Hal-Hal Umum yang Ada Dalam Legenda Urban

Tau dong ya istilah urban legend? Biasanya sih tentang misteri, horor, ketakutan dan hal-hal seperti itu. Hampir setiap kota dan daerah punya legenda urbannya sendiri. Tapi kalau diliat-liat, hampir semuanya memiliki kesamaan seperti ini,

Rumah Kosong Berhantu

Anak Jakarta sih pasti familiar sama rumah kentang dan juga rumah Pondok Indah, yang hampir selalu kosong karena katanya setiap kali ada yang menghuni mereka akan mati dengan misterius. Rumah tersebut juga dikatakan berbau sesuatu yang menyengat apabila ada yang melintas di depannya, dan yang paling heboh adalah menghilangnya tukang nasi goreng yang lagi mangkal di depan situ. Bedeh. Pola tersebut hampir sama di berbagai daerah. Tinggal diganti-ganti aja, siapa yang hilang, baunya apa dan siapa penghuni terakhir yang meninggal disitu. Beberapa orang yang skeptis mah menganggap itu cuma akal-akalan warga setempat, bank, perusahaan properti atau siapalah yang pengen menjatuhkan harga rumah tersebut.

Penampakan di Pinggir Jalan

Ini juga lumayan banyak terdengar. Biasanya penampakan cewek berbaju putih, rambut panjang, ngambang dan isi perutnya keluar (bukan lagi beol lho tapi - red). Terus kalau kita liat dan noleh atau ngecek ke spion, tau-tau dia udah duduk di samping atau di belakang kita. Hiii. Tapi lagi-lagi menurut orang skeptis, wanita jadi-jadian yang sering nampak sekelebat di pinggir jalan-jalan tertentu itu adalah banci yang lagi mangkal. Terus kalau tiba-tiba dia udah ada di samping kamu, mungkin karena kamu tanpa sadar berhenti dan ngangkut dia. Hmmm.

Bunderan ke Dunia Lain

Katanya kalau kamu muterin bunderan di perempatan jalan sampai beberapa kali (biasanya sih bilangan prima) kamu bakal masuk ke dunia lain, dunia pararel, dunia para peri dan lelembut. Kamu gak bakalan bisa balik lagi ke dunia yang sekarang. Ya mungkin juga karena kamu pusing muter-muter terus jadi gak fokus nyetirnya, terus nabrak, terus mati.

Penunggu di Toilet Umum

Entah kenapa toilet umum itu sering kali dikabarkan berhantu. Paling sering itu toilet di sekolah dan rumah sakit. Hantu yang paling sering muncul dalam toilet adalah arwah penasaran yang meninggal bunuh diri disitu, ada yang bisa dipanggil dengan menyebut namanya tiga kali sambil menghadap kaca, ada yang cuma kedengeran suara nangisnya aja di waktu-waktu tertentu, ada yang suka iseng ngunciin dari luar terus menampakan diri, macem-macem deh. Jadinya orang males lama-lama di toilet umum, lagian ngapain juga lama-lama.

Surat Berantai Berdarah

Waktu SD mainan beginian nih, lumayan bikin deg-degan kalo dapet. Katanya kalau gak segera dikirimkan ke 10 orang lain maka yang terakhir nerima bakalan mati mengenaskan. Variasinya banyak, ada yang surat, ada juga yang benda-benda tertentu. Misalnya foto, video, lukisan, dsb. Pokoknya kalo kedapetan harus segera diteruskan ke orang lain dalam jangka waktu tertentu, atau yaitu tadi, mati mengenaskan. Entah konspirasi apa yang ada di belakang isu ini, mungkin aja cuma strategi marketing dan promo perangko dan kertas surat.

Ada lagi gak sih legenda-legenda urban yang pasaran banget? Boleh lho dishare di comments.