Cara Menolak Temen yang Mau Nebeng

Pasti ada kalanya kamu males nebengin seseorang. Entah karena emang kamu lagi pelit atau kamu gak seneng aja orang itu nebeng sama kamu. Memang tidak semua orang itu adalah penebeng yang baik sih. Nah, tapi sebagai warga negara yang baik, kamu tentu gak mau dianggap sebagai seseorang yang pelit dong? Tapi gimana dong cara nolak seseorang yang mau nebeng tanpa keliatan pelit? Ini dia caranya:

1. Mau Pergi ke Tempat Lain

Ini salah satu cara paling ampuh buat nolak temen yang mau nebeng. Kamu bisa pura-pura mau ke tempat yg beda arah dengan tujuan temen kamu itu.

A: Eh gue nebeng dong

B: Duh sorry banget gue mau pergi nih ke rumah nenek gue di daerah X

A: Yah, ya udah deh

Alangkah beruntungnya kalo temen kita pasrah trus nyari tebengan yang lain. Tapi kamu harus pastiin temen kamu itu mau nebeng ke arah mana, jangan sampai ceritanya kaya gini:

A: Eh gue nebeng dong

B: Duh sorry banget gue mau pergi nih kerumah nenek gue di daerah X

A: Eh pas banget, rumah gue kan di daerah X, rumah nenek lo dimananya? Kapan kapan gue bisa minta makan aja kerumah nenek lo.

2. Udah Ada yang Nebeng duluan

Ini berlaku buat pengguna motor (atau mobil yang kursinya cuma dua macem Ferrari. Tapi mobil kamu gak mungkin Ferrari kan - red), kalo lagi keluar dari parkiran trus temen kalian ada yang mau nebeng tinggal bilang aja,

Duh maaf si A udah nebeng duluan tuh lagi nunggu di jalan sana.

Tapi abis itu kamu mesti buru-buru pergi supaya gak keliatan sama temen kamu itu kalo ternyata kamu gak nebengin siapa-siapa.

3. Mau Jemput Orang Lain

Ini bisa juga dijadiin alasan yang pas buat nolak tebengan temen kamu itu. Orang pada umumnya pasti gak enak dong kalo kamu mau jemput orang lain dulu. Eh itu kalo orangnya tau diri sih.

A: Lo mau balik ya? Gue nebeng dong

B: He? Gue mau jemput temen gue dulu di X baru gue mau balik nih

A: Ya udah deh.

Temen kamu bakal nyerah dan bakal nyari target lainnya deh, tapi sekali lagi kamu mesti nyari tahu dulu kemana tujuan temen kamu jangan sampai kaya point nomer 1 diatas tadi:

A: Lo mau balik ya? Gue nebeng dong

B: He? Gue mau jemput temen gue dulu di X baru gue mau balik nih

A: Ya udah gak apa-apa, gue nebeng sampe X kan masih searah sama rumah gue tuh

Males kan.

4. Lagi Gak Bawa Kendaraan

Yang perlu diperhatikan kalo kamu pake alasan ini adalah berarti kamu berarti harus pulang diem-diem dan jangan sampai temen kamu tahu kalo sebenernya kamu lagi bawa kendaraan. Selama di jalan kamu gak boleh berhenti, soalnya bisa aja kalo kamu berhenti nanti temen kamu lewat dan ngeliat kamu. Kalo sampe kegep kayak gini kan gak asik. Ntar kamu dianggap pelit lagi.

5. Bikin Alasan yang Absurd

Ini cuma boleh dipake kalo kamu emang beneran gak pengen temen kamu itu nebeng plus kamu emang gak suka sama dia banget. Intinya adalah membuat alasan yang seabsurd mungkin sampe temen kamu itu sadar sendiri kalo kamu emang gak pengen dia nebeng. Misalnya:

A: Bro, mau balik ya? Nebeng dong.

B: Oh, ya bisa aja sih. Tapi kayaknya pintu mobil gue yang bagian kursi penumpang gak bisa dibuka deh.

A: Oh gitu? Ya udah gue masuk dari belakang aja.

B: Pintu belakangnya juga rusak deh kayaknya.

A: Oh ya? Ya udah gue masuk dari pintu tempat nyetir aja.

B: Oh gak bisa. Soalnya itu jok-nya kulit gitu deh. Kata bokap gue itu gak boleh dilompatin gitu bro.

A: Oh gitu ya...Hmmm, ya udah deh. Gue cari tebengan lain.

B: Wah gak papa nih bro? Sorry ya.

Kalo kamu melakukan trik yang satu ini, resikonya kamu akan dianggap pelit. Tapi gak papa, soalnya kamu kan emang gak suka sama temen kamu ini.

Sebenernya, masih banyak alasan-alasan lain tergantung dari kamu dan temen kamu itu. Intinya sih kamu harus ngomong baik-baik dan meyakinkan. Niscaya pasti temen kamu itu akan segera mencari tebengan lain. Kamu punya cara lain? Boleh lho dishare di comments.

Other Post