Cara Menjadi Seorang Bro Sejati

Mungkin kamu sering mendengar istilah Bro Code; sebuah panduan bagaimana seharusnya bersikap dalam pergaulan sehari-hari dengan sesama pria. Berikut ini MBDC akan berusaha untuk memberikan tutorial, mengenai bagaimana caranya untuk menjadi seorang BRO sejati. Perhatikan situasi-situasi seperti diilustrasikan seperti di bawah ini:

Situasi 1

Temen kamu ngajakin nonton trilogi original Star Wars yang dirilis ulang dalam bentuk 3D, atau nonton premiernya Star Trek Into Darkness (ceritanya udah 2013).

NO : Hah? Gak ah, gak doyan pelem ngayal kayak gitu.

YES : Langsung menghunus lightsaber sambil “Bzzzzzing”, atau ngasih salam, “Live long and prosper!"

WHY : Menyukai paling tidak salah satu dari dua karya legenda tersebut yang telah menjadi panduan hidup para bro selama beberapa dekade terakhir. Tapi serius deh, kalo kamu sama sekali gak suka dua pelem diatas...Ya mungkin kamu emang bukan bro aja sih.

Situasi 2

Kamu ngegepin sobat kamu lagi nangis. Tiba-tiba aja gituh. Kamu sama sekali gak tau kenapa dia nangis.

NO : Meluk dia dan ikutan nangis juga.

YES : Tepukan di bahu dan duduk diam aja di sebelah dia. Gak usah komen apa-apa.

WHY : Karena bakalan sangat canggung kalau kamu berdua tangis-tangisan kejer. Inget, situasinya adalah kamu gak tau kenapa dia nangis. Kecuali kamu dan dia punya alasan yang sama dan sangat kuat untuk nangis bareng. Tapi kalau gak, jangan nekat. Bro yang baik juga tidak akan membahas kenapa bro lainnya sampai bisa menangis, sampai bro tersebut membeberkan sendiri alasannya. Ok bro?

Situasi 3 

Kamu dikenalin ke pacar baru temen kamu yang cantik banget demi apapun di dunia ini. Teteknya juga gede.

NO : Merencanakan bagaimana cara merebutnya.

YES : Tersenyum dan menyapa dengan sopan dan berusaha untuk tidak memperhatikan belahan dadanya.

WHY : Adalah common sense, apabila seorang bro dikenalkan dengan pacar baru bro lainnya, itu adalah untuk menegaskan teritorial dalam artian, bro ini cewek gue bro, jangan digebet ya. Alasan lainnya adalah untuk bantu ngejagain, jadi kalau misalnya ketemu cewek ini lagi sendirian di jalan, mobilnya lagi rusak, atau mengalami kesulitan lain, maka para bro lainnya akan langsung membantu.

Situasi 4

Kamu sedang melakukan suatu kegiatan yang bersifat kompetisi kecil-kecilan dengan teman kamu. Misalnya lagi main catur, atau lagi berusaha menyalakan api unggun, atau apalah yang menunjukan kekuatan dan ketangkasan lagipula kecerdasan. Kebetulan ada gebetan teman kamu juga disitu.

NO : Menjatuhkan teman kamu dan membuat dia terlihat lemah dan bodoh di depan gebetannya, terus diledek-ledekin.

YES : Mengalah dan membantu teman kamu terlihat tangkas, cerdas dan rupawan di depan gebetannya.

WHY : Karena kalau terjadi sebaliknya kamu juga pengen bro kamu melakukan hal tersebut kan. Kecuali masing-masing lagi ada gebetannya. Nah baru deh tuh silakan alpha male. Jambak-jambakan.

Situasi 5

Temen kamu gak nongol di acara janjian nongkrong, dan gak bisa dihubungi selama itu. Dia baru nongol beberapa hari kemudian. Cengar cengir.

NO : Ngambek dan nyuekin dia, gak mau diajak ngobrol.

YES : Biasa aja kayak gak terjadi apa-apa.

WHY : Ya gak perlu pake alasan sih. Masak iya kamu mau ngambekin bro kamu? Pacaran apa gimana?

Demikianlah, nanti kapan-kapan kita tambahin lagi. Atau silakan kamu tambahin sendiri.