Pesan Moral dan Makna Tersembunyi dalam Lagu Pop Melayu


Kamu terkena demam lagu-lagu pop Melayu yang sempat booming beberapa tahun belakangan ini? Kalau kamu sebel, jangan buru-buru ngejudge  karena sebenarnya mereka-mereka ini jagoan dalam menyembunyikan makna lagu yang sebenarnya. Kalau kamu suka, hati-hati jangan terjebak dalam kalimat-kalimat indah dan musik yang mendayu-dayu!

1. ST 12 – Saat Terakhirku

Walaupun di lagunya yang super mellow ini terkesan dia sedih kehilangan pacarnya, tapi sebenernya lagu ini tentang pengakuan perselingkuhan. Jadi meskipun dia kehilangan satu orang, dia nggak akan sedih-sedih banget. Kan masih ada ‘kamu..kamu..kamu..’ yang lain. Coba aja denger kalau nggak percaya!

“Satu jam saja ku telah bisa
Cintai kamu kamu kamu di hatiku..”

Gimana tuh? Masak satu jam bisa cinta sama tiga orang sekaligus? Wuidiih, ngeriii. Player abis! Kamu yang memiliki cita-cita mempunyai banyak cewek harus belajar sama kehebatan Charly yang gemilang ini. Mungkin bisa dimulai dari membeli albumnya dan resapi lagu-lagunya. Tapi janji ya, jangan nangis ya.

2. Slam - Gerimis Mengundang

Kalau kita perhatikan, lagu ini cocok buat kamu yang suka guyon. Nih liriknya:

“Pernah juga kau pinta perpisahan
Aku sangkakan itu hanyalah gurauan
Nyata kau serius dalam senyuman”

Apakah kamu adalah orang yang suka guyon tetapi gebetan kamu adalah orang yang cukup serius dibalik senyumannya? Misalnya kamu bilang suka sama dia, namun dia hanya diam dan senyum-senyum aja. Kamu kira dia juga suka karena kamu berprinsip “diam artinya setuju”. Lalu kamu pun mau main ke rumahnya, tapi dia hanya tertawa lalu dia bilang dia lagi sibuk. Kamu kira dia bercanda dan menganggap kamu adalah orang yang lucu, padahal dia serius males. Sampai akhirnya kamu ajak dia pacaran, ternyata dia hanya tersenyum dan menghela nafas dan kamu kira saat itu kalian sudah resmi pacaran, padahal dia heran kok kamu nggak bisa lihat sinyal-sinyal penolakannya selama ini. Kalo diliat-liat lagi dari kasus ini, doyan bercanda sama bodoh tuh bedanya tipis yak?

3. Amy Search - Isabella

Ingat lagu soal perempuan bernama Isabella kan? Kalau kamu perhatikan lagi, sebenarnya lagu ini bisa jadi dibuat karena halusinasi. Coba aja, liriknya kayak gini:

“Isabella adalah
Kisah cinta dua dunia
Mengapa kita berjumpa
Namun akhirnya terpisah
Siang jadi hilang
Ditelan kegelapan malam
Alam yang terpisah
Melenyapkan sebuah kisah"

Intinya, gimana mau bersama kalau sudah beda dunia? Makanya, kalau ngegebet cewek cantik harus cek asal-usulnya. Cantik? Putih? Rambut panjang? Semampai? Mbak Kunti?

4. Wali – Dik

Lagu ini sungguh ambigu sebenarnya, kalau selama ini dikira tentang lagu cinta-cintaan sebenernya lagu ini tentang kakak yang lagi jaga adiknya. Makanya judulnya “Dik”.  Coba denger nih..

“Ku akan menjagamu di bangun dan tidurmu di semua mimpi dan nyatamu ku akan menjagamu tuk hidup dan matiku tak ingin, tak ingin kau rapuh dik jangan engkau pergi tinggalkan aku...”

Masa jagain dari tidur sampai bangun lagi? Kalau pacar sih, nggak jagain doang dong ah. Siskamling kaleee jagain doang.

5.Kangen Band – Yolanda

Liriknya yang familiar gini;

“Kamu dimana, dengan siapa
Semalam berbuat apa
Kamu dimana, dengan siapa
Disini aku menunggumu dan bertanya”

Tentunya lagunya sudah mengundang banget kan? Kesannya penyanyinya kepo banget si Yolanda ini lagi dimana dan berbuat apa? Nah, kalau kamu terusin dengar lirik secara lengkap;

“Aku bawa cinta sebesar dunia
Agar engkau tahu besarnya cintaku
Apa kau tak rasa, kau tak meraba, Yolanda..”

Oh ternyata inti lagu ini adalah #kode karena si Yolanda nggak paham #kode dan dia tidak juga meraba. Meraba apa ya? Ah, sudahlah.

Kalo kamu, punya lagu pop melayu favorit lain yang menurut kamu juga memiliki makna tersembunyi gak?