Alasan Kenapa Pak Bibit Waluyo Gak Suka Sama Kuda Lumping

Udah pada baca berita ini dong ya? Pak Bibit Waluyo yang adalah gubernur Jawa Tengah menganggap kesenian Jaran Kepang alias Kuda Lumping sebagai kesenian yang paling jelek sedunia. Wuih! Pernyataan yang sangat tegas sekali, Pak Bibit! Sungguh tidak ragu-ragu seperti Icuk Sugiarto (yang ngerti referensi ini berarti anak-anak angkatan lama – red). Apalagi Pak Bibit ngomong kayak gini di pidato sambutan sebuah acara internasional loh. Tentunya membuat hadirin yang hadir di acara itu mendadak hening tak mampu berkata-kata. 100 juta awkward point, Pak Bibit!

Setelah membaca berita itu, MBDC jadi tercenung. Apa yang membuat Pak Bibit sampai berkata-kata tajam seperti itu ya? MBDC sih sangat menghargai kebebasan berekspresi dan sesungguhnya sih lebih suka pemimpin yang bisa berkata jujur ketimbang yang kerjanya boong aja. Tapi, mungkin Pak Bibit lupa kali ya peribahasa yang bilang kalau lidah itu lebih tajam dari mata pedang, dan pemimpin yang baik juga dinilai dari kemampuannya bertutur kata.

Jadi akhirnya MBDC berusaha mencari alasan kenapa sebenarnya Pak Bibit Waluyo gak suka sama kesenian kuda lumping. Alasan-alasan ini baru MBDC pikirin kemarin malam dan belum tentu bener juga sih sebenernya, tapi ya udahlah baca aja deh. Siapa tau bisa menjadi secercah cahaya di situasi yang membingungkan ini.

Pak Bibit Orangnya Kagetan

Karena MBDC gak diundang secara langsung untuk menghadiri acara pembukaan acara The 14th Merapi and Borobudur Senior's Amateur Golf Tournament Competing The Hamengku Buwono X Cup itu, MBDC jadi gak tahu sih apakah pertunjukan kuda lumping yang dipentaskan di situ melibatkan atraksi-atraksi mistis yang lumrah ada di pertunjukan kuda lumping seperti ngunyah beling atau main pecut-pecutan. Tapi kalo ternyata iya, bisa aja ini yang jadi alasannya! Kita kan gak tau kalo ternyata selama ini Pak Bibit tu orangnya kagetan banget, jadi hatinya rapuh aja gitu kalau ngeliat ada orang makan beling. Terus kan gak keren aja gitu, masak gubernur keliatan kagetan, trus salah-salah malah latah. Kurang berwibawa banget. Akhirnya sekalian aja Pak Bibit dengan gaharnya menyampaikan ketidak-sukaannya.

Pak Bibit Pemerhati Binatang

Ini kemungkinan kedua, bahwasanya Pak Bibit itu sebenernya adalah pemerhati binatang! Kesenian kuda lumping cukup mengusik hati Pak Bibit karena di setiap pertunjukannya, kuda-kuda itu selalu digambarkan gepeng dan kurus kering. Kasian banget sih! Kayak gak pernah dikasih makan. Hati Pak Bibit jadi terusik karenanya dan ini yang bikin Pak Bibit kurang sreg dengan pertunjukan-pertujukan yang menampilkan representasi binatang secara kurang akurat seperti kuda lumping. Atau jangan-jangan yang sebenarnya terjadi adalah kebalikannya? Mungkin Pak Bibit segitu gak sukanya sama pertunjukan kuda lumping karena Pak Bibit punya trauma masa kecil tertentu terhadap kuda. Siapa tahu waktu kecilnya pernah jatuh dari kuda, gitu. Atau mungkin pernah ada kenangan tidak mengenakkan dengan seseorang yang pernah mengajak Pak Bibit main kuda-kudaan. Siapa tahu loh.

Pak Bibit Gak Mau Kalah Sama Marzuki Alie

Jadi ya sebenernya Pak Bibit itu kurang senang karena selama ini MBDC terlalu sering mengelu-elukan Pak Marzuki Alie yang pernyataannya selalu ceplas-ceplos, sampai-sampai pengen MBDC ajak kerja di MBDC segala. "Huh! Aku tidak mau kalah! Aku pun bisa lebih hebat dari Marzuki Alie!" Begitu mungkin kata Pak Bibit, sampai akhirnya mengeluarkan pernyataan yang cukup menghebohkan tersebut. Usaha Pak Bibit cukup berhasil, buktinya sekarang MBDC ngebikinin artikelnya nih.

Pak Bibit Sangat Peduli Pada Indonesia

Dipikir-pikir lagi, jangan-jangan sebenarnya inilah alasan kenapa Pak Bibit segitu nggak sukanya kuda lumping ditampilkan di acara berkaliber internasional tersebut. Coba deh kamu perhatiin pernyataan Pak Bibit tersebut. Katanya

“Memalukan, wali kota Magelang menampilkan kesenian itu untuk acara seperti ini..

Ih Pak Bibit bener banget! Ngapain juga menampilkan pertunjukkan yang menampilkan kesenian tradisional Indonesia, yang konon menyimbolkan semangat heroisme pasukan berkuda bangsa kita dalam menghadapi penjajah ya, malu-maluin Indonesia banget! Acara bertaraf internasional itu pantasnya menampilkan pertunjukkan dari artis-artis Indonesia yang sudah go international dong! Kayak Agnes Monica, gitu. Atau Cinta Laura. Pasti gak malu-maluin. Ya kan, Pak Bibit?

Ada yang bisa ngasih alasan lain kenapa Pak Bibit segitu gak sukanya sama kuda lumping? Tulis di comment, ya!