Kenapa Sebaiknya Kamu Berlama-lama Mudik

Aduh. Lagi libur lebaran nih, males bikin artikel. Tapi karena MBDC sayang sama kamu, libur-libur begini kita tetep artikel deh buat kamu. Jadi intro-nya gak usah panjang-panjang ya.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menurut MBDC lebih baik kamu mudiknya di-extend aja, gak usah buru-buru pulang ke Jakarta.

1. Silaturhami itu Penting

Udah berapa lama kamu merantau? Berapa lama kamu tinggal di kota lain demi mencari nafkah dan kehidupan? Dan selama itu, udah berapa kali kamu pulang? Coba itung, selama kamu jauh dari rumah dan kampung halaman, udah berapa kejadian penting yang kamu lewatin, misalnya: ulang tahun bapak, ibu, kakek, nenek, paman, bibik, adik, kakak dan sodara-sodara lainnya. Terus hajatan-hajatan tetangga. Mungkin gadis tetangga yang dulu kamu pernah naksir udah nikah dan kamu gak tahu. Banyak pasti.

Nah, MBDC mau menekankan disini, kalo silaturahmi itu penting banget. Pulang setahun sekali dan cuma semingguan itu gak cukup lah buat ngumpul sama keluarga di kampung halaman yang udah gak ketemu dan untuk saling bertukar cerita. Coba lah di extend jadi sebulan gitu. Jelasin sama bos kamu, dia pasti ngerti. Dan gebetan kamu gak bakal kemana-mana kok, tenang aja.

2. Liburan di Rumah/Kampung Halaman itu Enak Banget 

Siapa sih yang gak seneng liburan? Enak gitu. Coba bilang "Liburan!" yang keras. Yak! Sekali lagi! Nah enak kan! Kayaknya ada sebuah perasaan lega gitu di hati dan otak kamu waktu kamu bilang liburan. Cuma di tereakin aja enak, prakteknya lebih enak lagi.

Apalagi kalo kamu liburan di rumah/kampung halaman sendiri. Kalo liburan di kostan, kamu masih perlu bayar buat tinggal. Terus kalo kamu gak bisa masak, mau makan musti keluar duit lagi. Terus sepi pula, karena temen-temen kostan kamu pada pulang semua. Nah kalo liburan di rumah, semua udah tersedia. Bangun tidur, makanan pasti udah tersedia. Makan siang sama malem juga pasti siap di meja makan. Terus apalagi? Baju kotor? Nyokap kamu atau si bibik pasti mau bantu buat nyuciin. Badan kamu pegel-pegel? Ada adek kamu yang mau mijitin. Hidup udah kayak raja deh.

Emang kamu mau ninggalin kerajaan kamu secepat itu, cuma buat kembali ke belantara kehidupan Jakarta yang serba keras?

3. Bahagiain Orang Tua Kamu

Buat apa kamu jauh-jauh banting tulang ngerantau ke Jakarta, kalo orang tua kamu gak bangga dan bahagia. Nah di saat liburan mudik ini, adalah waktu yang tepat untuk bahagiain orang tua kamu. Mereka pasti rindu udah lama gak ketemu sama kamu. Coba ajak mereka jalan-jalan, atau kalo perlu liburan kemana gitu, kayak waktu kamu kecil dulu.

Ato gak, kamu bisa beliin oleh-oleh macem-macem buat kamu bawa ke kampung halaman, atau sebatas quality time aja deh sama mereka. Ngobrol tentang hal-hal yang dalem dan bermakna gitu. Tunjukin kalo kamu udah jadi anak yang dewasa, pintar dan bisa dibanggakan. Dan makin lama waktu yang kamu sediakan buat orang tua kamu, makin bagus.

4. Jakarta Jadi Gak Macet Selama Kamu Mudik

Nah ini sih yang paling penting. Selama kamu mudik, Jakarta jadi sepi banget, kemana-mana cepet dan gak macet!  Kemaren kan kata salah satu cagub, kalo mau benahin Jakarta, perlu kerja sama dari kita semua. Nah, ini bisa jadi kontribusi kamu, untuk Jakarta yang lebih baik! Yeah!

Yah. Gitu aja sih. Tolong dibaca ulang dan dipahami baik-baik ya artikel ini.