MBDC Travel: Tokyo - Makanan

Beberapa waktu yang lalu, penulis/editor MBDC @JHadiprojo berkesempatan untuk jalan-jalan ke Tokyo, Jepang. Ini sebenernya liburan pribadi sih, tapi demi mendapat ijin cuti, jadi dia terpaksa bikin janji untuk menulis artikel tentang perjalannya atas nama MBDC. Nah, di dua artikel sebelumnya, sudah dibahas tentang persiapan yang dibutuhkan kalau mau ke Jepang dan juga transportasi serta akomodasi di sana. Nah, kali ini kita mau ngomongin makanan. Asik!

Mungkin banyak di antara kamu yang sudah sangat familiar dengan yang namanya makanan Jepang. Ya iyalah, di Jakarta makanan Jepang juga banyak banget, mulai dari yang kelas warung macem Roku-Roku atau Sopo Ngiro sampe yang kelas mahal seperti Edo-gin dan Nippon-Kin. Tapi tentu saja makan makanan Jepang langsung di negaranya itu rasanya beda. Sombong ya? Biarin ah.

Makanan di Jepang itu harganya bervariasi, mulai dari sekitar ¥ 200 (sekitar 20ribuan) sampe...ya sampe mahal banget sih. Tapi pas kesana, MBDC cuma sempet nyobain makanan dari range harga ¥ 200 - ¥ 1000. Oh enaknya makan di restoran di Jepang adalah karena di sana air putih dingin pasti disajikan secara gratis. Jadi kamu gak perlu beli minum. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang sempet MBDC cobain.

Matsuya

Lokasi: Dimana-mana ada. MBDC sih makannya di Shibuya.

Harga: Mulai dari ¥500

Jadi katanya kalo di Jepang, Matsuya ini adalah saingannya Yoshinoya. Jenis makanannya emang serupa sih, donburi gitu. Sistem beli makanannya unik gitu, pake mesin. Sayangnya MBDC gak sempet bikin video ataupun motret alatnya. Yang jelas sih cukup nyaman gitu beli makanan pake mesin ini. Jadi kamu masukin duit dulu ke dalam mesin, pilih menu yang kamu mau, trus nanti mesin itu bakal ngeluarin semacam tiket gitu. Nah, tiket itu tinggal kamu kasih ke si mas-nya, trus ntar dia bakal nganterin makanan kamu. Gak perlu pake casciscus.

Masnya Matsuya

Terus makanannya gimana? Enak! Serius enak. MBDC sempet nyobain dua menu sih di sini. Namanya...lupa. Pokoknya yang satu pake kimchi gitu deh. Ya udah sih kamu liat aja gambarnya terus ntar pesen yang kayak gini.

Nah, ini yang MBDC bilang pake Kimchi itu
Ini yang satu lagi...Gak pake kimchi.

Yang pake kimchi itu rasanya lebih manis, yang gak pake kimchi asin. Bingung gimana ntar pesennya? Gak perlu bingung lah, kan belinya pake mesin juga. Tinggal pencet-pencet aja, selesai deh. Nah trus enakan yang mana? Karena lidah MBDC lebih cocok yang manis, jadi MBDC lebih suka yang pake kimchi sih.

CoCoICHI 

Lokasi: Banyak cabangnya. MBDC sih makannya juga di Shibuya.

Harga: Sekitar ¥ 500an.

Buat kamu yang suka curry sepertinya juga wajib nyobain yang satu ini. Spesialisasi di sini adalah curry-curry yang pake katsu gitu. Currynya sedikit light, gak terlalu kentel. Enak deh, apalagi kalo makannya pas udara lagi dingin.

Udah dimakan dikit...hampir lupa difoto. Abisnya laper.

Kalo di sini pesennya harus sama waitressnya. Jadi kalo kamu gak bisa bahasa Jepang, ya tunjuk-tunjuk aja gambarnya.

Sebuah Curry House yang MBDC Gak Tau Namanya

Lokasi: Shibuya

Harga: Mulai dari ¥ 580 sampe ¥ 780an.

Jadi ceritanya MBDC lagi jalan-jalan di sekitaran Shibuya, trus gak sengaja nemu curry house tua yang satu ini. MBDC gak tau persis alamat lengkapnya. Gak membantu ya? Maaf lho. Namanya juga gak sengaja nemu. Jadi curry house yang satu ini letaknya tuh di basement sebuah tempat belanja gitu, trus di pojokan gitu. Yang jual seorang bapak-bapak tua gitu, sendirian.

Yaaaammmmm

Beda sama CoCoICHI, spesialisasi yang dijual di sini curry klasik gitu, gak banyak pake topping. Cuma curry sama nasi ajah, udah. Enak banget deh. Nah trus gimana pesennya? Si kakek yang jual di sini itu bisa bahasa Inggris dikit gitu. Waktu ke sini, dia ngejelasin ke MBDC menu-menu apa aja yang tertempel di dinding restorannya itu.

Dari situ ya udah tinggal sebut aja sih kamu maunya apa.

Kohmen

Lokasi: Ikebukuro. Keluar dari Seibu Exit, belok kanan, lurus terus. Ntar Kohmennya ada di kanan jalan. Di Akihabara juga ada. Persisnya di Yodobashi, lantai paling atas.

Harga: Mulai dari ¥ 780.

Kalo kamu pikir Ramen 38 atau Ikkousha itu udah enak banget....Tunggu sampe kamu coba Kohmen. ASLI INI ENAK BANGET. Apalagi buat kamu yang makan babi. Beneran. MBDC gak tau nama menunya apa, pokoknya yang paling mahal di menu deh (¥ 990)

Tuh liat aja yang paling mahal.

Dan dengan harga segitu, kamu dapet Ramen kayak gini:

*glek*

KYAAAAAAAA!!! Enak buanget! Liat dong betapa banyak topping yang kamu dapetin?? WAAAAAAA. Eh beneran enak banget. Selain itu, kalo makan di sini kamu juga bisa dapetin semacam complimentary gitu:

Jadi kamu bisa dapet tambahan 1 lagi telor rebus yang super enak! Kyaaa. Eh, kita udah bilang belum sih kalo ramen di sini enak banget?

Yah demikianlah. Sebenernya sih MBDC makan di beberapa tempat lagi. Tapi namanya juga liburan pribadi, sering keasikan gitu. Kalo namanya udah laper, terkadang mah gak sempet mikirin foto-foto juga. Intinya sih pesen MBDC, banyak-banyak nyoba aja. Masuk ajah ke tempat-tempat random. Segitu dulu deh untuk makanan. Berikutnya, MBDC akan membahas daerah-daerah yang asik dikunjungi di Tokyo!

Ada pertanyaan? Silakan langsung ditanyakan di comments atau tanya langsung ke twitternya @JHadiprojo.