Jenis-Jenis Bau yang Familiar

Melalui proses latihan selama bertahun-tahun, manusia sudah terlatih untuk mendeteksi bebauan. Walaupun terkadang ada beberapa jenis bau yang musti diproses lebih lanjut dengan kalimat: “Eh ini bau apaan sih?”, tetapi tidak sedikit juga bebauan yang sangat mudah dikenali. Berikut adalah jenis-jenis bau yang familiar.

1. Bau Kaki

Bau kaki memang istimewa sekali, sekali tercium aromanya, semua orang pasti akan langsung dapat mengidentifikasi bau tersebut. Kalau kamu sedang berada di tongkrongan di mana anggota-anggotanya sudah sangat baik mengenal satu sama lain, mereka bisa mendeteksi bau kaki yang tercium itu bau kaki siapa. Keren banget. Bau kaki ini seringkali juga disebut bau jempol, entah mengapa.

2. Bau Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan aroma therapy-nya orang Indonesia. Kesaktian minyak kayu putih juga tidak diragukan lagi. Kalo di film-film Hollywood ada orang pingsan, mereka akan teriak: “Hurry! Call 911!”. Kalau ada orang pingsan di Indonesia, orang-orang akan teriak: “Siapa punya minyak kayu putih!?”. Tapi bau minyak kayu putih ini nyebelin banget kalau tercium di dalam pesawat. Kalau ada orang yang pakai minyak kayu putih di dalam penerbangan Jakarta-Jogja, dijamin nggak ilang tuh baunya sampe mendarat.

3. Bau Comberan

Tidak kalah unik dengan bau bau yang lain, bau comberan benar-benar spesial. Bayangkan saja, komposisi comberan di seluruh Indonesia kan beda-beda tuh.. Ada yang pembuangan limbah pabrik lah, limbah rumahan lah, ada yang kecampur sama sampah-sampah, ada yang kecampur deterjen, tapi baunya di mana mana tetap sama! Ada yang bisa bantu menjelaskan fenomena ini?

4. Bau Sate

Bau sate, atau yang juga dikenal dengan bau pembasmi diet ini memang sungguh ampuh untuk meningkatkan selera makan. Coba kamu perhatikan di warung-warung sate yang tentu saja bau satenya sangat kuat, orang-orang yang berada di dalam warung tersebut pasti dengan lahap menyantap sate yang dijual. Ya iyalah.

Kekuatan bau sate ini sepenuhnya bergantung pada kekuatan orang yang ngipasin satenya. Semakin kuat kipasannya, radius bau sate ini pun semakin luas.

5. Bau Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Bau bahan bakar kendaraan bermotor juga biasa disebut dengan bau pom bensin ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri untuk beberapa orang. Ada orang yang justru senang ketika mengantre di pom bensin karena mereka bisa mencium aroma favorit mereka di sana. Apakah kamu salah satu fans bau pom bensin?

6. Bau Kentut

Ini juga gak mungkin salah nih. Biasanya dalam suatu lingkaran pertemanan yang cukup akrab, bau kentut akan langsung memicu seseorang untuk berteriak, "Siapa yang kentut?!". Tapi dalam sebuah lingkungan yang kurang akrab, bau kentut biasanya hanya akan membuat orang terlihat tidak nyaman dan saling lirik-lirikan, berusaha mencari tahu siapa yang kentut. Yang pasti, biarpun baunya beda-beda, tapi yang namanya bau kentut ini sudah pasti dikenali oleh hidung kamu.

7. Bau Darah 

Wah ini. Bahaya banget nih. Katakanlah kamu lagi jalan sama cewek kamu yang hot banget. Trus kamu ketemu sama temen kamu yang emang terkenal brengsek. Dia ngeliat cewek kamu, trus dia berbisik ke kamu, "Eh, cewek lo seksi. Sekali-sekali gue pinjem dong". Wah. Becandaannya bau darah banget. Gak salah lagi. Minta ditimpa banget.

Nah gitu deh. Bau apa lagi nih yang menurut kalian sudah sangat familiar? Share yuk di comment box!