#TanyaJawabMBDC: Kenapa Polisi Selalu Nyelipin Surat Tilang di Sepatu Bootnya?

Jumpa lagi di #TanyaJawabMBDC, tempatnya kamu bisa bertanya segala macam hal absurd yang mungkin bisa membuat kamu dikeluarkan dari sekolah kalo kamu tanyakan ke guru kamu. Nah, pertanyaan hari ini datang dari @arioow:

Wah, ini adalah pertanyaan sekaligus pengamatan yang prima dan bagus sekali! Kalo kamu pernah ditilang dan memilih jalur yang sebenarnya (baca: ditilang, bukan damai) kamu pasti pernah melihat bahwa memang pak polisi selalu menyelipkan buntelan surat tilang itu di sepatu bootnya. Kira-kira kenapa ya? Menurut MBDC sih penyebabnya adalah:

1. Supaya Gampang Ngambil

Kalo kamu perhatikan, sebenernya sepatu boot polisi itu cukup longgar. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi si pak polisi untuk ngambil surat tilang tersebut dibandingkan jika dia naro surat tilang tersebut di kantong celananya. Apalagi kalo si polisi ini gendut dan membuat celananya jadi ketat.

2. Supaya Tetap Rapi

Bahan sepatu boot yang keras tentu akan membuat surat tilang jadi tetap rapi dan lurus. Selain itu dengan ditaro di sepatu, tentunya surat tilang tersebut tidak mungkin ketekuk, karena betis kamu gak mungkin nekuk kan? Bandingkan kalo surat tilang tersebut diletakkan di kantong celana. Pasti gampang lecek dong? Ketekuk-tekuk gitu? Apalagi kalo polisinya gendut.

3. Supaya Bau

Kemungkinan terakhir, ya mungkin si polisi pengen aja ngasih surat tilang dengan semriwing bau kakinya. Kenapa? Ya gak papa. Mungkin supaya kamu kapok aja melanggar peraturan.

Demikianlah teori MBDC. Mudah-mudahan menjawab kegundahan kamu.

*Punya pertanyaan yang mengganggu jiwa? Tanyain aja ke MBDC setiap Sabtu via twitter dengan hashtag #TanyaJawabMBDC!