Seri Pengetahuan Umum: Mitologi Nordik - Part 2

Pengetahuan yang baik adalah pengetahuan yang menyeluruh dan tidak sepotong-sepotong. Oleh karena itu MBDC mempersembahkan, part lanjutan dari Mitologi Nordik yang sudah pernah dimuat sebelumnya. Kali ini kita akan membahas tentang 9 dunia yang terdapat dalam mitologi ini. Yang diciptakan Odin dan saudara-saudaranya setelah membunuh Ymir, raksasa yang merupakan makhluk hidup pertama yang tercipta di semesta. Potongan tubuh Ymir inilah yang menjadi fondasi dunia yang mereka ciptakan. Nah jadi ada yang namanya,

Asgard

Ini berada di level pertama. Asgard adalah dunia para Aesir, salah satu ras dewa gengnya Odin. Aesir ini adalah ras dewa yang perusak dan petarung. Tapi bukan berarti mereka lantas ras dewa yang jahat ya, karena namanya dalam memelihara kehidupan dan alam semesta kan memang harus ada peperangan dan perusakan untuk keseimbangan. Asik. Nah yang terkenal dari Asgard ini adalah, adanya aula yang sangat besar, Valhala, tempat Odin dan dewa-dewa lain berkumpul dan menjamu para Einherjar, yaitu orang-orang yang mati dalam peperangan yang dibawa oleh Valkrye (hantu yang memutuskan siapa yang mati dalam perang).

Vanaheimr

Ada yang bilang kalo Vanaheimr ini berada di level yang sama dengan Asgard, mereka bersisian gitu. Tapi ada versi lain yang bilang kalo dunia para Vanir ini ada di bawah Asgard. Vanir ini adalah ras dewa pelindung, kesuburan dan pemelihara alam. Konon antara Vanir dan Asgard selalu bertarung sampai akhirnya mereka akhirnya berdamai dan ada beberapa ras Vanir yang pindah ke Asgard dan sebaliknya. Setelah berdamai, mereka bersatu melawan Jotun, ras raksasa.

Alfheim

Berikutnya adalah dunia para Elf. Mereka adalah ras yang sangat misterius dan memiliki kekuatan sihir. Mereka tidak pernah jelas memihak kepada siapa, terkadang netral, terkadang membantu para dewa, membantu manusia, tapi terkadang juga bisa jadi sangat jahat dan mengancam. Elf ini adalah salah satu ras yang paling sering disebut dalam mitologi Germanic dan Anglo Saxon. Meski tidak pernah secara mendetil diceritakan. Dalam budaya Indonesia, Elf juga ada, disebutnya Peri, atau kalau lebih tradisional lagi, Lelembut.

Midgard

Atau Middle Earth. Ini adalah dunia kita, manusia. Antara Midgard dan Asgard disambungkan dengan jembatan Bisfort. Midgard ini dikeliling oleh samudera luas yang didalamnya bersemayam Jormungandr, yaitu monster ular raksasa yang merupakan anak dari Loki (masih inget kan ama doi?) dan raksasa Angrboa. Ntar ceritanya dalam Ragnarok, Midgard ini hancur dan Jormungandr bangkit  dan meracuni tanah dan lain dengan bisanya. Tapi tenang aja, nantinya Jormungandr bakalan dikalahkan oleh Thor. Sorry spoiler.

Jotunheimr

Nah ini tempat tinggalnya ras Jotun atau raksasa. Mereka merupakan ancaman untuk para dewa dan manusia. Makanya si Thor sering banget bertarung dengan para Jotun.

Nidavellir

Ini tempat tinggal para Dwarfs, kurcaci. Dalam literatur lain tempat ini sering juga disebut Svartalheim, tempat tinggal para dark elves.

Muspel

Dunia api dan tempat tinggal para raksasa api yang merupakan musuh abadi para Aesir. Nantinya api dari muspel ini yang membakar habis jembatan Bisfort dan memulai perang Ragnarok.

Nifhel

Kalo Muspel dunia api, maka Nifhel sebaliknya. Ini adalah dunia kabut dan merupakan daerah paling dingin. Nifhel ini merupakan dunia pertama dalam 9 dunia yang merupakan cikal bakal pembentukan alam semesta. Tempat orang-orang yang sudah mati berada.

Hel

Posisinya diantara Muspel dan Nifhel. Tempat orang-orang yang mati dengan tidak terhormat. Merupakan tempat dewi kematian, Hel berada. Doi anaknya Loki. Istilah Go To Hel itu awalnya adalah ungkapan kuno yang artinya pergi mati ke tempat orang-orang tidak terhormat.

Nah,  kesemua 9 dunia ini disatukan oleh Ygdrassil yaitu Tree of Life.

Kayak gini deh kurang lebih si Tree of Life ini.

Yak demikian sekilas info. Semoga berguna. Tentang Ragnarok nanti aja yess. Biar bisa jadi 3 artikel gitu ceritanya.

Other Post