Seri Pengetahuan Umum: Mitologi Nordik

Nordik bukan mudik. Eh bener gak sih dalam bahasa Indonesia disebutnya Nordik? Norse Mythology bahasa enggresnya. Jadi selain Yunani, daerah Eropa Utara, negara-negara Skandinavia seperti Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, juga punya kisah suci dan kepercayaan mengenai bagaimana alam raya ini terbentuk dan para dewa yang dipuja. Sebenernya Mitologi Nordik ini adalah bagian dari set Mitologi Germanic dari kepercayaan pagan Germanic, termasuk di dalamnya, Anglo Saxon Mythology, Continental German Mythology dan berbagai mitologi lainnya dari jaman Iron Age sampe dengan berkembangnya Kristen di abad pertengahan. Tapi panjang ah kalo diceritain semua. Karena itu marilah kita batasi sampai dengan pengenalan dewa dewi dari Mitologi Nordik saja. Nah jadi ada yang namanya:

Odin

Doi penguasa alam raya nih. Zeus-nya orang-orang Skandinavia lah pokoknya. Dia adalah pemimpin para Aesir (salah satu ras dewa dalam kepercayaan ini). Odin bersenjatakan tombak sakti bernama Gungnir dan cincin kekuatan bernama Draupner. Odin juga memiliki 2 burung gagak bernama Huginn dan Muninn yang ia tugaskan untuk membawa berita dari seluruh dunia untuk dirinya.   Odin bertahtakan di Asgard, salah satu dari 9 dunia yang ia ciptakan. Asgard ini juga merupakan tempat tinggal para Aesir. Selain pemimpin para dewa, Odin juga adalah dewa kebijaksanaan, dewa pertempuran, dan dewa kematian.

Lodur

Sodaranya Odin. Bersama-sama mereka menciptakan dunia. Tapi dia yang kurang kondangnya gitu deh. Jadi kalo diumpamain band, biasanya kan kalo yang bikin lagu ada dua, pasti ada satu yang lebih terkenal gitu kan? Ya ini mungkin kurang lebih kayak gitu deh.

Thor

Familiar nih pasti sama doi. Apa senjatanya Thor? (penonton menjawab: PALUUU!! ) namanya Mjolnir. Thor ini adalah dewa petir. Ia adalah putra Odin dengan Jord (dari ras Jotun atau raksasa). Thor adalah salah satu dewa terhebat dalam mitologi ini. Ibarat kata panglima perang lah, yang paling depan dalam menjaga Asgard. Ia sering sekali berseteru dengan para Jotun dan berperang dengan mereka.

Loki

Kalau dalam The Avengers, Loki dibilang saudaranya Thor. Dalam mitologi ini, Loki adalah saudara angkat Odin, dia sebenarnya bukan dari ras Aesir melainkan Jotun. Tapi karena dia deket sama Odin jadi dia diangkat jadi dewa Api dan tinggal di Asgard. Loki juga terkenal sebagai dewa penipu dan pembuat masalah. Jadi ceritanya si Loki ini membunuh Balder (anak Odin dan Frigga) dan atas kejahatannya itu, si Loki dihukum kurung di gunung.

Frigga

Bini utamanya Odin. Ratu para dewa, dewi perkawinan dan dewi kasih sayang.

Freja

Dewi kecantikan. Paling cantik sealam raya. Tapi dia awalnya bukan berasal dari ras Aesir melainkan dari ras Vanir. Jadi kalau ras Aesir ini adalah petarung dan perusak alam, ras Vanir adalah sebaliknya yang mencintai memelihara alam. Kedua ras ini akhirnya berdamai, dan Freja adalah salah satu dewi yang akhirnya menjadi Aesir.

Bragi

Ih bukan band 90an itu dong ah. Ini dewa puisi dan pidato. Bragi anak Odin dan Gunlod dari ras Jotun.

Hod

Dewa kegelapan. Doi buta dan diperalat oleh Loki sehingga membunuh Balder dengan melemparkan Mistletoe ke Balder.

Udah ah pegel, tambahin sendiri. Hah apa? Ragnarok? Ohiya ntar kapan-kapan kita ceritain tentang perang besar yang membunuh hampir semua dewa-dewa yang disebutkan diatas. Ntar tapi ya. Atau kalau ada yang lebih tau dan pengen cerita, silakan.

Other Post