Cara Pergi ke Inggris

Pada suatu hari kamu memutuskan untuk jalan-jalan ke luar negeri. Lalu karena kamu kemaren kagum banget sama Olimpiade di London, kamu pun memutuskan untuk pergi ke negeri Inggris. Tapi kamu bingung, gimana caranya? Disana pada ngomong pake bahasa apa? Naik apa kesananya? Sejuta pertanyaan pun muncul di kepala kamu.

Tapi jangan takut! MBDC punya jawaban dari kegalauan kamu. Hari ini kita bakal ngasi tau kamu caranya pergi ke Inggris. Prosesnya gampang-gampang susah gitu sih, mirip sama kayak cara pergi ke Singapura atau ke Jepang.

1. Siapkan Uang

Gak ada hal yang gratis di dunia ini. Buat pergi ke Inggris pun, kamu perlu uang. Buat apa? Ya macem-macem. Buat beli tiket pesawat. Buat bikin visa. Buat bayar penginapan. Buat jajan disana. Dan seperti di negara-negara lainnya, Rupiah kamu gak ada harganya disana. Jadi kamu perlu nukerin rupiah kamu ke duitnya orang Inggris yang namanya Poundsterling.

Siapin duitnya seberapa, MBDC? Ya sebanyak-banyaknya lah! Urusan kamu bisa makan atau nanti anak kamu mau disekolahin dimana, itu urusan nanti lah. Banyak jalan menuju Roma.

2. Booking Tiket Pesawat dan Tempat Menginap

Kalo duitnya udah siap, kamu perlu booking tiket pesawat kamu. Tentuin tuh kamu kapan mau ke Inggrisnya. Dan naik pesawat apa. Tapi jangan di-issue dulu tiketnya, booking aja. Dan buat hotel, sebaiknya kamu booking yang duitnya bisa dibalikin kalo kamu cancel. Kenapa? Kita akan jelasin di langkah selanjutnya.

3. Visa

Nah ini yang agak-agak ribet. Buat orang Indonesia, masuk ke Inggris perlu visa dulu, gak bisa kayak orang EU atau Amerika yang bisa nyelonong masuk seenaknya. Kalo buat ngurus visa Inggris, kamu bisa lewat travel agent atau dateng sendiri ke Plaza Abda, yang ada di seberang FX.

Apa aja yang perlu kamu bawa? Lumayan banyak sih sebenernya. MBDC juga rada lupa kemaren apa aja yang dibawa. Yang jelas kamu musti ngasi liat booking-an tiket dan tempat tinggal kamu selama disana. Buat lebih jelasnya kamu liat disini aja.

Abis kamu ngurus visa, kamu musti nunggu dulu sampe visanya keluar. Dan ini rada hoki-hokian. Menurut British Embassy-nya sih bikin visa itu kira-kira 3 minggu. Tapi kadang bisa lebih, kadang juga bisa kurang dari itu. Nah setelah visa keluar, baru deh kamu bisa issue tiket pesawat kamu.

4. Pergi!

Yang ini udah tau lah ya, kan kita udah pernah ngasi tau gimana caranya naik pesawat. Kamu musti dateng 2-3 jam sebelom waktu berangkat, musti check-in, imigrasi, pemeriksaan bawaan, terus baru naik pesawatnya.

Di pesawatnya kayak gini nih, waktu itu MBDC naik Emirates:

Keren nih in flight entertainment-nya. Pilihannya banyak banget. Tapi ternyata itu bukan touchscreen, buat ngendaliinnya pake ginian:

Controllernya bisa buat in flight entertainment, kursi, lampu dan lain-lainnya. Kece deh.

Delapan Jam Kemudian...

Pesawatnya mendarat, MBDC pun turun. Tapi kok!

Kok malah Dubai?! Kan maunya ke Inggris! Waduh waduh jangan-jangan salah naek pesawat nih. Mana gak bisa bahasa arab juga, gimana nih?!

Jangan bingung. Emang gitu kalo mau ke Inggris. Karena perjalanannya jauh, biasanya transit dulu. Karena MBDC naik Emirates, transitnya di Dubai. Kalo kamu naik Qatar, transit di Doha. Terus Singapore Airlines transit di Singapur, Cathay Pasific transit di Hong Kong. Beda pesawat beda transitnya dimana.

5. Transit

Pas transit, kalo kamu belom punya boarding pass buat pesawat yang selanjutnya, berarti kamu perlu check-in lagi. Jadi MBDC saranin sih kamu check-in sekaligus pas di Cengkareng, biar pas di Dubai gak usah ngantri-ngantri lagi.

Terus kalo urusan boarding pass udah beres, hal selanjutnya yang kamu perlu tahu adalah dimana gate yang perlu kamu datangi buat naik pesawat selanjutnya. Kalo kamu transitnya 1 jam doang, kamu perlu buru-buru tuh, soalnya pasti udah boarding pesawatnya. Tapi kalo kamu transitnya 2-3 jam lebih, santai aja, main-main aja dulu di airport-nya, asal jangan lupa waktu dan ketinggalan pesawat.

Transit di Dubai lumayan juga, airport-nya gede dan banyak restoran dan toko-toko yang bisa dikunjungi.

Liat tuh ada berapa banyak toko. Soekarno-Hatta mah lewat.

6. Naik Pesawat Lagi

Sekarang baru nih pesawatnya terbang menuju Inggris.

Delapan Jam Kemudian...

Sampe deh di Inggris!

Karena kamu bukan orang UK/EU, kamu musti ngisi beginian di imigrasi:

Terus nanti kamu bakal ditanya-tanyain sama petugasnya, mau ngapain di negara mereka, tinggal dimana, berapa lama gitu-gitu. Dan mereka nanya pake bahasa Inggris lho. Jadi kamu juga musti jawab pake bahasa Inggris, soalnya mereka gak ngerti bahasa Indonesia.

Pas kelar urusan imigrasi, kamu bisa ambil bagasi kamu, dan kalo mau pake troli, kamu perlu koin 1 Poundsterling. Pasti kamu udah siapin kan, karena tadi MBDC udah kasi tau kalo rupiah kamu gak laku di Inggris. Kalo kamu kasih koin Rp. 1000 gitu sih bakal dibuang sama orang sana.

Sampe deh di Inggris! Selamat bersenang-senang!