Cara-cara Cari Duit Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Dulu MBDC berencana untuk menyimpan ide-ide bisnis ini untuk MBDC sendiri. Cuma setelah dipikir pikir lagi, MBDC kan udah kaya nih sekarang, duit udah banyak banget gitu deh. Jadi ya, MBDC kasih aja deh ide-ide ini ke kalian yang pastinya duitnya pas-pasan gitu. Selamat cari uang!

1. Jual Kaos Angkatan

Ini standard banget, tapi bisnis ini emang yang paling gampang dan paling menguntungkan. Cukup dengan modal design pas-pasan, asal kasih tulisan nama sekolah/kampus kamu aja yang gede gitu, pasti temen-temen kamu tergerak jiwanya untuk memesan baju buatan kamu. Nah, harganya dibikin dua kali lipat dengan ongkos pembuatan kaos itu sendiri. Kamu bisa menambah jumlah pesanan dengan sedikit menggunakan kekerasan seperti memaksa adik kelas atau adik angkatan untuk membeli baju kamu. Ancam aja gitu, pasti pada nurut kok. Percayalah, premanisme itu legal di Indonesia!

2. Jadi Makelar

Yang ini lebih ribet dari jualan kaos, menyita waktu lebih banyak juga. Misalnya nih kamu tau temen kamu ada yang mau beli motor atau mobil gitu, langsung kamu sambet aja: “EH! Mending beli yang second hand aja! Lebih murah! Nanti gue bantuin cari mobil/motornya yang bagus, gue tau carinya di mana!” nah kalau kamu sudah berhasil meyakinkan teman kamu, tinggal kamu cari orang yang mau jual motor atau mobil, kamu tawar semurah-murahnya terus kamu kasih selisih harga deh waktu jual ke temen kamu. Tapi jangan sampai ketawan sama temen kamu yang mau beli motor/mobil ini ya!

3. Jasa Pijet

Makin ke sini, makin banyak sekolah/kampus yang rutin bikin acara. Entah pentas seni, teater, atau apapun bentuknya. Biasanya kan ada kesempatan buat kamu daftar jadi panitia gitu kan, nah, JANGAN daftar. Jadi panitia acara sekolah/kampus itu (biasanya) nggak dibayar. Dibayar pake pengalaman doang paling. Nah, setelah teman-teman kamu kerja keras mempersiapkan sebuah event, biasanya kan pada capek tuh, di situlah kesempatan kamu untuk mulai menawarkan jasa pijet kamu. Dijamin laku keras!

4. Jadi Supir

Kegiatan jadi supir ini bisa dilakukan saat musim liburan. Mumpung kamu nggak sekolah atau kuliah dan banyak orang luar kota yang datang ke kota kamu untuk jalan-jalan, atau wisata kuliner. Kamu bisa kerja sampingan sebagai supir ini tuntutannya cuma 1: skill mengemudikan mobil. Nggak punya SIM juga nggak apa apa kalau kamu nekat, konsumen kamu nggak akan nanya: “Kamu punya SIM kan”. MBDC yakin tuh! Nah kamu bisa menawarkan jasa kamu lewat temen-temen kamu yang mungkin keluarganya mau berkunjung. Enaknya kayak gini, selain dapet duit juga biasanya kalo kamu nemenin makan, kamu pasti ikutan dibayarin. Mantep.

Gimana? Ada yang punya ide lain dan ingin berbaik hati membeberkan idenya di comment box? Monggo…