Hal-hal yang Perlu Kamu Persiapkan Kalau Kamu Mau Mulai Ngekost

Dalam ihwal hidup seorang anak manusia, ada yang namanya tahapan-tahapan dalam hidup. Yang sering disebut-sebut ialah seputar lahir, sekolah, kerja, kawin, punya anak, kemudian metong. Ada sesuatu yang terlewat di situ. Tahapan hidup yang satu ini memang jarang disebut-sebut karena tidak semua orang mengalaminya, namun percayalah, tahapan hidup yang satu ini sungguh tidak kalah pentingnya.

Apakah yang sedang MBDC bicarakan ini sampai-sampai membuat pikiran dan jiwa melayang-layang dalam buaian kontemplasi filosofis? Sungguh gampang. Baca aja judul artikel ini deh, udah langsung ketahuan. MBDC akan membicarakan seputar dunia ngekost. Menurut hemat kami, ini adalah salah satu tahapan hidup yang cukup penting dijalani oleh anak manusia. Ini karena, pada saat inilah kamu mulai secara sah dan meyakinkan meninggalkan rumah orangtuamu berikut fasilitasnya, dan mencoba hidup sendiri.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan kalau kamu mau mulai ngekost. Berikut MBDC beberkan, agar kamu tidak hilang arah bagai anak itik kehilangan induknya.

Mental

Tidak, yang kami maksudkan di sini bukanlah sesuatu yang terjadi pada hatimu di saat cintamu bertepuk sebelah tangan. Mental di sini dibaca dengan huruf ‘e’ pada rental dan bukan ‘e’ pada sendal. Ketika kamu hendak ngekost, mental kamu harus sudah seperlunya siap. Ingat, tidak ada lagi yang namanya teriak-teriak minta bikinin indomie sama si mbak di rumah,apalagi ngacir ke kamar nyokap kamu setiap kali kamu kebangun di tengah malem gara-gara mimpi dikejar genderuwo. Dengan kata lain, sebelum kamu mulai ngekost, kamu sudah harus bisa menghilangkan mental kamu yang sering menggantungkan diri pada orang lain, dan mulai belajar mandiri. Cie cie.

Tempat Kost

Sudah jelas. Kamu gak akan bisa ngekost kalau belum punya tempat kost. Ya iyalah, masa mau tinggal di kolong jembatan, bro? Anti kemapanan banget, bro kalau gitu caranya. Hipster ya kamu mau sok-sok beda sendiri kayak gitu? Ngaku aja deh.

Celengan

Meski bukan merupakan barang yang umum dimiliki oleh anak kost, pada kenyataannya celengan adalah salah satu hal yang cukup penting untuk kamu persiapkan. Kehidupan jadi anak kost itu cukup keras. Kalau gak bisa pinter-pinter ngatur jatah bulanan, yang ada tiap akhir bulan kamu cuma bisa makan sukro dicocol sambel. Itu kasihan banget loh. Gih beli celengan, belajar nabung kalau ada duit jajan lebih.

Peralatan Makan

Bukan artinya kamu harus mempersiapkan dining set lengkap, ini kamu mau ngekost, bukan mau berumah tangga. Minimal kamu siapin gelas atau mug, piring barang sebiji dua biji, dan mangkok (kalau bisa yang terbuat dari plastik atau melamin, biar gak gampang pecah kalau tiba-tiba kamu lagi drama sendirian di kost-kostan. Percayalah hal itu bakal cukup sering terjadi). Jangan lupa bawa sendok, garpu dan pisau, buat motong-motong buah kalau lagi ada rezeki lebih. Pemanas air elektronik juga boleh dibawa, lumayan supaya bisa ngopi kalau harus begadang semalaman ngerjain tugas kuliah, atau ngejar deadline dari kantor.

Kadang ada juga yang niat bawa kompor listrik mini. Saran MBDC sih, gak usah. Ribet. Kayak kamu bakal masak tiap hari aja.

Peralatan Bebersih

Kalau kamu beruntung (dan cukup tajir), kamu bisa dapet kost-kostan yang kamarnya sekalian dibersihin gitu. Nah kalau kamu anaknya jetset gitu, malahan kamu bisa dapet kost-kostan yang langsung diservis sama inem pelayan seksi. Tapi seringnya sih, yang namanya kostan ya kamu mesti ngebersihin segala sesuatu sendiri. Jadi jangan lupa nyiapin segala peralatan bebersih seperti sapu, pel, ember, sponge buat cuci piring, sabun cuci, kemoceng, dan teman-temannya. Ingat, orang yang jorok biasanya jauh jodoh.

Laundry bag/laundry basket

Kadang kamu gak sempet (atau males) nyuci baju di tempat kost-kostan. Maka ini jadi salah satu hal yang penting untuk kamu persiapkan. Laundry bag atau laundry basket ini fungsinya untuk menampung (sekaligus mengangkut) baju-baju kamu untuk di bawa ke tempat laundry kiloan. Atau saat sebulan sekali kamu pulang ke rumah dan bawa baju kotor buat dicuci gratisan di rumah. Sudah tradisi!

Mie Instant

Ada kalanya nasi padang adalah suatu kemewahan tak terkira bagi anak kost-kostan. Jangankan nasi padang, nasi warteg juga kadang-kadang nggak kebeli. Inilah pentingnya kamu nyetok mie instant di kost-kostan kamu. Untuk digunakan dalam keadaan genting. Mie instant ini umumnya bisa kamu masak di dapur komunal yang suka ada di tempat-tempat kostan, atau dengan survivor style banget, pake pemanas elektronik. Gak masalah. Yang penting hari itu kamu gak mati kelaparan. Penting juga untuk menyetok mie instan di tempat yang cukup tersembunyi karena berdasarkan pengalaman, dalam kehidupan kost-kostan, mie instan lebih sering dicolong daripada sendal!

Pacar

Penting banget dipersiapkan kalau kamu memutuskan untuk mulai ngekost. Ngekost tapi gak punya pacar itu bagaikan sayur tanpa msg. Hambar! Kalau yang biasanya pas masih tinggal di rumah kamu harus selalu bawa martabak setiap kali mau ngapel ke rumah pacar, sekarang tinggal kamu undang aja si pacar ke kost-kostan kamu. Seru-seru gimana gitu. Tapi lihat-lihat dulu kostannya kayak gimana ya, jangan coba-coba menyelundupkan sesuatu yang memang tidak bisa diselundupkan. Diarak massa tanggungannya!

Ada yang punya ide lain seputar hal-hal yang perlu dipersiapkan kalau kamu mau mulai ngekost? Sok atuh bagi-bagi di komen. Atau kamu punya pengalaman sendiri seputar ngekost pertama kali? Apahh? Kamu pernah diarak massa? *tepuk pundak* yah gapapa bro, namanya juga pengalaman hidup. Ya gak?