Hal-Hal Baik yang Bisa Bikin Puasa Batal

Bulan puasa itu identik dengan berbuat baik. Ya sebenernya berbuat baik sih harusnya gak cuma pas puasa doang. Tapi kan pastinya banyak di antara kamu yang selama setahun kemaren brengsek banget trus pas bulan puasa ini pengen menebus semuanya dengan berusaha bertobat dan menjadi anak yang baik, dengan cara berbuat hal-hal yang baik. Namun sesungguhnya, ada hal-hal baik yang bisa bikin puasa kamu batal lho. Hal-hal seperti:

1. Berusaha Menghibur Teman yang Lagi Marah

Jadi kamu menjadi seseorang yang baik dan kamu berusaha menghibur teman kamu yang lagi marah. Pas kamu lagi baru mau nyapa --

Kamu: [sambil senyum] Woy men, napa lo --

Temen Kamu: Diem lo, gue lagi kesel.

Jeeng. Kesel gak siih digituin? Pasti kesel deh. Kesel kan? Ngaku aja lagi. Maksudnya kan baik gitu ya ceritanya. Mau menghibur. Eh malah ditolak mentah-mentah. Uuu. Kesel tuh.

2. Dengerin Curhat Temen

Temen kamu sedih. Kayaknya ada banyak banget yang dipikirin di otaknya dia. Kamu ingin berbuat baik. Dengan berhati besar, kamu pun meminjamkan kuping kamu untuk dia curhatin. 5 jam kemudian, dia udah mencurhatkan cerita yang sama 134 kali dan udah nanya pendapat kamu 17 kali. Kamu kesel gak? Kesel tuh pasti. Kalo kesel batal lho.

3. Menolong Orang

Jadi kamu mau sok berbuat baik dengan cara menolong orang di jalan yang keliatannya sedang kesusahan. Tapi pas kamu mau tolong orangnya malah ngira kamu mau ngerampok dia trus marah-marah. Kamu gak terima trus marah balik. Trus kalian malah jadi berantem deh. Batal dong kalo gitu caranya?

4. Minum Vitamin

Minum vitamin memang baik (untuk kesehatan), tapi kalo kamu minumnya siang bolong...ya batal dong. Gimana sih kamu.

Nah demikianlah. Intinya adalah kamu harus selalu melakukan pengendalian diri, karena hal-hal baik sekalipun punya potensi jadi hal yang menyebalkan. Ada lagi hal baik yang bisa bikin batal puasa? Silakan dishare di comments!

Other Post