[Liputan] Workshop Jakarta 32°C 2012: Citizen Tactics

Jakarta yang kompleks ini tentu saja menyediakan begitu banyak celah dan beribu kemungkinan untuk memunculkan taktik, dari yang defensif seperti pura-pura tidur waktu disambangi pengamen di mikrolet sampai yang ofensif seperti penjajahan pedagang atas pejalan kaki dengan menjaja di trotoar. Tiga belas orang mahasiswa pilihan dengan beragam latar belakang disiplin ilmu dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta, Depok, dan Yogyakarta menantang diri untuk menghadapi kota Jakarta dengan segala kemungkinannya melalui taktik-taktik cerdik di ruang publik. Bersama Irwan Ahmett, seniman muda Jakarta yang banyak menghasilkan karya seni rupa publik salah satunya lewat seri-seri Urban Play, sindikat mahasiswa ini siap mengintervensi publik dengan projek-projek jahil yang digarap lewat Citizen Tactics.

Citizen Tactics yang diadain dari 27 Agustus hingga 9 September 2012 kemarin adalah salah satu dari tujuh workshop yang diadakan oleh ruangrupa dan komplotan Jakarta 32oC, sebuah forum mahasiswa dan pameran besar dua tahunan bagi karya-karya visual mahasiswa di Jakarta, dengan bekerjasama dengan seniman-seniman muda Jakarta yang intens berkarya lewat medium seni yang dipilihnya. Tujuan workshop ini sih katanya untuk menjadi media bagi para mahasiswa untuk membicarakan, menelaah, dan bertukar pikiran mengenai permasalahan yang ada di Jakarta lewat proses penciptaan karya seni dengan beragam medium. Wih keren banget!

Berangkat dari fokus tema “Lowongan” di workshop Jakarta 32°C 2012 yang kelima ini, sindikat mahasiswa lewat Citizen Tactics mengolah setiap cela(h) ruang publik dalam menemukan segala bentuk kemungkinan peluang yang bisa muncul dari kondisi Jakarta yang mereka investigasi sepanjang workshop. Dengan mengamati dan mengalami pusat perbelanjaan, ruang terbuka, trotoar, dan beragam fasilitas umum di Jakarta, sindikat mahasiswa ini melahirkan intervensi-intervensi terhadap kondisi urban yang begitu variatif dengan pengolahan bermacam-macam medium yang menghasilkan kejahilan-kejahilan yang berbeda di tiap proyeknya. Nah, karya-karya ini bakal dipamerkan di Pameran Jakarta 32°C 2012, mulai 22 September sampai 8 Oktober 2012 di Galeri Nasional Indonesia, Gambir. Jadi kalo kamu pengen tau taktik-taktik selamat hidup di Jakarta, mendingan kamu dateng deh ke pamerannya. Yuks!