[Tutorial] Cara Sungkem

Lebaran is in the house! Yang namanya lebaran biasanya cukup identik dengan sungkem. Nah, tapi apakah kamu udah tau cara sungkem yang bener? Jangan sampai kamu salah sungkem dan malah meluk kaki dengan canggung dan berakhir dengan tendangan di muka (ok ini lebay). Tapi pokoknya perhatikan tata cara dan adab bersungkem seperti dibawah ini,

Duduk Bersimpuh di Hadapan Orang Tua/Siapa pun yang Akan Kamu Sungkemi

Tau bersimpuh kan ya. Duduk diatas kaki yang menutup rapi dan rapat ke belakang. Kayak duduk lagi solat gitu. Kalo pengen bersila sih boleh juga, tapi agak ribet nunduk-nunduknya. Ntar pegel.

Pastikan Siapa pun yang Akan Kamu Sungkemi Itu Duduk Lebih Tinggi dari Kamu

Iyalah kalo hadap-hadapan sama-sama di lantai emangnya mau main bekel. Atau kalau duduk sama tinggi di kursi ya itu sih salaman aja. Intinya dari bersungkem adalah, kamu merendah dan meninggikan orang lain yang akan kamu sungkemi. Literally.

Menunduk Saat Mencium Tangan

Jangan dikitik-kitik tangannya, dijilat apalagi digigit. Angkatlah badanmu sedikit dan agar bisa meraih tangan orang yang kamu sungkemi dan letakan ke arah muka dan jidat, condongkan juga badan kamu ke depan supaya prosesi penciuman tangan lebih hangat. Kemudian berdiri diatas lutut dan peluklah dengan seksama. Disini suasana haru biasanya tercipta. Boleh nangis tapi jangan peperin ingus dan air mata ke baju orang yang kamu sungkemi.

Bisikan Kata-kata Permohonan

Kegiatan sungkem itu kan adalah permohonan terhadap sesuatu. Bisa maaf, restu, selain juga penyampaian hormat kita terhadap seseorang. Karena itu untuk penegasan, mintalah maaf atau restu dengan bisikan saat memeluk atau mencium tangan. Minta mobil atau apartemen bisa juga sih, tapi akan sedikit merusak kesakralan kegiatan ini.

Menangislah Secukupnya

Menangis haru itu cukup seadanya, mata basah dan sedikit tetesan air mata di pipi. Gak usah sampe terisak dan meraung-raung. Kecuali memang dosa kamu segitu besarnya. Tapi demi sungkem yang berkelas dan syahdu, hindarilah. Karena tangis yang sedikit itu akan membuat kamu terlihat kece dan sebaliknya kalau sampe mewek malah akan terlihat jelek.

Demikianlah. Semoga membantu. Selamat sungkem!