MBDC Nostalgia: Mainan Masa Kecil Paska Lebaran

Sehabis Lebaran (atau hari raya lainnya) bisa dibilang salah satu masa yang cukup menyenangkan dan berkesan. Karena apa? Karena duitnya doooong. Salam tempel hasil berperilaku manis selama hari raya, cium tangan sama seluruh sanak sodara dan tetangga sekalian. Recehan sih emang yang dikasih, tapi justru itu, tumpukan duit yang bikin kantong celana baru jadi gendut gendut itu rasanya, oh sungguh tak ada duanya. Apalagi kalau ada Om atau Tante favorit yang kalau ngasih duit langsung jackpot, setara sama salaman dengan 10 rumah dijadiin satu, huwoooh. Namanya anak kecil kalo dapet duit buat apa sih? Gak mungkin buat beli saham kan? Ya mungkin aja sih kalo anaknya dari kecil udah keliwat pinter, gak kayak kamu. Tapi pada umumnya sih anak kecil kalo dapet duit selalu dibeliin mainan. Nah, mainan apa sih yang paling sering dibeli sama anak-anak jaman dulu?

Tamiya

Ini jawaban yang lumayan paling banyak dijawab dari hasil tanya sana sini. Kenapa? Ya gak tahu, mungkin karena pada masa itu Tamiya lagi happening dan harganya lumayan mahal untuk ukuran bocah. Yaa, kira-kira mesti 3 kali nilai delapan deh baru dibeliin sama bokap nyokap. Belum lagi spare partnya. Terus masak punya Tamiya cuma satu, kayaknya kurang gimana gitu. Apalagi jaman dulu ada seri Dash Yonkuro. Makin pengen punya banyak Tamiya deh. Dinamo kamu apa dulu??

BB Gun

Masih inget senapan mainan ini gak? Yang pake peluru bulet plastik kecil warna warni, lumayan ngilu kalo kena tembak. Paling seru sore-sore mainan ginian, bikin tim perang sama anak RT sebelah, lari-larian gerilya keliling komplek, teriak teriak. Seringkali gak pake aturan yang jelas mengenai menang kalah, pokoknya kejar-kejaran tembak orang sebanyak mungkin. Lebih seru dari main CS lho.

Kaset Sega 

FIFA 96 atau gak game berapa-in-one gitu, yang dalam satu kaset bisa ada beberapa permainan. Masih ada yang inget Bare Knuckles? Seru banget ya. Main rame-rame dari pagi sampe sore, biasanya kan kalau abis Lebaran masih ada libur tuh seminggu. Apalagi kalau temen yang pada mudik udah pada pulang. Seru. Jaman dulu kalo namanya mau main console bareng mah harus main ke rumah temen, gak bisa cuma via PSN / Xbox Live.

Bola dan Sepatu Bola 

Biasanya kan kalo main bola di lapangan pake sepatu sekolah biasa, nah karena lagi punya duit, beli sepatu bola dan bola baru dong. Sepatunya yang buat main di lapangan gede yang banyak pul-nya, apalagi kalo sepatu bolanya pul-nya besi udh keren banget lah, atlet banget. Kalo yang dapet duitnya lebih banyak belinya Adidas Predator. Wih udah paling pol tuh.

Apapun yang Diiklankan di Acara Kartun Minggu Pagi.

Kalau dulu waktu bocah kamu sering nonton kartun Minggu pagi, pasti pernah ngiler lah sama mainan-mainan yang diiklanin di sela-sela kartun tersebut. Bintang iklannya biasanya anak-anak bule dan mainannya dijualnya di mal gede dengan batere terpisah.  Biasanya sih anak cewek yang doyan beli mainan ginian, dari mulai Barbie terbaru yang rambutnya bisa dilepas-lepas, mainan masak-masakan pake lilin yang bisa bikin burger, pizza dsb, mainan kasir-kasiran supermarket lengkap dengan troli. Gitu gitu lah.

Kalau kamu? Dulu beli apa abis dapet duit lebaran? Share di komen yaa.

Other Post