MBDC Movie Review: Skyfall

Jadi kemarin malam (31 Oktober 2012), MBDC mendapat undangan dari Sony Pictures Indonesia untuk menghadiri premiere Skyfall, film James Bond terbaru. Tanpa pikir panjang lagi MBDC langsung dateng dong. Kapan lagi bisa nonton film duluan?? Nah, buat pamer sama kamu, kali ini MBDC mau coba nge-review film yang satu ini!

Skyfall Movie PosterSkyfall Movie Poster, Keren Banget!

Cerita Skyfall dimulai dengan misi 007 dan MI6 di Turki. Ceritanya mereka ngejer seorang teroris yang nyuri sebuah Harddisk yang isinya adalah data-data mengenai agen-agen rahasia MI6 gitu deh. Nah, misi ini berakhir dengan kegagalan. James Bond gak sengaja ketembak oleh agen MI6 lainnya. James Bondnya mati. Tamat.

Nggak deng. Itu baru awal filmnya kok. Justru ceritanya baru dimulai di sini. Jadi karena kecolongan harddisk yang berisi data super penting itu, Inggris, MI6, dan pimpinan MI6, M, dapet masalah besar. Ya iyalah, teroris jadi tau rahasia mereka. Nah, mengetahui bahwa negaranya dalam masalah besar, James Bond kembali! Iya dia masih hidup. Kalo dia mati dari awal ya gak ada filmnya dong. Judulnya jadi M, bukan James Bond. Gimana sih kamu.

Seperti dua film James Bond yang diperankan Daniel Craig sebelumnya (Casino Royale dan Quantum of Solace), film James Bond kali ini juga mengambil pendekatan yang lebih gritty. Biarpun tetap flamboyan, tapi James Bond di sini digambarkan sebagai orang yang juga punya emosi serta memiliki masalah dalam kehidupan pribadinya. Gadget-gadget super canggih yang biasanya ada di film-film James Bond juga dikurangi habis-habisan. Intinya, James Bond dibuat semakin nyata.

Tapi apakah itu adalah hal yang buruk? Kalo menurut MBDC sih sama sekali nggak. Malahan kalo menurut MBDC, Skyfall bisa dibilang sebagai film James Bond yang paling bagus. Skyfall ini memadukan action yang padat tapi sekaligus bisa menyajikan unsur drama yang kuat dan menarik.

Kualitas Skyfall ini pastinya gak lepas dari pemilihan sutradaranya, yaitu Sam Mendes. Sebelumnya, pemilihan Sam Mendes sebagai sutradara film James Bond emang agak aneh, karena si oom yang satu ini sebelumnya lebih banyak bikin film-film drama, kayak misalnya American Beauty, Revolutionary Road, dan Away We Go. Pertanyaannya kan pasti: emang bisa doi nge-direct film action?? Ternyata bisa tuh. Di film ini kamu akan menyaksikan beberapa scene action yang bener-bener keren. Ditambah lagi, film ini Director of Photography-nya adalah Roger Deakins, seorang DoP kawakan yang udah 9 kali dapet nominasi Academy Awards. Hasilnya adalah film James Bond dengan dengan shot-shot yang keren banget.

Akhir kata...kamu nonton ajalah. Udah mulai main kan filmnya hari ini? Mendingan kamu cabut kerja terus langsung ke bioskop sekarang. Gih.

Rating MBDC: 4 out of 5