MBDC Travel: Tokyo - Tempat-Tempat Asik

Beberapa waktu yang lalu, writer/editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan untuk jalan-jalan ke Jepang. Ini jalan-jalan pribadi sih, gak ada urusannya sama kantor dan gak dibayarin juga. Tapi demi mendapatkan ijin cuti, maka dia berjanji untuk membuat artikel yang membahas tentang perjalanannya ini. Sebelumnya, sudah dibahas mengenai persiapan yang diperlukan, transportasi & akomodasi, sama makanan-makanan yang seru di Tokyo. Nah, kali ini akan dibahas mengenai tempat-tempat yang asik untuk dikunjungi di Tokyo.

Karena perjalanannya waktu itu cuma sebentar (cuma sekitar 6 hari), jadi MBDC cuma bisa berkunjung ke tempat-tempat yang standart dan cukup umum aja sih. Mungkin yang sering ke Tokyo udah bosen sama tempat-tempat ini. Tapi buat yang belum pernah, harus banget sih dateng ke tempat-tempat ini.

Shibuya

Shibuya adalah salah satu daerah anak muda di Tokyo. Di sini ada macem-macem deh, mulai dari restoran, jualan pakaian, department store, bioskop, elektronik, sampe hobby shop. Sebenernya sih sehari juga gak cukup buat ngiterin seluruh Shibuya ini. Tapi kalo kamu cuma sebentar di Tokyo, paling gak kamu harus sempetin ke sini deh. Shibuya ini adalah tempat yang terkenal dengan persimpangannya itu lho, dimana di satu titik semua traffic lightnya merah dan orang dari segala penjuru bisa nyebrang.

Kamu bisa lihat pemandangan ini secara jelas dari Starbucks yang ada di Tsutaya Building. Selain itu kamu juga bisa lihat dari Shibuya Station, tapi agak jauh. Ya kayak di video yang kamu liat di atas deh. Selain itu, Shibuya ini juga tempatnya patung Hachiko yang terkenal itu. Patung Hachiko ini merupakan tempat ketemu orang-orang gitu deh.

Namanya juga turis...harus foto di sini dong.

Shibuya itu bentuknya blok-blok gitu, jadi kalo jalan-jalan di sini tuh kamu bakal menjelajahi gang-gang yang isinya toko semua gitu. Kalo baru pertama kali ke sini sih rasanya pengen menjelajahi semua deh.

Pokoknya seru lah di sini. Kalo ke Tokyo wajib lah ke daerah yang satu ini.

Temuan Menarik di Daerah Ini: Sebenernya banyak sih. Tapi MBDC paling seneng pas nemuin vending machine pisang yang ada di bawah Mizuho Bank. Ini videonya:

Terkadang kebahagiaan itu memang sederhana.

Ginza

Sebenernya Ginza ini daerah mahal banget dan gak cocok buat kamu yang pengen liburan murah. Suasana di sini juga beda banget sama daerah Tokyo lainnya. Di sini blok-bloknya teratur dan orang-orang yang seliweran juga keliatan lebih kaya. Ginza ini juga isinya toko-toko brand mahal gitu deh. Tapi biarpun begitu, kamu harus nyempetin untuk ke sini bentar sih, apalagi kalo kamu suka gadget dan teknologi.

Waktu kita ke sini lagi Car Free Day.

Di Ginza ini ada flagship store dari dua brand teknologi besar dunia, yaitu Apple dan Sony. Nah, kalo kamu suka teknologi-teknologian, kamu wajib banget mampir ke dua toko ini. Mampir doang boleh kok, gak bakal ditawarin apa-apa juga. Malah mereka emang kayaknya pengen banget kamu dateng dan liat-liat.

Apple Store Ginza

Kalo kamu nyari brand-brand yang mahal, di sini juga banyak banget. Tapi kalo kamu mau jalan-jalan murah, ya emang di sini sulit mencari yang murah sih. Katanya sih biaya sewa tempat di Ginza itu adalah salah satu yang paling mahal di dunia, kayak di Manhattan gitu.

Temuan Menarik di Daerah Ini: Tangga Nada di Sony Center. Di bawah ini video @JHadiprojo sedang norak menaiki tangga tersebut.

Akihabara

NAH INI! Daerah paling sinting di Tokyo. Yah paling sinting setau MBDC sih. Kalo kamu suka liat orang Jepang itu aneh-aneh, NAH ini dia pusatnya. Di sini mulai dari toko komik, action figures, gadget, arcade, barang-barang aneh, sampe sex shop campur aduk. Kamu beneran bisa ngeliat toko mainan sebelahan sama sex shop.

Kamu juga bisa ketemu Freeza.

Di Akihabara ini ada satu toko namanya Don Quixote. Nah, Don Quixote ini adalah markasnya AKB 48. Di Don Quixote ini kamu bisa mendapatkan begitu banyak barang yang random, mulai dari makanan, alat rumah tangga, trus tiba-tiba ada kostum mesum dan ada alat-alat seks. MBDC beneran bingung sih sebenernya toko yang satu ini diperuntukan bagi siapa, apakah anak kecil atau orang dewasa.

Seperti yang bisa kamu lihat di gambar di atas, di Akihabara ini juga ada banyak yang namanya Maid Cafe. Isinya...ya gitu. Pada dasarnya sih itu cafe biasa, cuma para pelayannya pake baju french maid gitu. Kayak di JAV gitu lah. Orang Jepang kayaknya emang gimana banget gitu deh sama cewek pake baju french maid.

Ini toko apa hayoooo....

Nah, ngomongin Akihabara kayaknya gak afdol kalo gak ngomongin sex shop. Sex shop di Akihabara itu BANYAK. BANGET. Dan terang-terangan. Kamu gak perlu nebak dia sex shop atau bukan. Sex shop di sini itu bisa satu gedung sendiri. Beneran satu gedung lho. Enam lantai, isinya alat-alat sex doang.

Jeng jeng!

Jadi kalo kamu suka nonton JAV, ini surga kamu banget sih.

Temuan Menarik di Daerah Ini: Ini dong pastinya. Biasanya cuma liat di video, sekarang liat beneran:

Gitu deh.

Shimokitazawa

Nah, yang satu ini daerah favoritnya MBDC nih. Shimokitazawa ini katanya sih daerah lama gitu sebenernya. Tapi sekarang ada banyak anak muda yang bikin bisnis gitu di sini. Shimokitazawa itu terdiri dari gang-gang kecil dimana di gang-gang ini kamu bisa nemuin banyak coffee shop kecil, toko barang-barang second, dan beberapa toko lucu lainnya.

Jalanan di Shimokitazawa

Sebenernya agak susah sih bilang apa yang bikin MBDC suka banget sama daerah ini. Mungkin karena suasananya kali ya. Suasananya kayaknya enak aja buat jalan-jalan gitu. Gak terlalu rame, damai. Enak deh.  Apalagi beduaan. Azek.

Kamu bisa nemuin coffee shop kayak gini.

Intinya sih kalo kamu ke Tokyo dan mau menjauh sejenak dari kebisingan kota, ini merupakan salah satu daerah yang patut kamu kunjungi.

Temuan Menarik di Daerah Ini: Indomie Goreng.

Harganya ¥81. Berarti sekitar Rp. 9ribuan. Mahal juga ya.

Ueno

Nah, satu lagi daerah yang menarik dikunjungi kalo kamu mau menjauh dari kebisingan Tokyo. Letaknya sih emang di tengah kota, tapi di Ueno ini ada sebuah taman besar yang namanya Ueno Koen (Ueno Park). Nah, taman ini, biarpun rame sama orang, tapi relatif lebih sunyi dibandingkan daerah-daerah Tokyo lainnya.

Di taman ini banyak pohon (iyalaah), kuil-kuil, dan ada Ueno Zoo! Selain itu kalo lagi weekend, di sini suka banyak atraksi jalanan gitu. Suka banyak musisi jalanan yang bagus-bagus gitu di sini.

Selain itu kamu juga bisa jalan-jalan ke kebun binatangnya (Ueno Zoo). Sebenernya sih gak spesial-spesial amat, tapi kebun binatangnya bersih dan terawat gitu. Gak kayak Ragunan lah.

Bisa liat beruang kutub di sini!

Kalo kamu mau sok-sok romantisan kayak di J-drama atau K-drama gitu, harus banget lah main ke Ueno Park.

Temuan Menarik di Daerah Ini: Sebenernya di sini MBDC ketemuan sama orang yang pacaran sama boneka. Serius. Tapi MBDC gak berani motret. Atut.

Nah begitulah. Sebenerya sih masih banyak daerah seru lainnya, kayak Roppongi dan Harajuku. Tapi MBDC cuma ke situ sebentar dan gak terlalu banyak motret. Jadi ya udahlah segini aja. Udah lumayan banyak kan ituh.

Nah, dengan artikel ini maka berakhirlah seri MBDC Travel: Tokyo. Apa berikutnya? Belum tahu nih. Liat aja ntar kita liburannya kemana. Sementara nungguin MBDC Travel, kamu bisa liat acara jalan-jalan kita lainnya yang kerja sama dengan Valadoo: Jalan-jalan Men! Well, itu masih trailernya sih. Acaranya bentar lagi lah.

Oh ada yang mau ditanyakan tentang Tokyo? Atau mau ditambahin? Silakan tulis di comment. Atau kalau mau nanya lewat Twitternya @JHadiprojo juga bisa. Terserahlah.

Other Post