Apa yang Perlu Dibawa Untuk Menghemat Saat Liburan?

Wah, udah mau akhir taun aja nih. Berarti saatnya merencanakan liburan akhir tahun dong! Tapi setelah melihat tabungan, kamu menyadari bahwa sebenernya keuangan kamu lagi seret. Nah, karena itulah kali ini MBDC mau kasih tips dan bocoran barang apa saja yang wajib kamu bawa supaya liburan kamu makin irit.

1. Bekal Lauk Pauk Kering

Katanya hal yang paling susah kalau lagi jauh dari tanah air atau kampung halaman adalah makanan. Jadi nggak ada salahnya kamu bawa perbekalan sendiri, misalnya abon, ikan teri, atau sambal balado bahkan nasi putihnya juga. Lumayan kan kalau kamu mau liburan 5 hari langsung menghemat 15 kali makan. Tapi, jangan coba-coba kamu buka bekal kamu di pesawat atau bus yang penuh penumpang. Apalagi kalau bekal kamu pete dan semur jengkol. Selain emang gak boleh sama pesawatnya, kalo bekal kamu pete...ya kasian aja sih sebelah kamu.

2. Botol Air Minum

Tahu dong kalau air keran di luar negeri aman buat diminum? Saatnya kamu manfaatin ini untuk refill air minum sehari-hari. Lumayan lho daripada bolak-balik beli air mineral. Plus, kamu juga bisa hemat biaya ke toilet kalau kemu kebelet, botol minum selalu bisa jadi penyelamat. Asal jangan kebalik ya sama yang buat direfill air minum.

3. Sarung

Peralatan yang satu ini sungguh multifungsi. Kalau kamu naik pesawat berbujet rendah atau menginap di hostel, kamu bisa menghemat charge selimut yang kadang-kadang nggak disediakan. Sarung ini bisa juga jadi penyelamat kalau destinasi kamu banyak nyamuk. Jadi hemat kan buat beli lotion anti nyamuk? Sarung juga berfungsi kalau mendadak hujan kamu nggak bawa payung atau pas lagi di pantai kamu nggak bawa tikar. Tentunya sarung juga bisa jadi penyelamat kalau kamu kehabisan kamar dan terpaksa tidur di musholla atau di pos satpam.

4. Kaos Kaki

Ini andalan buat kamu yang mau jalan-jalan ke luar negeri. Bayangin misalnya kamu dapat tiket murah untuk liburan ke Eropa pas musim dingin tapi kalau belum tentu balik ke sana lagi, saying dong beli segala kostum winter? Nah, saatnya kamu manfaatin koleksi kaos kaki kamu. Bisa dijadikan sarung tangan atau penutup telinga. Hemat banget pastinya. Malu? Halah, kalo miskin mah gak usah pake malu-maluan segala lah.

Nah, dengan 4 hal di atas harusnya sih liburan kamu jadi agak lebih hemat dikit. Punya info mengenai apa yang harus dibawa lagi saat liburan supaya hemat? Boleh lho dishare di comments.