MBDC Travel: Leeds - Makanan

Halo. Kembali lagi sama MBDC Travel edisi kota Leeds, UK. Kalo kamu rajin baca MBDC, pasti kamu tau kalo salah satu kontributor MBDC, si @gsidharta sekarang lagi kuliah disana. Karena saking cintanya dia sama MBDC, sambil merantau pun dia masih ngirim artikel buat menghibur kalian semua. Terus biar asik, dibikin juga artikel tentang kota yang dia tinggalin dan tempat-tempat yang dikunjungin sama dia, jadi siapa tau kalo kamu besok main ke Inggris, udah tau musti ngapain.

Oke setelah sebelomnya udah ngebahas tentang cara pergi ke Inggris dan Transport & Akomodasi di Leeds, kali ini kita bakal bahas sesuatu yang gak kalah vital, yaitu tentang makanan.

Di Leeds, dan seperti kota-kota Inggris yang lainnya, makanannya bervariasi banget. Dari makanan cina, arab, itali, spanyol, portugis dan negara-negara lainnya juga ada. Indonesia doang nih belom nemu. Berikut ini beberapa tempat makan yang MBDC kunjungi.

Nando's

Nandos Restaurant

Lokasi : Banyak sih, tapi ini di The Light, Leeds City Centre

Harga :  Mulai dari 4.05 Pounds

Menu Nandos

Nando's ini dulu pernah ada di Jakarta, tapi sekarang udah gak ada lagi. (Eh masih ada gak sih? Abis gak pernah liat lagi) Anyway, Nando's ini specialty-nya adalah ayam bakar pake bumbu Peri-Peri yang berasal dari Portugis. Terus kamu bisa milih pedesnya mau seberapa, mau plain yaitu gak pedes dan spicy sama sekali, sampe extra hot yang (harusnya sih) pedes banget.

Makanan di NandosSalah satu makanan di Nandos...Enak nih.

MBDC makan disini bertiga sama temen-temen, jadi pesennya yang 1 ayam utuh, plus 2 side dish porsi besar. Terus minumnya Coke yg bisa refill sepuasnya. Terus kita nyobain ayamnya yang extra hot. Tapi ternyata cuma pedes-pedes dikit gitu. Enak sih, tapi mungkin karena lidah Indonesia udah kebiasa sama yang spicy dan pedes banget, jadi pedesnya si Nando's ini gak berasa.

Charco's

Charcos Restaurant Leeds

Lokasi : Persis seberangnya University of Leeds (dari Main Entrance)

Harga : 4-6 Pounds per orang udah kenyang

Nah kalo Charco's ini, mereka bilangnya jualan Piri-Piri Chicken, bukan Peri-Peri. Kayaknya sama-sama aja sih sama Nando's. Tapi harganya lebih murah disini, dan lokasinya deket ama kampus, jadi kalo siang rame banget yang makan disini. Waktu itu MBDC pesen:

Charcos 1/4 Chicken with SidedishCharcos 1/4 Chicken with Sidedish

Ini 1/4 chicken dan 1 side dish. Side dish-nya bisa milih, mau kentang goreng, nasi yang pake sayur gitu, sama roti kalo gak salah. Rasanya sih kurang lebih sama kayak yang di Nando's. Selain itu, MBDC juga mesen:

Charcos Grilled Chicken BurgerGrilled Chicken Burger

Grilled Chicken Burger. Ini baru mantap. Daging ayam dada di bakar pake saos piri-piri, terus disajikan dengan roti yang gede. Kira-kira ukuran rotinya 2 kali lebih gede dari roti-roti burger yang dijual di supermarket deh. Dan rasanya juga enak banget, agak-agak pedes gitu, tapi ada bumbu-bumbu lain juga yang terasa menari-nari di lidah kamu. Ditambah kentang gorengnya, grilled chicken burger ini ngeyangin banget.

Shawarma 

Restoran Shawarma

Lokasi : Seberangnya The Library Pub, deket University of Leeds

Harga : Mulai dari 2.50 Pounds

Interior Shawarma

Ini makanan timur tengah yang jadi beken gara-gara film The Avengers. MBDC juga sebenernya nyobain makan disini soalnya inget pernah diajakin makan Shawarma sih sama Tony Stark.

Ternyata setelah keluar, bentuknya kayak kebab-kebab gitu. Rasanya.... Ya kayak kebab-kebab gitu doang sih. Biasa aja. Mana gak kenyang lagi. Pret.

Shawarma KebabTernyata Shawarma itu kayak gini doang.

Akbar's

Akbar's Restaurant Leeds

Lokasi : Leeds City Centre

Harga : Disini enaknya makan keroyokan gitu sih. MBDC makan ber-4, abis kira-kira 8-10 Pounds per orang

Kalo ini makanan timur tengah lagi, yaitu makanan pakistan. Tapi yang ini makanan beneran nih di restoran, bukan fast food take out gitu.  Tipe-tipe makanannya semodel kayak kari atau gulai gitu. Rasanya juga enak, mirip-mirip bentuknya kayak makanan padang, atau makanan india. Pedes-pedes spicy gitu, enak dimakan di negara yang musuhan sama matahari.

Kari Akbar'sMakanan-makanan di Akbar's

Tapi yang seru disini bukan lauknya. Yang seru adalah kalo kamu pesen makannya pake roti Nan. Roti Nan disini gede banget, dan rada gak rekomen kalo kamu makannya bedua sama pacar kamu, soalnya nanti kamu gak bisa saling liat-liatan.

Roti Nan Akbar'sKayak gini nih Roti Nan-nya Akbar's. Gede banget!

Tuh kan gede banget. Temen MBDC sampe ketutupan. Terus cara makannya, disobek aja sedikit-sedikit Nan-nya, terus dicocol pake kari/gulai yang kamu pesen, sekalian sama dagingnya. Garpu sama piso disediain sih, tapi lebih asik pake tangan aja. Lebih greget.

Sekian dulu penjelajahan kuliner di Leeds. Sebenernya masih banyak tempat-tempat makan lain di Leeds yg menarik untuk dicoba, namun berhubung MBDC belom lama ada disana, dan anak rantau kan duitnya terbatas, jadi mudah-mudahan akan dicoba di lain kesempatan. Intinya sih kalo kamu lagi jalan-jalan, kecuali udah mentok, jauh-jauhin lah yang namanya restoran fastfood franchise yg dimana-mana ada. Lebih asik kalo kamu coba-coba makanan yang belom pernah kamu cobain sebelomnya.

Oke jadi makanan udah nih.. Masih ada beberapa bagian lagi di MBDC Travel edisi Leeds ini. Apakah yang akan MBDC bahas selanjutnya? Tunggu tanggal mainnya!