Hal-Hal Menyebalkan di Bulan Puasa

Waktu berjalan dengan cepat ya. Gak kerasa sekarang udah nyampe bulan puasa lagi. Perasaan baru kemaren ngabisin THR buat hal-hal remeh yang akhirnya kita sesali, bukannya ditabung atau buat sesuatu yang memiliki urgensi tinggi.

Ngomong-ngomong soal puasa, Bulan Ramadhan ini kan dibilang sebagai bulan suci. Semuanya harusnya menyenangkan ya, kalo bulannya suci. Semua urusan lancar, gak ada pihak-pihak yang menyebalkan yang bikin hidup jadi lebih susah. Namun, ya namanya juga hidup, tidak ada yang sempurna. Di bulan suci ini, malah ada beberapa hal menyebalkan yang muncul dan membuat hidup dan ibadah kamu jadi lebih susah.

1. Macet Ketika Jam Buka Puasa 

Jakarta macet, udah biasa. Kota-kota besar lainnya juga pasti ngerasain macet. Tapi di bulan puasa, terutama jam-jam mau buka puasa, macet di kota-kota besar, pasti meningkat mengikuti deret geometrik. Ini terjadi gara-gara ada kantor yang mempercepat jam pulangnya, dan semua orang saling berpacu untuk bisa sampai dirumah sebelum bedug ditabuh sehingga bisa buka puasa dengan sanak keluarga.

Mental mau menang sendiri kayak begini nih, yang bikin Indonesia gak maju-maju (lho?). Karena semua orang pada pulang di saat yang sama, cepet-cepet mau sampe dirumah, akhirnya jalan jadi macet, dan hasilnya, semuanya kejebak dijalan dan terpaksa buka puasa di jalan. Yang gak puasa pun jadi korban.

2. Iklan Makanan di Siang Hari 

Puasa itu biasanya paling berat pas siang-siang. Udah udara Indonesia panas, laper, haus, udah gitu musti nembus kemacetan buat ketemu klien di kejauhan. Sesampainya di tempat janjian, ternyata si klien juga telat. Kamu pun nonton TV yang ada disitu sembari ngatain si brengsek tukang telat itu di social media langganan kamu.

Lalu tiba-tiba, acara gosip selebritis pun berganti jadi iklan. Yang pertama visualnya adalah bumbu-bumbu dan bahan masakan berterbangan kesana kemari, dan menyatu di piring menjadi sajian mie goreng yang terlihat sangat menggoda sekali. Setelahnya, ada iklan dengan visual es batu yang jatuh ke dalam gelas berisikan sirup merah yang menyegarkan, dan air sirup pun terpercik kesana kemari. Lalu muncul seorang gadis seksi yang meminum segelas sirup tersebut, perlahan-lahan, dan diakhiri dengan desahan yang menunjukkan bahwa dahaganya terah terpuaskan.

Glek.

Perut kamu pun langsung minta diisi

Kamu lihat jam, ternyata masih pukul 11 siang.

3. Iklan Pake Adzan 

3 jam kemudian, meeting dengan si klien brengsek tukang telat yang banyak mau dan nyusahin itu pun selesai. Pas mau nyegat taksi/nyari angkot, kamu gak sengaja ketemu temen kamu yang bawa mobil dan tujuannya searah. Kamu pun nebeng dia.

Di perjalanan balik yang macetnya tambah parah, kamu asik ngobrol sama temen kamu, dengan alunan lagu terdengar dari radio yang volumenya dikecilkan di background. Lalu tiba-tiba, dari radio terdengar suara adzan! Kamu tiba-tiba menemukan semangat hidup kembali, dan langsung memasang radar tukang jualan minum. Lalu tiba-tiba suara dari radio pun menjadi samar-samar, dan  terdengar suara anak-anak kecil yang semangat karena mau buka puasa pake kue merk ASEM.

Lalu kamu melihat jam di dashboard mobil temen kamu, masih pukul 3.30 sore.

4. Anak Kampung Bangunin Saur + Main Petasan

Hari sial itu udah selesai. Kamu udah dirumah, udah tidur-tiduran di kasur, sambil mikir nanti sahur mau makan apa..... Dan tiba-tiba pas kamu sadar kamu lagi duduk-duduk di coffee shop langganan kamu. Di depan kamu ada Zooey Deschanel. Kamu asik berbincang-bincang sama dia. Kamu bikin lelucon, terus dia ketawa. Manis banget deh.

Zooey Deschanel imut banget

Tiba-tiba, di belakang kamu ada suara samar-samar..

"Sahur.. Sahur! Bentar lagi mau Imsak! Sahur.. Sahur!"

Suara itu makin lama makin kenceng. Kamu pun terbangun. Kaget. Ternyata itu suara anak-anak kampung sebelah bangunin orang sekomplek buat sahur. Denger kata-kata "bentar lagi mau imsak", kamu pun panik dan langsung lari ke dapur, mau masak apapun yang cepet. Lalu di tengah-tengah nyeplok telor, kamu liat jam.

Ternyata baru jam 2.30 dinihari. Imsak baru jam 4.30.

Seribu macam sumpah serapah pun keluar pun dari mulut kamu, dan beberapa sampai di social media langganan kamu.

Singkat cerita, kamu udah selese sahur nih. Solat Subuh juga udah beres. Kamu udah siap kembali tidur. Terus pas bawah sadar kamu udah siap ngelanjutin mimpi kopdar ama Zooey, tiba-tiba ada suara ledakan dari luar. Kamu terkejut, dan langsung terbangun. Segala rasa kantuk kamu pun sirna.

Ledakan susulan pun terdengar. Kamu ngambil smartphone kamu, siap mau google hotline Gegana, sambil hati-hati ngintip dari jendela. Ternyata anak-anak kampung yang tadi bangunin kamu lagi asik main petasan. Itu bocah-bocah pada gak sekolah apa ya?! Kamu pun buka jendela dan meneriaki mereka. Selamat, puasa kamu yang baru jalan setengah jam udah terkurangi pahalanya karena kamu  gak bisa nahan emosi.

Nah begitulah, sekilas hal-hal menyebalkan yang biasanya muncul waktu bulan puasa. Kamu punya pengalaman menyebalkan yang identik dengan bulan puasa? Ayo di-share disini!