Detektif #Kode: Misteri Sebuah Kata Pendek yang Keluar dari Mulutmu

Jumpa lagi bersama saya, Detektif #Kode, dalam sebuah rubrik yang pastinya sudah dinantikan oleh kita semua: Detektif #Kode. Seperti biasa, saya akan membahas dan memecahkan #kode-#kode yang terdampar di dunia maya agar sekiranya bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua. #Kode hari ini adalah:


Oh adalah sebuah kata yang sederhana. Hanya terdiri dari dua huruf: O dan H. Sangat sederhana. Sangat simple. Namun memiliki arti yang sangat luas. Besar. Sebesar Samudra Pasifik. Saya teringat sebuah cerita saat saya masih muda. Muda dan berbahaya. Ketika itu saya memiliki hubungan yang sangat spesial dengan seorang perempuan bernama Bella. Bella yang cantik. Bella yang baik. Bella yang...menawan.

Hubungan kami berjalan dengan baik. Dia sungguh pengertian. Dia selalu setia menunggu saya, baik ketika saya sedang bekerja hingga larut, atau bahkan ketika saya sedang pergi mabuk-mabukan bersama teman-teman. Bella selalu menunggu. Bella selalu ada.

Suatu ketika seorang teman baru saja memenangkan sebuah tender besar. Dia kemudian mengajak teman-temannya, termasuk saya, untuk merayakannya di Alexis. Saya belum pernah ke Alexis, karena pada saat itu saya masih muda dan miskin. Makan sehari-hari saja seringkali dibelikan oleh Bella, bagaimana mau ke Alexis. Tapi ketika itu teman saya bilang bahwa dia akan menraktir kita semua di Alexis. Semua pengeluaran kita akan ditanggung. Siapa yang bisa menolak?

Maka saya bilang kepada Bella. Dia terlihat sedikit terkejut, saya tidak tahu kenapa. Lalu dia bertanya kepada saya,

"Kamu pilih ke Alexis atau sama aku?"

Tanpa pikir panjang saya langsung menjawab,

"Lah kamu gimana sih? Ya Alexis lah. Ini dibayarin semua lho. Aku kan belum pernah ke Alexis. Kamu jangan egois dong, ngertiin aku dikit lah sekali-sekali."

Bella tertegun. Yang keluar dari mulutnya saat itu hanyalah:

"Oh."

Dan itulah terakhir kalinya saya bertemu ataupun berbicara dengan Bella. Saya tidak tahu kenapa dia tidak pernah menjawab telepon saya ataupun mau bertemu dengan saya lagi. Wanita memang merupakan misteri. Ah Bella...