Liputan Jakarta Blues Festival 2012

Jakarta Blues Festival 2012

Djarum Super Jakarta Blues Festival 2012 yang diadain Sabtu kemarin (13/10) di Stadion Tenis Indoor Senayan merupakan festival Blues tahunan yang digelar sama Inablues sejak tahun 2009. Meskipun mengusung nama  blues, para performer yang tampil gak dilimitasi dengan musik yang ber-genre Blues aja, tetapi juga banyak genre musik lain kok. Dengan varian musik yang macem-macem ini, pihak panitia nyediain 3 outdoor stage dan 1 indoor stage dimana masing-masing stage punya corak masing-masing berdasarkan jenis musik yang dimainin sama para musisi diatas panggung tersebut:

  • Blues Indoor Stage, dengan tema The True Color of Blues, menampilkan:  Endah N Resa, Jakarta Broadway Team, Bill Sims Jr, Jemima, Orsoen, Ginda and The White Flowers, NAIF, dan Davy Knowles.
  • Red Stage, dengan tema The Variations of Blues, menampilkan: The S.I.G.I.T, Jakarta Blues Connection, Three Little Birds Trio, The Brandals, Ina Blues All Star, Baim Trio, Jan Akkerman, Gugun Blues Shelter, dan Kotak.
  • White Stage, dengan tema The Hope Blues, menampilkan: Jazz Blues Funky, Electric Cadillac, Dis & That, Balawan & Friends, Bleu Rascals, John Paul Ivan & Krisna Dharmawan, Trias Acustica, Stereocase, Free On Saturday, Guy Davis, dan Baron with Violet Jessica.
  • Green Stage, dengan tema The Most Eclectic Blues Musician, menampilkan: Break Time Blues, The Tree & The Wild, The Experience Brothers, Blotymama, TOR, Adrian Adioetomo, Andre Harihandoyo and Sonic People, dan open jam session.

Acara ini berlangsung dari jam 11 siang sampai jam 12 malem. Jadi bisa bikin kamu bener-bener puas seharian penuh. Kehadiran musisi-musisi di luar blues kayak Kotak atau Naif, juga pecah banget panggungnya!

Sayangnya, venue yang gak gede-gede banget itu lumayan jadi kendala yang bikin  terdengar adu suara antara Red Stage dengan White Stage karena letaknya yang berdekatan. Terlebih lagi karena adanya acara musik lain di lokasi sebelah kiri White Stage. Keluhan ini sempet diutarakan sama musisi Jan Akkerman di atas panggung. Tapi walaupun begitu, penonton pada semangat-semangat aja sih.

Satu hal lagi yang menarik di acara ini adalah adanya Open Jam Session yang berlangsung tengah malam di Green Stage. Pada sesi ini, semua orang bisa naik panggung mengisi posisi instrumen yang tersedia dan jamming bareng dengan host Resa (Endah N Resa) dan Warman Nasution (TOR). Jadi lagu-lagu yang dimainin bukanlah hasil latihan di studio berhari-hari, tapi hasil spontan dari pemainnya saat itu juga sehingga suasana panggung diselimuti oleh semangat blues yang dipenuhi dengan nada-nada improvisasi. Mudah-mudahan porsi waktu sesi ini dapat bertambah di tahun depan, seru banget soalnya. Ngerti kan? Ngerti lah pasti. Kan kamu udah gede.

Adrian Adioetomo Jamming Sambil Makan PizzaAdrian Adioetomo Jamming Sambil Makan Pizza

Kalau kamu gak sempat datang ke Jakarta Blues Festival, kamu masih bisa lihat dan denger lagu-lagu dari beberapa artis yang manggung disana lho. Ayo coba simak penampilan live dari Endah N Resa, TOR, dan Free On Saturday di dalam video-video Sunset On A Rooftop. Kece!!

Sebenernya kamu dateng gak sih? Kan MBDC udah bagi-bagiin tiket gratisnya kemaren. Gimana sih. Ya udah, gak apa-apa deh. Liat foto aja deh.

FOS di Jakarta Blues Festival 2012