Seri Pengetahuan Umum: Nama-Nama Jalan yang Bener di Jakarta

Jakarta itu kota yang besar. Ada banyak banget jalan di Jakarta, mulai dari jalan yang gede banget sampe jalan-jalan yang cuma bisa dilewatin orang jalan kaki. Semua jalan ini pada dasarnya punya nama dan ini tentu membuat nama jalan di Jakarta jadi banyak banget. Banyaknya nama jalan di Jakarta ini seringkali bikin warga Jakarta gak tau nama jalannya apa dan lebih sering menyebut nama daerah ketimbang nama jalannya. Nah, hari ini MBDC akan ngasih tau kamu nama-nama jalan yang bener di Jakarta! Tujuannya? Ya biar kamu tau aja sih. Tau gak pernah salah kan.

Kuningan

Yang Kamu Maksud: Jalanan terusannya Mampang, yang ada banyak kedutaan itu.

Nama Jalan yang Bener: Jalan HR. Rasuna Said


View Larger Map

Jadi Aku Salah Selama Ini? Gak sih. Kuningan itu nama daerah. Jalan HR Rasuna Said itu ya bener ada di daerah Kuningan. Cuma ya jalan di Kuningan itu ada banyak banget. Kalo kamu cuma nyebut Kuningan ya kurang spesifik gitu lho.

Arteri Pondok Indah

Yang Kamu Maksud: Jalanan antara Pondok Indah Mall sampe Permata Hijau.

Nama Jalan yang Bener: Jalan Sultan Iskandar Muda

View Larger Map

Jadi Aku Salah Selama Ini? Ini juga gak salah. Karena Jalan Sultan Iskandar Muda ini memang lebih populer disebut sebagai Arteri Pondok Indah. Tapi kalo kamu pengen terdengar hipster dan kayaknya gak mainstream gitu, kan lebih keren kalo kamu bilang, "Oh gue lagi di Jalan Sultan Iskandar Muda". Temen-temen kamu pasti langsung bergidik mendengar pengetahuan jalan kamu.

Arteri Permata Hijau

Yang Kamu Maksud: Jalanan depannya ITC Permata Hijau / Belezza.

Nama Jalan yang Bener: Jalan Letnan Jendral Soepono


View Larger Map

Jadi Aku Salah Selama Ini? Ha! Kamu pasti gak tau kan yang satu ini! Ya di peta sih gak ada nama jalan Arteri Permata Hijau. Jadi ya lumayan salah deh.

Casablanca

Yang Kamu Maksud: Jalanan depannya ITC Kuningan / Mal Ambassador.

Nama Jalan yang Bener: Jalan Profesor Doktor Satrio


View Larger Map

Jadi Aku Salah Selama Ini? Yep. Yang namanya Jalan Casablanca itu adalah jalan terusannya Jalan Prof. Dr. Satrio ini, setelah underpass. Tapi emang 'Casablanca' kedengeran lebih keren sih.

Mayestik

Yang Kamu Maksud: Jalanan sekitar pasar Mayestik

Nama Jalan yang Bener: Jalan Kyai Maja / Jalan Bumi / Jalan Lauser.


View Larger Map

Jadi Aku Salah Selama Ini? Ya emang di situ ada Pasar Mayestik yang super kondang sih. Jadi pada dasarnya gak salah juga, karena semua orang pasti tau daerah itu. Cuman, pasar Mayestik itu diapit oleh 3 jalan, jadi kalo kamu mau dimengerti secara jelas, ya ada baiknya kamu tau nama jalannya secara pasti.

Kota Tua

Yang Kamu Maksud: Jalanan menuju kawasan kota tua, deketnya Bank Indonesia Kota.

Nama Jalan yang Bener: Jalan Bank.


View Larger Map

Jadi Aku Salah Selama Ini? Kecewa kan kamu? Namanya ternyata sungguh sederhana dan kurang asik gitu. Ya sebenernya sih kawasan kota tua ini dikelilingi oleh beberapa jalan lain, tapi semuanya punya nama yang kurang keren, seperti misalnya Jalan Kali Besar Barat, Jalan Kunir, Jalan Keadilan, dan Jalan Lada. Hmm. Mending sebut aja Kota Tua gitu kali ya? Kayaknya lebih megah gitu.

Gitu deh kurang lebih. Ada nama jalan lain yang sering salah disebut orang dan belum MBDC sebutkan di sini? Boleh lho ditambahin di comment.

Other Post