Hal-hal yang Harusnya Gak Boleh Dilakukan Saat Puasa

Halo. Kali ini MBDC mau berbagi sedikit ilmu yang bersifat relijius. Biasanya kita bagi-bagi ilmu yang bersifat duniawi, seperti menebak kepribadian seseorang, tentang hubungan percintaan dan pertemanan, nasihat-nasihat karir atau cara-cara hidup secara umum aja. Nah, berhubung sekarang lagi puasa, kita mau bagi-bagi tips nih: beberapa hal yang sebaiknya gak kamu lakukan pas puasa, biar puasanya lebih bermakna dan enggak sekedar lapar dan haus aja kalo kata guru agama MBDC waktu SD dulu. Disimak ya.

Eh ini maksudnya bukan hal-hal yang jelas gak boleh lho ya. Kayak makan, minum sama kawin kan jelas tuh bikin batal. Ini hal-hal yang sebenernya gak apa-apa, tapi sebaiknya jangan.

Tidur Seharian

Karena selama puasa kita gak makan dan minum, biasanya bawaannya lemes. Dan kalo gini, biasanya kita jadi males ngapa-ngapain, dan ujung-ujungnya cuma tidur-tiduran doang. Kalo kerja pun, sambil males-malesan. Kalo bisa nyolong-nyolong tidur deh.

Ini gak baik. Puasa itu harusnya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti meningkatkan ibadah atau bekerja seperti layaknya orang tidak berpuasa. Konon katanya, kata guru agama MBDC waktu SD nih, hal-hal yang pas biasanya gak dapet pahala, kalo lagi puasa bisa dapet pahala plus! Wuih. Asik kan dapet yang plus plus gitu.

Eh tapi MBDC, bukannya katanya tidur pas puasa itu ibadah? Oh bukan, wahai kawan. Sebenarnya bukan begitu. Yang benar adalah, kata guru MBDC nih, pas puasa itu lebih baik tidur daripada melakukan kegiatan yang tidak ada gunanya. Terus katanya lagi, tidur aja dapet pahala, gimana kalo berkegiatan yang positif, pasti lebih banyak lagi pahalanya. Gitu. Kayaknya sih kalo gak salah. Abis MBDC kan udah lama lulus SD-nya.

Buka Puasa/Sahur Berlebihan

Ini biasanya suka kejadian nih, pas awal-awal bulan puasa. Karena napsu makan membludak, pas bisa makan jadi dipuas-puasin, malah sampe kekenyangan gak bisa napas.

Nah, Kata pepatah, segalanya yang berlebihan itu tidak baik. Pas sahur sama buka, makan aja seadanya sampe kenyang, tapi jangan berlebihan. Misalnya nih, pas sahur kamu makan sampe gak bisa napas, terus akhirnya susah mau tidur lagi, dan telat berangkat ke kantor. Kamu pun dimarahin sama si bos, dan kamu emosi, dan meninju si bos. Terus kamu di pecat deh. Gak jadi dapet THR deh. Gak jadi bayar DP rumah deh. Orang tua pacar kamu jadi gak bolehin kamu nikahin anaknya deh soalnya kamu pengangguran deh. Semua gara-gara kamu kebanyakan makan. Kamu sih, maruk.

Menjadikan Puasa Sebagai Alasan

Nah ini nih, yang sering banget kejadian.

Kamu telat ngasi kerjaan ke si bos, bilangnya soalnya pusing lagi puasa. Kamu telat dateng ke sekolah, alesannya telat bangun soalnya lagi puasa. Kamu disuruh nemenin mama ke pasar, ngakunya lemes soalnya lagi puasa. Ngambil remote TV aja kamu mager, gara-garanya kamu lagi puasa. Semuanya aja gara-gara kamu lagi puasa. Ada tanah longsor dimana juga kamu bilang gara-gara puasa jangan-jangan.

Puasa itu kan ibadah. Janganlah dijadikan halangan, tapi anggaplah kamu sedang menghadapi cobaan. Karena sesungguhnya Tuhan tidak memberikan cobaan yang tidak dapat dihadapi oleh hambanya. Dan sesungguhnya sehabis gelap terbitlah terang. Dan rajin pangkal pandai. Hemat pangkal kaya. Vini Vidi Vici.

Nongkrong Deket Makanan dan Minuman

Ini jelas lah ya. Kamu kalo abis putus, gak nongkrong di deket-deket mantan kamu kan. Abis dipecat juga kan kamu gak nongkrong deket rumah bos kamu kan. Eh mungkin sih ya, kalo mau bales dendam.

Ya gitu deh pokoknya. Jangan bermain api lah. Kalo emang kamu laper, tapi ini masih jam 11 siang, ya jangan nongkrong deket-deket warteg gitu. Nanti kamu tergoda kan, terus akhirnya batal puasa dan kamu harus bayar puasa yang batal itu di kemudian hari. Puasa pas lagi hari biasa itu lebih berat lho, karena kamu puasa sendirian dan godaannya lebih banyak. Jadi kalo lagi gak ada kerjaan, mending nongkrong aja di mesjid. Siapa tau ustadnya punya mesin waktu, terus kamu diajak jalan-jalan melalui lorong waktu.

Nah, sekian dulu tips-tips dari MBDC. Semoga ibadah kalian semua makin bermakna. Alhamdulillah ya...

Other Post