Fase Perjalanan Hidup Kamu & Cara Menghadapinya

Hidup ini adalah sebuah perjalanan yang sangat panjang dan luar biasa. Asik. Menurut hemat MBDC, perjalanan hidup kamu ini akan terbagi menjadi 4 fase. Semuanya memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, namun semuanya harus dilewati. Kenapa? Karena itulah hidup, anak muda. Berikut ini adalah fase perjalanan hidup kamu & cara menghadapinya.

Fase 1: Fase Diurusin Orang Tua

Nah, pada umumnya sih ini adalah fase kamu sekarang ya. Mungkin kamu ngerasa udah gede, bisa mandi sendiri, dan sebagainya. Tapi uang sekolah masih dibayarin mama kan? Masih dapet uang jajan dari mama kan? Ntar pas kuliah juga harus pake persetujuan mama kan? Nah itu namanya masih diurusin orang tua. Tapi kamu gak perlu malu sama sekali sih. Kamu harus bersyukur bahwa kamu memiliki orang tua yang masih bisa ngurusin kamu.

Selain itu, sebenernya fase ini adalah fase yang paling nikmat. Kenapa? Soalnya apa-apa juga kamu masih dibayarin sama orang tua kamu. Percaya deh, ini nikmat banget lho. Kamu akan sangat merindukan ini ketika kamu sudah sampe di fase 2 nanti.

Cara Menghadapinya: Ya jalanin ajalah. Gak susah sih harusnya. Jangan bikin orang tua kamu terlalu susah, intinya gitu aja sih. Kalo bisa bikin mereka bangga gitu. Kalo bisa.

Fase 2: Fase Ngurusin Diri Sendiri

Nah, ini mungkin fase yang ingin segera kamu capai. Punya duit sendiri, bisa beli apa-apa sendiri, gak ada yang marahin. Bebas! Fase ini emang enak sih. Apalagi kalo pendapatan kamu lumayan gede. Tapi ya yang namanya ngurusin diri sendiri ini juga banyak gak enaknya. Yang paling gak enak adalah karena sekarang apa-apa kamu harus urus sendiri. Ke dokter bayar sendiri. Beli celana dalem harus beli sendiri. Beli alat mandi juga harus beli sendiri. Di fase inilah kamu akan menyadari betapa banyak uang yang harus kamu keluarin buat hal-hal gak penting yang selama ini kamu pake tanpa mikir.

Cara Menghadapinya: Jangan kalap. Karena kalo kamu udah bokek di awal bulan...hidup kamu akan berakhir. Yah, gak segitunya juga sih. Kamu bisa ngutang sih. Tapi moso kamu mau ngutang tiap bulan? Inget, di fase ini kamu udah mulai harus nabung buat masa depan lho.

Fase 3: Fase Ngurusin Orang Lain

Ini adalah fase dimana kamu sudah menikah dan mungkin sudah punya anak. Di fase ini, kamu udah harus mulai suami/istri dan anak kamu. Di sini kamu udah gak bisa terlalu banyak seneng-seneng seperti fase kedua sih. Karena sekarang kamu harus membagi uang kamu dengan suami/istri dan tentunya anak kamu. Ya boleh aja sih kalo kamu masih lebih pengen seneng-seneng...paling kamu dicap sebagai suami/istri/orang tua yang tidak bertanggung jawab.

Cara Menghadapinya: Ya tanggung jawab aja sih. Harus banget bisa ngalah sih. Gak lucu juga kalo kamu gak mau beliin anak kamu susu cuma karena kamu pengen beli game.

Fase 4: Fase Diurusin Orang Lain

Nah ini. Penghujung fase hidup kamu. Pada dasarnya gak semua orang akan mengalami ini sih. Banyak juga yang udah lewat sebelum sampe harus diurusin orang lain. Pada dasarnya ini adalah sebuah fase dimana kamu sudah sangat tua dan kesulitan untuk ngurusin diri kamu sendiri, sehingga harus diurusin oleh orang lain. Ya gitu deh.

Cara Menghadapinya: Hmmm. Temen-temen deket MBDC  belum ada yang sampe fase ini sih. Tapi saran MBDC sih, kamu baik-baik aja sama orang-orang sekitar kamu, mulai dari fase 1 sampe fase 3. Eh terutama di fase 3 sih. Supaya anak kamu ntar mau ngurusin kamu.

Ya kurang lebih begitulah. Intinya sih jalanin aja hidup kamu sebaik mungkin ajalah. Ngomong-ngomong masalah kamu di fase yang sekarang lagi kamu jalani itu apa sih? Kasih tau MBDC via Twitter dong! Mention @malesbanget dengan hashtag #MasalahHidupAku.

As seen on: Provoke! Magazine