MBDC Travel: Leeds - Transportasi & Akomodasi

Kemaren kan kamu udah baca artikel MBDC tentang cara pergi ke Inggris. Pastinya kamu bertanya-tanya, emang MBDC ngapain sih ke sana? Mau jalan-jalan? Atau mau menguak konspirasi teori dibalik London Olympics 2012? Sebenernya MBDC ceritanya mau menimba ilmu di sana. Bukan MBDC sih, cuma si @gsidharta doang.

Nah karena mumpung lagi di Inggris, sekalian deh MBDC bikin tentang artikel travel sekitaran Inggris, yang dimulai dengan kota tempat si @gsidharta kuliah, yaitu Leeds. Kedepannya mudah-mudahan bakal banyak kota-kota lain yang bisa di bahas disini. Tinggal masalah waktu aja sih. Sama biaya jalan-jalannya. #kode

Sekilas Tentang Leeds 

Leeds itu adanya di utara negara Britania Raya. Tapi kalo ngitung UK semuanya (Scotland, Wales dan Northern Ireland dimasukin), ini masih ditengah-tengah sih. Dari Manchester naik kereta sekitar 1-1,5 jam. Kalo dari London sekitar 3 jam. Kata wikipedia, Leeds ini adalah salah satu kota terbesar di Inggris dan merupakan financial district terbesar kedua setelah London.

Terus Leeds punya reputasi sebagai "Party Town", karena populasi mahasiswanya yang banyak, dan karenanya banyak banget Club dan Pub disini. Di kampusnya University of Leeds aja ada Club sama Bar-nya. Tapi biarpun begitu, University of Leeds tetap merupakan salah satu universitas unggulan di ranah Inggris, dan banyak orang Indonesia yang belajar disini (promosi dikit -red). Kalo kamu ke city centre tengah malem, pemandangan yang bisa kamu liat adalah bule-bule dengan pakaian minim yang mau ke club. Padahal suhunya dingin banget lho, dan keliatan kalo mereka juga kedinginan. Tapi mereka cuek aja gitu, yang penting gaya kayaknya.

Hmm.. Apalagi ya. Oh kalo kamu suka sepak bola Inggris, Leeds merupakan kandangnya Leeds United FC, salah satu tim bola paling gede dan legendaris di Inggris... Sayangnya, LUFC saat ini sedang mengalami masa-masa sulit, dan harus bertanding di divisi 2 yang namanya NPower Championship. Masa-masa kejayaan mereka adalah taun 60-70an, ketika dipimpin oleh Don Revie.

Transport 

via Udara

Kalo kamu mau ke Leeds, aksesnya banyak. Disini ada Bradford International Airport. Dan Bradford sama Leeds itu deket banget, kira-kira kayak Jakarta Depok gitu deh, dan disini ga pake macet-macetan, jadi dari airport ke pusat kota Leeds, naik mobil harusnya sih gak sampe setengah jam.

Tapi, direct flight ke Bradford International Airport dari Indonesia itu sayangnya gak ada. Kemaren pas MBDC nyari tiket, katanya musti lewat Amsterdam atau Glasgow dulu. Dan kalo pilih opsi itu, waktu terbang+transit bisa makan 20 jam lebih. Daripada pantat MBDC makin tepos duduk di pesawat kelamaan, MBDC pun memilih untuk menggunakan jalan...

via Darat

Gak sih, gak jalan kaki juga ke sini. Dari Indonesia, flight ke Inggris itu ada 2, menuju London atau Manchester. Nah berhubung dari Manchester lebih deket dan di Manchester International Airport ada stasiun keretanya, MBDC pun memilih turun di Manchester dan langsung sambung naik kereta, yang harganya sekitar 20 Pound kalo belinya On The Spot. Kalo belinya mesen dulu, bisa dapet lebih murah.

Keretanya kayak gini nih:

Kalo kamu turunnya di London, agak repot nih. Pesawat dari Indonesia kan mendaratnya di Heathrow atau Gatwick. Nah dari situ kamu musti ke King's Cross Station dulu kalo mau naik kereta. Kalo bawaan kamu dikit, mungkin kamu bisa nekat naik Underground (kereta bawah tanah) atau Bus. Tapi kalo bawaan kamu banyak, mau gak mau musti naik taksi kan. Dan taksi di London itu mahal banget. Temen MBDC yang turunnya di Heathrow kemaren katanya abis sekitar 70 Pound buat ke King's Cross. Kaliin aja itu sama Rp 15.000

Kalo mau yang murah, bisa naik bus. Bus antar kota di UK lengkap dan jauh lebih murah daripada kalo naik kereta. Tapi ya makan waktu lebih lama. MBDC belom pernah nyobain sih, nanti deh kalo udah, dijadiin artikel.

Transport Dalam Kota

Buat transport dalam kota, pilihannya adalah jalan kaki, naik transportasi umum, atau naik taksi.

Leeds kotanya gak gede-gede amat sih, dan kotanya enak buat jalan kaki biarpun banyak tanjakan dan turunan. Dan di City Centre, segala macem tempat shopping udah lengkap disitu semua, jadi kamu bisa explore semuanya dengan jalan kaki.

Kalo kamu mau keliling kotanya lebih jauh lagi, pilihannya adalah naik Bus. Disini busnya ada 2 macem, bus biasa dan Leeds City Bus. Leeds City Bus itu semacam Busway disini. Trayek busnya adalah ngelilingin bagian-bagian penting dari Leeds, seperti City Centre, Train Station, Bus Station, rumah sakit dan kampus-kampus secara satu arah. Dulu sebenernya bus ini gratis. Tapi sekarang entah kenapa kalo mau naik musti bayar 50pence atau 1/2 Pound. Lumayan sih harga segitu bisa muter-muter kota sepuasnya.

Nah kalo bus biasa, ya seperti bus-bus pada umumnya lah. Mereka punya trayek masing-masing dan berhenti di halte sesuai dengan trayeknya.  Kalo mau naik bus disini, kamu bisa bayar per naik, atau pake tiket langganan. Tiket langganannya ada yang harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Terus ada potongan-potongan harga lagi kalo kamu warga senior, anak kecil, atau anak sekolahan.

Kalo kamu mau naik bus disini, gak ada keneknya lho, jadi kamu jangan nyariin. Pas kamu naik, bilang sama supirnya kamu mau turun dimana, dan bayar tiketnya pas itu juga. Atau kamu tunjukin tiket langganan kamu. Dan pas mau turun, kamu gak perlu ngetok-ngetok atap ato teriak minta turun, ada tombol khususnya yang bisa kamu pencet buat ngasi tau si supirnya kamu mau turun di halte terdekat.

Tapi inget, busnya cuma bakal berenti di halte sesuai trayeknya lho. Kalo kamu pencet stop di tengah jalan ya gak bakal berenti juga dia.

Akomodasi 

Beberapa hari awal disini, MBDC sempet nginep di Hotel Ibis. Lah katanya mau kuliah, kok nginepnya di hotel? Eits, tunggu dulu. Ceritanya pas si @gsidharta nyampe Leeds, tempat kos-kosannya dia belom bisa dimasukin soalnya penghuni lamanya belom keluar. Jadi tinggal dululah dia di hotel.

Hotel Ibis ini lumayan sih. Sebagai budget hotel, fasilitasnya lumayan lengkap. Tapi kalo mau nambah macem-macem, ya bayar lagi. Misalnya mau nambah channel TV atau pake wifi di kamar, nambah bayarannya. Rate per malemnya waktu MBDC masuk sekitar 50 Pound per malam (sekitar Rp. 750,000...budget apaan ini mah mahal - red). Tapi karena MBDC booking online dan dapet promo, dapet deh sekitar 30 Pound per malam. Lumayan. (Sekitar Rp. 450,000...masih mahal sih. - red)

Kamar hotelnya kayak gini. Maaf berantakan, baru inget mau foto pas udah mau check out.

Kalo soal lokasi, Hotel Ibis ini cukup asik kok buat explore kota Leeds. Jaraknya sekitar 3 menit naik taksi dari stasiun kereta, 10-15 menit jalan ke City Centre, dan deket hotelnya banyak restoran-restoran take out yang beraneka ragam, dari chinese food, indian food sampe fastfood macem burger dan pizza, yang harganya berkisar antara 2-10 Pound.

Pemandangan dari kamar hotel

Nah sekian dulu bagian pertama dari MBDC Travel Leeds. Selanjutnya kita bakal ngebahas tentang... Kasi tau gak yaaa... Gak usah deh, biarkan saja jadi misteri, biar kamu sering-sering buka MBDC.