Tutorial Nonton Bola

Eh, jadi Euro dukung siapa nih? Yakin masih dukung Belanda? Apa? Euro itu apa? Aduh. Gimana mau maju bangsa ini. Jadi gini, sekarang ini lagi ada kompetisi sepakbola yang diikuti oleh raksasa-raksasa persepakbolaan Eropa. Kalo selama ini kamu mengira negara-negara tanding bolanya cuma di World Cup, kamu salah besar, karena ada juga Euro, Copa America, African Nations Cup dan lain-lain.

Nah sebagai rakyat Indonesia yang trendy dan gaul, kamu gak boleh ketinggalan dong acara yang lagi hip saat ini, walaupun sebernya kamu gak ngerti juga apa sih sebenernya hype-nya. Beruntung, kali ini MBDC mau ngajarin kamu caranya nonton bola, jadi pas semua orang nanti nonton Euro, kamu bisa ikutan dan gak cengo karena gak ngerti apa-apa.

1. Pelajari Peraturan-peraturan Dasar Sepak Bola

Kamu mau jadi orang kaya? Mau jadi sukses? Syaratnya gak boleh males. Karena kamu mau nonton bola, pelajarin lah peraturan-peraturan umum di sepak bola. Jangan males! Kamu bisa baca dari wikipedia, coba search di youtube, ato tanya temen kamu yang penggemar bola.

Ini penting, soalnya gak ada yang lebih ngeselin dari orang yang lagi seru-serunya pertandingan, trus gak ngerti dan tiba-tiba nanya "itu kenapa begitu ?" (sebenernya ada sih, misalnya supporter tim lawan yang nyolot). Dan buat cewe-cewe, pertanyaan sok imut "offside itu apa sihhh?" gak bikin kamu tambah imut dan gak bikin gebetan kamu tambah naksir sama kamu.

2. Pilih Tim yang Mau Didukung

Biar lebih seru, pilih tim yang bakal kamu dukung. Biasanya sih penggemar bola punya beberapa tim yang dia suka, tapi ada 1 yang paling di dukung. Dan cara milihnya juga macem-macem, dari emang seneng liat cara tim itu main, ada pemain favorit, sekeluarga turun temurun dukung tim itu, atau karena sebatas ada pemainnya yang ganteng aja. Nah abis itu, kalo mau lebih niat, kamu bisa beli atributnya, seperti kaos tim, syal, poster atau hafalin chant tim tersebut.

Bisa aja sih kamu nonton bola tanpa dukung siapa-siapa, terus tiap kali ada yang golin kamu tereak-tereak ikut meramaikan. Tapi kurang asik aja gitu. Kalo kamu beneran dukung sebuah tim, lebih ada gregetnya deh kalo kata Yayan Ruhiyan.

3. Jadwal dan Tempat dan Teman

Setelah tau tim mana yang mau kamu dukung, selanjutnya kamu musti tau dong, kapan tim kamu main, yang nyiarin TV apa, dan kalo ada acara nonton bareng, dimana. Kalo Euro gini, biasanya koran-koran lokal bakal bikin editorial khusus yang isinya termasuk jadwal lengkap semua pertandingan. Dan kalo tempat, kamu bisa milih mau nonton di rumah aja, atau ikutan acara nonton bareng yang pasti bakalan menjamur kalo ada event seperti ini. Serius deh, kalo lagi jamannya pesta bola macem gini, restoran cepat saji 24 jam yang berlogo M itu juga ngadain nonton bareng. Jadi gak susah lah nyari tempat nobar.

Selanjutnya, pertanyaan yang harus dijawab selanjutnya adalah nonton ama siapa. Gak masalah sih kalo kamu mau nonton sendirian di kamar kamu yang gelap dan sepi itu, tapi dimana-mana nonton acara olahraga lebih seru kalo rame-rame. Ajak temen kamu yang dukung tim yang sama kayak kamu, atau justru yang dukung tim lawan, biar lebih seru aja gitu. Yang kalah suruh traktir yang menang.

4. Ngetwit

Buat apa kamu nonton Euro tapi gak ada yang tau?! Selama pertandingan kamu bisa livetweet tentang gimana jalannya pertandingan. Berapa skor sekarang, siapa yang barusan bikin gol atau pelanggaran, atau ngetwit sok lucu aja biar menghibur follower-follower kamu sekaligus bikin pencitraan kalo kamu itu orangnya jenaka dan suka nonton bola.

Terus selesai pertandingan, bukan berarti urusan ngetwit selesai. Justru ini bagian serunya. Coba pantengin linimasa kamu atau lakukan search. Biasanya banyak twit menarik dari bermacem-macem orang, dari yang seneng karena timnya menang, ada cewe-cewe yang sebel karena ditinggal pacarnya nonton bola, ada yang lagi galau karena timnya kalah, atau juga yang malah nyolot sama penggemar tim lain. Nah, mungkin kamu bisa segera mengambil kesempatan dari hal-hal semacam ini, misalnya sok-sok mention gebetan kamu yg ditinggal pacarnya nonton bola. Kali-kali aja dia jadi lebih deket ke kamu.

5. Siap Untuk Segala Situasi

Kalo kamu anaknya up-to-date sama berita-berita terkini, udah denger kan kemaren ada tanding bola di stadium GBK yang akhirnya malah berantem dan ada beberapa supporter yang akhirnya tewas. Hal-hal kayak gini bukan terjadi cuma di negara kita aja. Di inggris misalnya, udah terkenal dengan fenomena Hooligans, fans-fans fanatik yang suka bikin rusuh. Nah kalo kamu nonton diluar rumah, pastikan kamu hati-hati sama kejadian-kejadian seperti ini. Kalo mulai ada yang berantem, rusuh, atau bikin gak enak, mending kamu langsung cabut aja deh. Mending gak liat skor akhir daripada kena bogem nyasar kan?

Kalo kamu nonton bareng temen kamu dirumah, sebenernya juga musti ati-ati sih. Bisa aja selama nonton temen kamu kebanyakan minum, dan timnya pun kalah. Akhirnya temen kamu yang mabok itu ngamuk-ngamuk sendirian. Gak asik banget kan. Jadi makanya kamu harus hati-hati dan ikuti nasihat bang haji Rhoma, sebelum ada yang jadi gila, putus sekolah, menjadi edan atau kehilangan masa depan.

Nah gitu tutorial dari kami. Kalo ada yang ngerti tanya ya, soalnya ini bakal masuk buat bahan ujian. Salam olahraga!