, dan ada dispenser hand & body lotion juga, sama handuk kecil buat ngeringin tangan. Sungguh pelayanan kelas 1.

Bilik WC 

Nah ini MBDC lupa fotonya, tapi kurang lebih sama kayak yang tadi. Itu keliatan dikit lah dari cermin tempat cuci tangan. Bentuknya lebih elegan, tapi luas ruangannya lebih kecil, gak cukup buat naro koper. Muatnya cuma buat ransel atau koper yang kecil gitu.

Pengering Tangan

Pengering Tangan Dubai International Airport

Pengering tangan disini menurut MBDC cukup efisien. Angin yang dikeluarkan cukup hangat dan kuat untuk mengeringkan tangan. Dan tempat tisu dan sampahnya pun juga udah dijadiin satu sama dryer-nya, jadi kalo kamu ngerasa tangan kamu kurang kering, kamu bisa pake tisunya dan langsung dibuang disitu juga. Ini design yang sungguh brilian.

Wewangian

Ini standar sih. Pake alat otomatis, seperti di toilet-toilet bagus pada umumnya. Wanginya cukup enak, tapi gak menusuk juga. Cukup lah buat menutupi kalo ada yang limbah buangannya baunya kemana-mana.

Kesimpulan 

Setelah melihat satu per satu poin-poin di atas, maka berikut ini adalah kesimpulan MBDC:

Signage: 4
Kewangian: 4
Urinoir: 4.5
WC: 4.5
Tempat Cuci Tangan: 5
Pengering Tangan: 5
Layak Buat Boker? Pastinja !

RATING: 4.5

Begitulah. Toilet di airport Dubai sangat kece menurut kami. Sangat memanjakan para traveler yang butuh untuk membuang sisa-sisa hasil pencernaannya. Semoga bermanfaat buat kalian semua.